Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran MOBILE COMPUTING D10K-7D02 MC00: Pengantar Mata Kuliah Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Deskripsi Mata Kuliah Pada mata kuliah ini akan dipelajari konsep dasar komputasi bergerak (mobile computing), teknologi nirkabel (wireless networking) dan ubiquitous computing (computing anywhere). Fokus akan ditujukan pada peran ilmu komputer dalam mobile computing.
Topik yang dibahas Topik yang akan dibahas meliputi : Pendahuluan mobile computing, wireless networking, ubiquitous computing Pengenalan Android dan setup Android UI Design dan App Life Cycle Threads, Saving Data, Services danBroadcast Receivers Maps, Location Services, Audio, Video dan Camera Telephony, SMS, power management and selected topics Sensor management and activity recognition
Fokus Mata Kuliah Mata kuliah ini difokuskan pada peran ilmu komputer/teknologi informatika dalam bidang mobile computing Pemrograman Java Pelaksanaan merupakan gabungan antara teori dan proyek Teori diberikan pada pertemuan 1-6 Proyek dilakukan pada pertemuan 7-16 Tidak ada UTS dan UAS yang bersifat teori
MOBILE COMPUTING WIRELESS NETWORKING UBIQUITOS COMPUTING
Tujuan Mata Kuliah Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu: Menjelaskan apa yang dimaksud dengan mobile computing, wireless networking, ubiquitous computing, serta istilah-istilah lain yang berkaitan misalnya IoT Membuat aplikasi dengan platform Android sederhana Membuat aplikasi Android dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada sistem operasi Android Mampu membuat aplikasi mobile yang bermanfaat dan menimpan di dalam Playstore Mampu membuat makalah yang berkaitan dengan aplikasi yang dibuat
Materi Kuliah Minggu ke 1 s.d. ke 6: Course Introduction, Android Introduction danSetup Android UI Design and App Life Cycle Threads, Saving Data, Services and Broadcast Receivers Maps, Location Services, Audio, Video and Camera Telephony, SMS, power management and selected topics Sensor management and activity recognition Minggu 7 s.d. 8: Presentasi makalah Minggu 9: Usulan proyek Minggu 10-13: Pengerjaan proyek dan Pembuatan makalah Minggu 14: Presentasi akhir dan submisi
Jadwal dan Buku Kuliah Praktek Buku : Mulai 31 Agustus 2015 Senin, 13:30:00 – 16:00:00 D13JT-00104 Praktek A.D.K. Buku : Utama: The Busy Coder's Guide to Android Development (Version 6.4) by Mark L. Murphy Pendukung: Android Programming: The Big Nerd Ranch, Bill Phillips and Brian Hardy, 2013 Introduction to Android Application Development: Android Essentials, Joseph Annuzzi Jr, Lauren Darcey and Shane Conder Ubiquitous Computing Fundamentals, John Krumm, CRC Press, 2010
Text Books
Evaluasi Komposisi Range Nilai Presentasi 15%, Partisipasi di kelas 5%, Tugas (Proyek awal) 25% Proyek Akhir 40%, Makalah 15% Range Nilai A B C D E >80 >70 >55 >40 <40
Aturan Tugas, Proyek dan Evaluasi Lain Tugas-tugas (proyek) harus dikumpulkan sesuai jadwal. Penilaian/evaluasi didasarkan kepada orisinalitas, akurasi, kejelasan dan kelengkapan. Jika dibuktikan terjadi plagiarisme, maka nilai semuanya adalah NOL. Jangan memberikan pekerjaan anda kepada orang lain. Kerjasama tim (teamwork) sangat disarankan terutama dalam knowledge sharing. Ide seseorang harus dihargai.
Kalender Perkuliahan Kuliah Pertama (#1) : 31 Agustus 2015 Kuliah Terakhir (#15) : 14 Desember 2015 UTS (#8) : 19 Oktober 2015 UAS : Sesuai jadwal UNPAD Prediksi Tugas dan Kuis Tugas : #2, #4, #6, #10, #12, #14 Kuis : #5, #9, #13/#14/#15
Fasilitas Praktek Laboratorium Mobile Computing Dreamspark UNPAD
Aturan Kelas Setiap mahasiswa harus mendaftar pada situs http://elearning-dev.unpad.ac.id Course categories: Teknik Informatika Mobile Computing Tidak ada kelas bubar Minimal kehadiran 80% Jika tidak bisa hadir, hubungi dosen Situs dosen: http://setiawanhadi.unpad.ac.id
Green & Clean Class Pelihara kerapihan dan kebersihan Kelas Buang sampai pada tempatnya Rapikan kursi kuliah setelah dipakai Jangan mencoret-coret pada tempat umum Matikan Lampu, AC dan LCD Proyektor jika tidak dipergunakan Gunakan peralatan yang reusable: minuman dalam botol refillable makanan …