Beberapa Perkembangan Teknologi Penting - Ilmu Alamiah Dasar -
Beberapa Perkembangan Teknologi Penting Ruang lingkup: Bioteknologi (dibahas dosen lain) Teknologi Kearifan Lokal Teknologi Informasi Ilmu Alamiah Dasar-2009
- Teknologi Kearifan Lokal - Kearifan lokal = local wisdom = local genius Kearifan lokal: sikap, pandangan, dan kemampuan suatu komunitas dalam mengelola lingkungan (rohani dan jasmani) sehingga komunitas tersebut tetap bisa bertahan dan tumbuh Prinsipnya adalah hidup bersama alam dan bukan hidup di alam Ilmu Alamiah Dasar-2009
Teknologi Kearifan Lokal Local genius : juga disebut cultural identity adalah identitas/kepribadian budaya bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap dan mengolah kebudayaan asing sesuai watak dan kemampuan sendiri. Local wisdom (kearifan lokal/setempat) : dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat (local) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Social system atau sistem sosial : adalah salah satu wujud budaya, yaitu dalam bentuk tata perilaku manusia yang terjadi akibat manusia mempunyai gagasan sistem nilai budaya) tertentu
Teknologi Kearifan Lokal - fungsi kearifan lokal, yaitu: 1. Berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam 2. Berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia, 3. Berfungsi untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan 4. Berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan. 5. Bermakna sosial misalnya upacara integrasi komunal/kerabat. 6. Bermakna sosial, misalnya pada upacara daur pertanian. 7. Bermakna etika dan moral, yang terwujud dalam upacara Ngaben dan penyucian roh leluhur. 8. Bermakna politik,
Naluri Anak Negeri Ilmu Alamiah Dasar-2009
Naluri Anak Negeri Ilmu Alamiah Dasar-2009
Naluri Anak Negeri Ilmu Alamiah Dasar-2009
Pohon angker Ilmu Alamiah Dasar-2009
Pelestarian Hutan Ilmu Alamiah Dasar-2009
Pelestarian Hutan 1. Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako (alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasberg dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap sebagai bagian dari hidup manusia. Dengan demikian maka pemanfaatan sumber daya alam secara hati-hati. 2. Dayak Kenyah, Kalimantan Timur, terdapat tradisi tana‘ ulen. Kawasan hutan dikuasai dan menjadi milik masyarakat adat. Pengelolaan tanah diaturndan dilindungi oleh aturan adat. 3. Masyarakat Undau Mau, Kalimantan Barat. Masyarakat ini mengembangkan kearifan lingkungan dalam pola penataan ruang pemukiman, dengan mengklasifikasi hutan dan memanfaatkannya. Perladangan dilakukan dengan rotasi dengan menetapkan masa bera, dan mereka mengenal tabu sehingga penggunaan teknologi dibatasi pada teknologi pertanian sederhana dan ramah lingkungan. 4. Masyarakat Kasepuhan Pancer Pangawinan, Kampung Dukuh Jawa Barat. Mereka mengenal upacara tradisional, mitos, tabu, sehingga pemanfaatan hutan hati-hati. Tidak diperbolehkan eksploitasi kecuali atas ijin sesepuh adat.
Pelestarian Hutan Masyarakat adat = masy. terbelakang, peladang berpindah, primitif ? Masy. Dayak Taman Nasional Betung Kerihun (Kalimantan Barat) : Burung Rangkong merp raja segala jenis burung Ladang berpindah masy. Dayak tidak berbanding lurus dg hilangnya sumber daya hutan, sebab lahan yang dibuka adalah hutan sekunder, bukan hutan primer. Masy. adat Kasepuhan di TN G. Halimun Salak, Jawa Barat: hutan adat menjadi 3, yaitu Leuweung Titipan, Leuweung Tutupan dan Leuweung Garapan. (Zona inti, penyangga, pemanfaatan) Ilmu Alamiah Dasar-2009
Pelestarian sumber air Karst Gunung Kidul Teknologi modern: dibangunkan sebuah waduk besar Teknologi lokal: Masyarakat memanfaatkan cekungan2 (doline) dan lubang2 vertikalnya (sinhole) ditutupi batu- batuan Ada dinding2 danau itu dilapisi lempung, pinggirnya ditanami jati, jarak Ilmu Alamiah Dasar-2009
Astronomi dan budaya lokal Jawa rasi Waluku (Orion), Wuluh (Pleaides), Kalapa Doyong (Scorpio), Sapi Gumarang (Taurus), dll. : penentu waktu bercocok tanam, sarana pemujaan, kalender, navigasi. Ilmu Alamiah Dasar-2009
Astronomi dan budaya lokal Bintang Salib (layang-layang) sebagai penunjuk arah selatan, dan bintang Beruang Besar (atau Gayung besar) sebagai penunjuk arah Utara. Para pelaut hingga kini juga masih menggunakan bintang sebagai pemandu arah dan juga untuk menentukan posisi kapalnya, alat yang digunakan pelaut dalam mengamati bintang tersebut adalah sextant.
Astronomi dan budaya lokal Tengger bejana zodiak MINTAQULBURUJ sebagai sarana pemujaan Ilmu Alamiah Dasar-2009
Astronomi dan budaya lokal Borobudur diperkirakan juga dibangun sebagai tanda tak terlihat lagi Polaris dari Jawa. Pada masa itu Polaris bisa terlihat di horison, bintang yang saat ini tak mungkin kita lihat lagi karena terjadinya presesi Bumi. Ilmu Alamiah Dasar-2009
Pengawetan mayat Tradisi bangsawan Sumba: menyimpan mayat bertahun- tahun di rumah adat. Bahan pengawet: kapur sirih + tembakau atau Kapur sirih + daun teh. acapkali + daun bidara (daun kom) (diletakkan di pusar) rebusan cuka nira+garam, diminumkan ke mayat Ada juga yang hanya menyelimuti mayat dengan ratusan lembar kain adat (pewarna alami). Ilmu Alamiah Dasar-2009
Bencana Tsunami Aceh 1900 tsunami terjadi di Aceh konstruksi rumah aceh (rumoh aceh) Masy. P. Simelue mengembangkan dongeng rakyat Semong, artinya jika air laut surut setelah gempa maka segera lari menuju bukit. Ilmu Alamiah Dasar-2009
Bencana Tsunami Mentawai lagu yang berjudul Teteu Amusiat Loga (gempa akan datang tupai sudah menjerit). Sebelum gempa itu datang beberapa pertanda yang disampaikan oleh binatang, seperti tupai akan gelisah begitu juga dengan ayam peliharaan akan berkotek tanpa sebab. “Itu adalah sinyal akan datang gempa bumi,”.. Lagu ini tak ubahnya seperti early warning system yang bersifat kultural bagi masyarakat yang mendiami kepulauan terluar di Sumbar tersebut. Kearifan Mentawai lainnya adalah aturan tak tertulis yang mengimbau masyarakatnya untuk mendiami kawasan hulu sungai, berada di ketinggian, dan menggantungkan hidup sebagai peladang. Masyarakat Mentawai tak dianjurkan bekerja sebagai nelayan.
Tata bangunan Saat terjadi gempa bumi yang mengguncang Padang Pariaman, Sumatera Barat, akhir September 2009, kondisinya hampir sama. Bangunan-bangunan beton bertingkat, termasuk hotel dan rumah, hancur diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,6 skala Richter. Namun, bangunan tradisional rumah gadang yang sebagian besar terbuat dari kayu tetap utuh tak mempan diguncang gempa. Inilah salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat yang sebagian masih terpelihara dengan baik. ”Masyarakat zaman dahulu sudah mengetahui daerahnya rawan gempa. Karena itu, saat membangun rumah pun, dengan alam pikiran yang sederhana, mereka merancang bangunan yang tahan gempa,” kata Arifin Panigoro, pendiri Medco yang membentuk Posko Jenggala untuk menangani korban bencana alam. Bangunan tradisional yang terbuat dari bambu atau kayu umumnya tidak rusak diguncang gempa karena bahan bangunan itu mempunyai sifat lentur terhadap guncangan. Selain itu fondasi bangunan, ikatan tiang, dan pasak pada kayu diatur sedemikian rupa sehingga bisa lentur saat terjadi guncangan. www.cetak.kompas.com Rabu, 31 Maret 2010
Konservasi Tanah Ilmu Alamiah Dasar-2009
Konservasi Tanah Ilmu Alamiah Dasar-2009
Ketahanan Pangan Di desa Songgajah, Kec. Kempo, Kab, Dompu NTB Panenan jagung: 1/3 untuk konsumsi dan benih tahun depan 2/3 untuk dijual ke luar desa Yang tidak mengikuti kebiasaan tersebut, semua jagung dijual dan dibelikan beras, kebutuhan pangan tidak tercukupi. Sumber: Ketahanan Pangan Melalui Kearifan Lokal Di Desa Songgajah Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu NTB, (2006) I Putu Cakra Putra A.1), Ghozi M.2) dan Sudarto1) 1)Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB 2)Balai Penelitian Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian Malang Ilmu Alamiah Dasar-2009
Irigasi Subak Subak adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah yang digunakan dalam cocok tanam padi di Bali. Subak ini biasanya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik, atau Pura Bedugul, yang khusus dibangun oleh para petani dan diperuntukkan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan dewi Sri. Sistem pengairan ini diatur oleh seorang pemuka adat yang juga adalah seorang petani di Bali. Adanya sistem Subak di Bali juga terkait dengan nilai-nilai keagamaan di wilayah itu. Sistem Subak menjaga keseimbangan: di satu sisi masyarakat menghendaki pangan untuk berproduksi, tetapi di sisi lain tidak mau merusak alam. Lalu, bagaimana caranya agar alam tetap terjaga, tetapi jangan sampai merusak. Maka, diterapkanlah sistem Subak, sehingga bibit yang tidak menghasilkan itu pun bisa dibuat sawah. Juga, ada kerja sama dalam masyarakat: siapa yang dapat lahan di atas, siapa yang dapat di bawah, lalu airnya mengalir ke mana. Subak telah dipelajari oleh Clifford Geertz, sedangkan J. Stephen Lansing telah menarik perhatian umum tentang pentingnya sistem irigasi tradisional. Ilmu Alamiah Dasar-2009
Kala Surya Saka Sunda Lingga, tonggak batu panjang = stonehenge Inggris = kala surya Ilmu Alamiah Dasar-2009
Kupu-kupu di sekitar rumah Ilmu Alamiah Dasar-2009
Gunung Berapi Ilmu Alamiah Dasar-2009
Gunung Berapi Ilmu Alamiah Dasar-2009
Gunung Berapi Ilmu Alamiah Dasar-2009
Mbah Ronggo Ilmu Alamiah Dasar-2009
Mbah Maridjan Ilmu Alamiah Dasar-2009
Ajaran Mbah Maridjan Jangan bicara kotor di sekitar Merapi pada malam kamis kliwon Jangan mengambil pasir di Merapi dengan alat berat Merapi itu sedang buang hajat, pasti ke belakang jadi Yogya tetap aman Ilmu Alamiah Dasar-2009
Gunung Berapi manajemen bencana berbasis kultural ”Ojo cedhak-cedhak” dan ”ojo ngrusuhi” eyang merapi ewuh. Makna : ojo cedhak-cedhak (jangan mendekat) tersebut penuh makna dalam manajemen bencana berbasis kultural, yaitu : berusahalah menghindar dari area yang memungkinkan terkena aliran awan panas (untuk sementara waktu). Sikap ini muncul, setelah tokoh masyarakat yang selama ini dianggap sebagai Juru Kunci Merapi : Mbah Marijan memberikan pernyataan sikap-nya, pada saat Krisis Merapi. Ini merupakan salah satu bentuk dari kearifan lokal masyarakat Merapi dalam mensikapi kemungkinan terjadinya bencana letusan Merapi. Disamping itu, setiap terjadi aliran awan panas maupun aliran lahar, masyarakat Merapi terbiasa dengan mengucapkan : Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh, ya Allah Gusti, berikanlah wilujengan (baca : keselamatan dari adanya proses vulkanik Gunung Merapi tersebut). Bukan malah berucap : ”Minggir-minggir, awas ada aliran lahar”. Ucapan yang demikian perlu dihindari, demikian kata Mbah Maridjan, Juru Kunci Gunung Merapi di Kinahrejo, Desa Umbulharjo.
Kearifan lokal Indonesia Koperasi ini didorong nilai kearifan lokal, yaitu gotong royong dan tepa selira. Kini, koperasi tersebut telah berkembang dengan jumlah anggota ribuan dan omset miliaran rupiah. economic benefit Ketahanan pangan Kemudahan dalam kehidupan Contoh = Sumbang-sumbangan
Kearifan lokal nelayan Beberapa desa di Kecamatan Buguran Barat Kabupaten Natuna Musim panas ikan akan banyak ditangkap karena ikan menyukai suhu yang lebih panas, tidak ada badai, waktu berlayar lebih lama Burung elang turun maka air laut surut, Bulan gelap : ikan banyak Bulang terang : ikan sedikit Musim hujan : melihat burung Balu sendirian dan berbunyi Musim kemarau : melihat sekawanan burung Enggang tidak bersuara
- Teknologi Informasi - Ilmu Alamiah Dasar-2009
Arsitektur komputer mov al, 0x61 pindahkan (mov = move) nilai heksadesimal 61 (= 97 dalam desimal) ke register prosesor bernama "al" 10110000 01100001 Ilmu Alamiah Dasar-2009
Komputer Ilmu Alamiah Dasar-2009
Komputer Komputer = alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur tertentu yang telah dirumuskan Sistem Operasi: Linux, Windows, Mac Ilmu Alamiah Dasar-2009
SO Macintosh Ilmu Alamiah Dasar-2009
SO Windows 16-bit, berjalan di atas MS-DOS 1985 November - Windows 1.0 1987 9 Desember - Windows 2.0 1990 22 Mei - Windows 3.0 1992 Agustus - Windows 3.1 1992 Oktober - Windows for Workgroups 3.1 1993 November - Windows for Workgroups 3.11 Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya) 1995 24 Agustus - Windows 95 (Versi: 4.00.950) 1998 25 Juni - Windows 98 (Versi: 4.1.1998) 1999 5 Mei - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222) 2000 19 Juni - Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000) Berbasis kernel Windows NT 1993 Agustus - Windows NT 3.1 1994 September - Windows NT 3.5 1995 Juni - Windows NT 3.51 1996 29 Juli - Windows NT 4.0 2000 17 Februari - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195) 2002 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600) 2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790) 2007 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000) 2008 - Windows Server 2008 (Versi 6.1) Ilmu Alamiah Dasar-2009
Internet Teknologi www merupakan temuan sampingan fisika di Lab Fisika Partikel CERN Bern Lee Ilmu Alamiah Dasar-2009
Jejaring Sosial Friendster – MySpace - Facebook 2002 - Jonathan Abrams Hati-hati profil palsu: ada 17 SBY Ilmu Alamiah Dasar-2009
Friendster Jonathan Abrams Jangan ngaku gaul kalo ga’ punya friendster… Ilmu Alamiah Dasar-2009
Friendster Ilmu Alamiah Dasar-2009
Facebook 4 Februari 2004 Mark Zuckerberg (Harvard) 11 Septmbr 2006 Ilmu Alamiah Dasar-2009
Facebook Ilmu Alamiah Dasar-2009
Demam Jejaring Sosial Ilmu Alamiah Dasar-2009
Mesin Pencari Ilmu Alamiah Dasar-2009
Mesin Pencari Google Ilmu Alamiah Dasar-2009
TUGAS IAD MEMBUAT MAKALAH “TELAAH MASALAH LINGKUNGAN BESERTA ANALISIS PEMECAHANYA” ATURAN PENULISAN : 1. Huruf Times New Roman12 pts, 1,5 spasi, kertas kuarto 2. tugas kelompok maksimal @ 5 orang 3. tugas dikumpulkan pada saat kuliah terakhir IAD 4. sistematika penulisan -pendahuluan -latar belakang permasalahan -data observasi (pake foto) -pembahasan -kesimpulan