BAB I PENGENALAN KOMPUTER
Perkembangan Teknologi Komputer Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan membutuhkan tempat yang besar, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan yang besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip IC yg beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronik tidak terlepas dari adanya kemajuan di bidang pengetahuan dan pengolahan bahan semiconductor khususnya silicon
Pemanfaatan Teknologi Komputer Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan proram-program, penyelesaian problem-problem ilmiah dan bisnis Dunia Anak, telah lama mengenal alat permainan games yg dikendalikan oleh sistem komputer Bidang industri, komputer digunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi Bidang department store, menggunakan komputer sebagai mesin cash register Bidang pendidikan, banyak peralatan laboratorium yg dilengkapi komputer agar dapat bekerja lebih teliti dan dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia Dan lain – lain….
computare to compute menghitung DEFINISI KOMPUTER computare to compute menghitung Komputer adalah : Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA INPUT OUTPUT pengolahan data informasi PROCESSING Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti Informasi : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Pengembangan Siklus Pengolahan Data ORIGINATION INPUT PROCESSING OUTPUT DISTRIBUTION STORAGE Origination : tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (pencatatan) Input : tahap proses memasukkan data ke dalam komputer lewat alat input Processing : tahap proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses Output : tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output Distribution : tahap penyebaran output ke pihak yang membutuhkan informasi Storage : tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar.
SISTEM KOMPUTER Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok HARDWARE Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik terlihat dan terjamah SOFTWARE Program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data BRAINWARE Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer
BAB II PERANGKAT KERAS
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS Alat Pengolah Data (Secara Umum) Alat Manual (Manual Device), menggunakan peralatan sederhana Alat Mekanik (Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan Alat Mekanik Elektronik (Electro Mechanical Device), alat mekanik yang digerakkan dengan motor elektronik Alat Elektronik (Electronic Device), alat yang bekerja secara elektronik.
Alat Manual (Manual Device) 300000 SM : Tulang 14000 SM : Petroglyphs (Karang) 9000 SM : Lempengan Tanah Liat 5000 SM : Tablet Tanah Liat 2600 SM : Papyrus 2500 SM : Abacus 1900 SM : Stonehenge 1200 SM : Quipus (Tali Bersimpul) 400 SM : Kulit Binatang 1150 : Kertas 1455 : Alat Cetak 1614 : Napier’s Bones 1621 : Oughtred’s Slide Rule
ALAT MEKANIK 1623 : Mesin penghitung pertama (Wilhem Schikard, Jerman) 1642 : Pascal’s Machine Aritmethique (Mesin penghitung otomatis pertama) 1666 : Mesin Pengali yang pertama (Sir Samuel Morland) 1673 : Leibnitz’s Calculating Machine (Gottfried Wilhem von Leibnitz, Jerman) 1777 : Logic Demonstrator (Mesin Logika pertama, Charles Mahon) 1804 : Jacuquard’s Loom (Mesin penenun otomatis dengan kartu plong, Joseph Marie Jacquard,Perancis) 1820 : Mesin Penghitung Komersial Pertama (Charles Thomas de Colmar,Inggris)
ALAT MEKANIK 1850 : Mesin Penghitung dengan keyboard ( D.D. Parmalee,USA) 1854 : Aljabar Boolean (George S. Boole,Inggris) 1868 : The Adder (mesin penambah ukuran saku,Web,USA) 1869 : Mesin Logika Boolean (William Jevons) 1879 : Mesin Pencatat Kas yang pertama (James Ritty, USA) 1884 : Mesin Penghitung dengan alat cetak pertama (William S. Burroughs,USA) 1893 : Steiger’s Millionare (Mesin penghitung saintifik pertama, Otto Steiger,Jerman) 1911 : Monroe Calculator (Jay Monroe & Frank S. Baldwin,USA)
ALAT MEKANIK-ELEKTRONIK 1890 : mesin tabulasi kartu plong mekanik-elektronik yang pertama (digunakan untuk membantu sensus penduduk,Dr. Hernan Hollerith, USA, Cikal Bakal IBM) 1920 : mesin penghitung otomatis pertama (mesin pengambil keputusan,Leonardo Torres y Quevedo, Spanyol) 1931 : Komputer Analog Pertama (untuk memecahkan permasalahan differensial,disebut dengan Differensial Analyzer,Dr. Vannevar Bush,MIT) 1938 : Mesin hitung mekanik-elektronik pertama (untuk perhitungan teknik,disebut dengan Complex Calculator,George R. Stibitz, Bell Laboratories)
ALAT ELEKTRONIK 1942 : Komputer digital elektronik pertama (Atanasoff-Berry Computer, John V. Atanasoff & Clifford Berry,IOWA State College) 1944 : Hardvard Mark I ASCC (melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis,dibuat IBM, Prof. Howard Aiken,Harvard University) Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Komputer Generasi Kedua (1959-1964) Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) Komputer Generasi Keempat (Mulai 1970) Komputer Generasi Kelima Komputer Masa Depan
GENERASI KOMPUTER Generasi Pertama (1946-1959) Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER Ukuran fisik komputer sangat besar Cepat panas Proses kurang cepat Kapasitas penyimpanan kecil Memerlukan daya listrik yang besar Orientasi pada aplikasi bisnis 1946 : ENIAC, komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts 1953 : IBM 701, komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling populer
GENERASI KOMPUTER Generasi Kedua (1959-1964) Sirkuitnya berupa transistor Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik. Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik
GENERASI KOMPUTER Generasi Ketiga (1964-1970) Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan application software 1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. 1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama
GENERASI KOMPUTER Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) Generasi Keempat (1970-1990) Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor & semiconductor yg berbentuk chip untuk memori komputer IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama Cray 1, Komputer super pertama Apole II, Personal Computer pertama Komputer IBM PC yang pertama Pentium II AMD K6 3D
GENERASI KOMPUTER Generasi Kelima (sejak 1990 an) Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia Dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium.
GENERASI KOMPUTER Generasi ini adalah generasi masa depan Generasi Keenam ( abad 21 ) Generasi ini adalah generasi masa depan yang nantinya dikenal dengan Generasi Titanium.
Bagaimana Komputer Bekerja ?
Gambar Konfigurasi Komputer Komponen Pokok Hardware Komputer : Alat Input Alat Proses Alat Penyimpanan Alat Output Alat Komunikasi CCU INPUT MEMORY OUTPUT CCU 5 1 3 4 5 2 ALU Gambar Konfigurasi Komputer CU CPU
BAB III PERANGKAT LUNAK SOFTWARE : Program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data
SIKLUS PERANGKAT LUNAK
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK Era Pioner Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.
Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu : Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7 Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Sistem Operasi Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, pemberian instruksi melalui penulisan perintah dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis
Aplikasi Office Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Pemroses tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi pemrosesan dapat dilakukan dengan menggunakan macro, misalnya perhitungan bulanan.
Aplikasi database dengan Acces Aplikasi Presentasi dengan Power Point
Aplikasi Multimedia Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film
Format-format digital multimedia di antaranya : MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik. MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
MPEG (Moving Picture Experts Group) AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
Aplikasi Internet Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client)
HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser.
E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express
Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam)
BAB IV PENGGOLONGAN KOMPUTER
KLASIFIKASI KOMPUTER DARI SUDUT PANDANG: Berdasarkan data yang diolah Berdasarkan Penggunaannya Berdasarkan Ukurannya
Berdasarkan data yang diolah Analog Computer Digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik,seperti misalnya arus listrik,temperatur,kecepatan,tekanan,dll Digital Computer Digunakan untuk data berbentuk angka atau huruf Keunggulan : Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses Dapat melakukan operasi logika Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf,grafik maupun gambar Hybrid Computer Kombinasi komputer analog dan digital Didalam aplikasi yang khusus, dibutuhkan suatu komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
Berdasarkan Penggunaannya Special-Purpose Computer Dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus Komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus Program tertentu sudah tersimpan didlm komputernya Dapat berupa komputer analog maupun digital Umumnya adalah komputer analog General-Purpose Computer Dirancang untuk menyelesaikan berbagai macam masalah Umumnya adalah komputer digital
Berdasarkan Ukurannya Micro Computer (Personal Computer) Disebut juga dengan nama Personal Computer Umumnya adalah single user Harga berkisar Rp. 200.000 – Rp. 10.000.000 Mini Computer Bersifat multi user Harga berkisar Rp. 15.000.000 – Rp. 75.000.000 Small Computer (Smale-Scale Mainframe Computer) Disebut juga small scale mainframe computer Harga berkisar Rp. 50.000.000 – Rp. 500.000.000
Berdasarkan Ukurannya Medium Computer (Medium-Scale Mainframe Computer) Mempunyai jumlah yang besar dan bermacam-macam alat input dan output Biasa digunakan untuk komunikasi data Harga berkisar Rp. 150.000.000 – Rp. 1.500.000.000 Large Computer (Mainframe Computer) Bentuk fisiknya sangat besar Digunakan oleh perusahaan besar misalnya Perusahaan Penerbangan Harga berkisar Rp. 300.000.000 – Rp. 5.000.000.000 Super Computer Biasa disebut dengan nama parallel processor contohnya digunakan perusahaan di Belanda dengan menggunakan 48 processor yang diparallel Harga berkisar & juta US$ - 17 juta US$
BAB V ALAT PEMROSES
Alat Input Tidak Langsung Point of sale Teleprinter Terminal Financial Transaction Terminal Alat Input Langsung MICR OCR OMR Voice Recognition Pointing Device Touch Screen Light Pen Alat Input Tidak Langsung Punch Card Pita Magnetic Disk Magnetic
( Central Processing Unit ) ALAT PEMROSES Tugas Arithmetic Logic Unit Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai instruksi program Melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program C P U ( Central Processing Unit ) Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program A L U Tugas Control Unit Mengatur & mengendalikan alat I/O Mengambil instruksi dari main memory Mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU Menyimpan hasil proses ke main memory C U
CU (Control Unit) / Unit Kendali Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksi-2 dari program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. 31 October 2017 58
ALU (Arithmatic and Logic Unit) Melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥). 31 October 2017 59
ALAT PENYIMPANAN MAIN MEMORY REGISTER EXTERNAL MEMORY Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan REGISTER Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses EXTERNAL MEMORY Dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen ( simpanan luar )
Main Memory / Main Storage / Internal Memory / Internal Storage / Primary Storage / Temporary Storage Merupakan tempat penyimpanan terbesar dalam komputer Ukuran dari Main Memory ditunjukkan oleh satuan terkecilnya yakni Byte Kilo Byte ( KB ) = 1024 Byte Mega Byte ( MB ) = 1024 KB Giga Byte ( GB ) = 1024 MB Terra Byte 1 Byte memory terdiri dari 8 Bit ( Binary Digit ), dimana setiap digit diwakili oleh digit 1 atau 0, sehingga membentuk kode pada lokasi memory ( address ) Sistem pengkodeannya dapat berbentuk BCD, SBCDIC, EBCDIC, atau kode ASCII
Main Memory terdiri dari RAM dan ROM Alat Pemroses CPU CU Register Alat Input ALU Alat Output Main Memory RAM ROM Main Memory terdiri dari RAM dan ROM
RAM & ROM RAM ( Random Acces Memory ) merupakan memory yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Struktur RAM : Input Storage ; untuk menampung input yang dimasukkan oleh alat input 2. Program Storage ; untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diproses Working Storage ; untuk menyimpan data yang akan diolah dan dari hasil proses Output Storage ; untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
REGISTER Merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi ( 5 sampai 10 kali kecepatan main memory ) Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU ( instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory ) Terbagi atas : 1. Instruction Register ( IR ) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses 2. Program Counter ( PC ) atau Control Counter / instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat ( address ) lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses.
REGISTER (cont.) Register yang berhubungan dengan data yang sedang diproses disebut General Purpose Register yang memiliki kegunaan sebagai Operand Register ( untuk menampung data atau operand yang sedang diolah ) & sebagai Accumulator ( untuk menyimpan hasil dari operasi aritmatika dan logika yang dilakukan ALU ).
REGISTER (cont.) C P U MAIN MEMORY CACHE MEMORY Sebagai tambahan dari Register, beberapa CPU menggunakan suatu Cache Memory / Scratch-pad Memory / High-speed buffer / Buffer Memory dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan dapat mengurangi waktu yang terbuang. C P U MAIN MEMORY CACHE MEMORY
EXTERNAL MEMORY SASD DASD MICRO DISK MINI DISK MAGNETIC DISK PUNCH CARD REMOVABLE DISK ( DISK PACK ) HARD CARD PAPER TAPE HARD DISK FIXED DISK (WINCHESTER DISK) MAGNETIC TAPE TAPE STRIP CATRIDGE REEL TO REEL DISK CARTRIDGE OPTICAL DISK CARTRIDGE TAPE MAGNETIC DRUM CASSETTE MEGNETIC DUBBLE MEMORY
ALAT OUTPUT DOT MATRIK PRINTER IMPACK PRINTER DAISY WHEEL PRINTER HARDCOPY DEVICE PLOTTER THIMBLE PRINTER COMPUTER OUTPUT TO MICROFILM CHAIN PRINTER BAND PRINTER VIDEO DISPLAY DRUM PRINTER ALAT OUTPUT SOFTCOPY DEVICE FLAT PANEL THERMAL PRINTER NON-IMPACT PRINTER SPEAKER LASER PRINTER DRIVE DEVICE THERMAL TRANSFER DISK DRIVE INKJET PRINTER TAPE DRIVE ELECTROSTATISTIC PRINTER
CONTOH MACAM-MACAM ALAT OUTPUT MACAM-MACAM KELUARAN : Tulisan Image / gambar Suara Bentuk lain yayng dapat dibaca komputer
KOMUNIKASI & JARINGAN KOMPUTER
Tiga buah elemen untuk komunikasi data : Sumber Media Transmisi Penerima Transmisi Data : Media Transmisi ( Kabel, Satellite System, Laser System ) Kapasitas Channel Transmisi ( Voice Band, Wideband ) Tipe Channel Transmisi ( One-Way, Either-Way, Both-Way ) Kode Transmisi ( ASCII code, SBCDIC code ) Mode Transmisi ( Serial, Synchronous, Asynchronous ) Protocol : suatu kumpulan dari aturan yang berhubungan dengan komunikasi data.
KOMUNIKASI & JARINGAN KOMPUTER (cont.) Hardware Komunikasi Data Modem, untuk merubah data dari bentuk digital ke analog Multiplexer, memungkinkan beberapa signal komunikasi menggunakan sebuah channel transmisi bersama-sama Concentrator, menggabungkan beberapa signal data dari channel transmisi kapasitas rendah ke kapasitas tinggi Communication Processor, mengontrol arus data yang masuk ke CPU
TOPOLOGI JARINGAN Star Network Hierarchical Tree Network
TOPOLOGI JARINGAN (cont.) Loop Network Bus Network
TOPOLOGI JARINGAN (cont.) Ring Network Web Network
Gambar Local Area Network ( LAN )