Latihan Ujian UTS dan UAS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Human Computer Interaction
DESAIN IMK-M5.
Dialogue Notations and design
Presentasi dan properti leksikal
Interaksi Manusia dan Komputer
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
PERANCANGAN INTERFACE USER
Presentasi dan properti leksikal
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Tugas Latihan UTS dan UAS
Human Computer Interaction (1)
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
KEBERGUNAAN (USABILITY)
Presentasi dan properti leksikal
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
Presentasi dan properti leksikal
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
Pendahuluan.
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Presentasi dan properti leksikal
Presentasi dan properti leksikal
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Latihan Ujian UTS dan UAS Iskareni Afresha 0610117262427 4 Teknik Sistem Informasi

Pentingnya manusia dalam pengembangan suatu sistem Sebuah sistem dibuat oleh manusia dan untuk manusia Manusia merupakan karakter sentral dari sebuah sistem interaksi Sistem dirancang membantu manusia, sehingga apa yang menjadi kebutuhan user merupakan prioritas utama

Interaksi manusia dan komputer Interaksi : proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dan komputer (pasif) IMK : Suatu disiplin ilmu yang mempelajari perancangan sistem komputer yang mendukung pengguna, sehingga mereka dapat menyelesaikan pekerjaannya secara lebih produktif, efisien, dan aman

Yang dibutuhkan IMK agar berhasil Interaksi manusia dan komputer dapat terjadi apabila manusia sebagai pengguna peralatan komputer memberikan aksi yang dimengerti oleh komputer tersebut. Komputer menjalankan suatu fungsi sesuai program yang sudah dimuat didalamnya. Tujuan manusia tercapai dengan bantuan komputer yang sudah diprogram untuk menjalankan fungsi tertentu. Kemudian dibawah ini adalah ciri-ciri system yang interaktif: User friendly Mudah digunakan (easy to use) Masih terjadi error User yang mahir dalam menggunakan komputer Option-option dalam word processing, seperti File/save dengan file/delete Dan lain-lain

Yang dibutuhkan IMK agar berhasil Interface yang baik adalah sebuah interface yang konsisten dan handal yang dapat mengantisipasi semua ketidaktelitian user. User interface : lebih dari apa yang manusia dapat lihat, sentuh atau dengar. User interface mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem. User interface tidak cukup hanya berpenampilan ‘bagus’ tetapi harus dapat mendukung tugas yang dilakukan manusia dan dibuat menghindari kesalahan-kesalahan kecil.

Yang harus dilakukan agar kita fokus pada desain Manusia harus memahami kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki Dibutuhkan aturan perancangan (Design Rules) yang dapat diikuti untuk meningkatkan usability dari produk software yang dibangun Mengklasifikasikan aturan tersebut berdasarkan autoritas (authority) dan generalitasnya (generality) Berdasarkan autoritas mengindikasikan apakah aturan tersebut harus diikuti atau disarankan dalam suatu proses perancangan. Berdasarkan generalitas menunjukkan apakah aturan tersebut dapat diaplikasikan pada semua situasi perancangan atau hanya terbatas pada situasi perancangan tertentu.

Yang harus dilakukan agar kita fokus pada desain Salah satu acuan yang bisa dijadikanlah pedoman untuk merancang sebuah desain : Setiap user yang berinteraksi dengan komputer, user tersebut tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, yang terpenting adalah bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya. Analoginya adalah seperti menggunakan sebuah kendaraan yakni mobil atau motor, pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin kendaraan tersebut bekerja.

Warna dalam IMK Warna merupakan salah satu faktor terpenting dalam dunia desain, yang dapat membawa desain tampak lebih hidup. Manfaat warna : Menyejukkan atau merangsang mata Memberi aksen pada tampilan yang tidak menarik Memungkinkan pembedaan yang halus pada tampilan yang kompleks. Menekankan organisasi logis informasi Menarik perhatian kepada peringatan Menimbulkan reaksi emosional yang kuat berupa sukacita, kegembiraan, ketakutan, atau kemarahan

Warna dalam IMK Kekontrasan elemen sangat penting perannya bagi interaksi manusia dan komputer. Agar user tidak merasa bosan terhadap sistem yang digunakannya.