PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Perencanaan Perangkat Lunak
1. What and Why Sofware Engineering ?
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
PENDAHULUAN Pertemuan 1.
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Program Studi Manajemen informatika
BAB I DASAR – DASAR TEKNIK PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirement 1
SOFTWARE.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak 1.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
IF36318 Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Enginer)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Interaksi Manusia dan Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE.
Modul II Bab 4: Software Komputer
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Interaksi Manusia dan Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SISTEM INFORMASI DAN CBIS
TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak Oleh: Ika Novita Dewi|Universitas Dian
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
SOFTWARE ENGINEERING.
Tujuan instruksional umum:
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
Perencanaan Perangkat Lunak
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Perangkat lunaK
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengenalan Perangkat lunaK
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengantar Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Pendahuluan 50 tahun yang lalu tak seorangpun dapat mengira bahwa : perangkat-perangkat lunak akan menjadi teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis, sains dan lain-lain perangkat-perangkat lunak akan memungkinkan terciptanya banyak teknologi-teknologi baru.

perangkat- perangkat lunak akan memungkinkan terciptanya perkembangan dari teknologi yang sudah ada. Contoh : telekomunikasi. memungkinkan terciptanya perubahan yang radikal pada teknologi yang lama. Contoh : industri-industri percetakan perangkat lunak akan berevolusi perlahan-lahan dari suatu produk menjadi suatu layanan. Contoh : web

jaringan luas yang digerakkan oleh perangkat lunak yang disebut sebagai internet akan berevolusi dan mengubah segalanya, mulai dari bentuk penelitian-penelitian yang sebelumnya dilakukan di perpustakaan, mengubah cara belanja para konsumen, mengubah cara komunikasi-komunikasi politik, hingga mengubah kebiasaan-kebiasaan kencan seseorang perangkat lunak menjadi tertanam dalam semua jenis sistem : trasportasi, kesehatan, telekomunikasi, Pertahanan, industri, hiburan, mesin-mesin perkantoran, dan sebagainya.

Ketika perangkat lunak komputer terus berkembang saat perangkat lunak memenuhi kebutuhan manusia yang menggunakannya saat perangkat lunak bekerja tanpa cacat dalam waktu yang cukup lama saat perangkat lunak mudah dimodifikasi dan bahkan kian mudah untuk digunakan perangkat lunak dapat benar-benar mengubah banyak hal menjadi lebih baik

Namun ketika perangkat lunak gagal saat para penggunanya dibuat kecewa saat perangkat lunak terbukti memiliki kesalahan saat perangkat lunak sulit diubah bahkan makin sulit digunakan hal-hal burukpun dapat dan benar-benar terjadi.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak Definisi Rekayasa Engineering = rekayasa Pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan ‘masalah praktis’ Dari tidak ada menjadi ada Definisi perangkat lunak Perangkat Lunak (Software) (1) Perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan. (2) Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional. (3) Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.

Definisi rekayasa perangkat lunak Rekayasa Perangkat Lunak adalah Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal requirement capturing (analisa kebutuhan pengguna), specification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna), desain, coding, testing sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Pembentukan dan penggunaan prinsip rekayasa (engineering) untuk mendapatkan perangkat lunak secara ekonomis namun andal dan dapat bekerja secara efesien pada komputer (Fritz Bauer, 1968)

Jadi yang perlu digaris bawahi ! Rekayasa Perangkat Lunak merupakan serangkaian proses yang panjang untuk membuat atau menciptakan suatu perangkat lunak bukan merupakan cabang ilmu komputer yang mempelajari tentang technical coding

Karakteristik Perangkat Lunak Maintanability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya Efisiensi, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan

Kategori Perangkat Lunak Perangkat Lunak Sistem. Merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain, kompiler, editor dan utilitas pengatur file Perangkat Lunak Real-Time. Program-program yang memonitoring /menganalisa /mengontrol kejadian dunia nyata Perangkat Lunak Bisnis. Pemrosesan informasi bisnis, payroll, inventory

Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan. Perangkat lunak ini memiliki jangkauan aplikasi mulai dari aplikasi astronomi sampai vulkanologi, dari analisa otomotif sampai dinamika orbit pesawat ruang angkasa, dan dari biologi molekuler sampai pabrik yang sudah diotomatisasi Perangkat Lunak Komputer Personal. Program pengolah kata, spreadsheet, multimedia, manajemen database, aplikasi keuangan bisnis dan personal Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan. Area kecerdasan buatan yang aktif adalah sistem pakar, Jaringan Syaraf Tiruan, Voice and Image Recognition, game playing dsb