Operasional Dasar Tata Suara

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mengapa Berteriak?.
Advertisements

Membuat resume dari artikel
EVOLUSI TEKNOLOGI SUARA
Kontrak Kuliah dan Pengantar
PENULISAN NASKAH.
Tugas PTIK Kelas 06 Muhammad Resma Ridha
Gaya Belajar Disusun oleh : Rochmawati Pratamasiwi( ) Agustin Anggara Eni( ) Anis Saputri( ) Farah Maulida Rizkya( ) Tuyati( )
Sinyal Analog dan Sinyal Digital
Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W
Memperoleh Audio yang Baik
Anggota : 1. Ratri Wahyuning Rahayu. ( ) 2. Riska Nurdianah
KOMUNIKASI DATA ANTENA OMNI
Dialog, Musik dan Sound Effect
TATA ARTISTIK 1: PENATAAN PANGGUNG
PERALATAN YANG MENDUKUNG
MEMAHAMI ELEMEN GELOMBANG, JENIS-JENIS DAN INTERAKSI GELOMBANG
MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN FUNGSI ALAT-ALAT PENDUKUNG PEMBUATAN VIDEO
IDENTIFIKASI DAN FUNGSI SOUND SISTEM
MACAM DAN PENEMPATAN MIKROPON PADA INSTRUMENT Kompetensi : Memahami prinsip pembuatan master.
VISION VISION Pertemuan 6 Matakuliah: L0252 – Computer Aided Learning = Technology Psychology Tahun: 2009/2010.
DIGITAL AUDIO WORKSTATION
CONECTORS SOUND LOCATION HEADPHONE
Tata Fotografi Elektronik Arie Nugraha, M.Si
Tugas bahasa indonesia 2 universitas gunadarma
Musik dengan BlankOn Kukuh Syafaat
Melakukan Install HOME THEATER
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
AUDIO MIXER OPERASIONAL AUDIOMAN ( JOBDES & SOP )
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
Getaran dan bunyi.
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
Sarana, Prasarana dan Pendukung (Biro Iklan, PH)
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
JENIS-JENIS MICROPHONE Dan JANGKAUAN ( Polar Pattern )
JENIS-JENIS MICROPHONE Dan JANGKAUAN ( Polar Pattern )
AUDIO UNTUK PRODUKSI CHANNEL LIST.
MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN FUNGSI ALAT-ALAT PENDUKUNG PEMBUATAN VIDEO
PERANGKAT AUDIO DAN ANALISA KEBUTUHAN
MACAM DAN PENEMPATAN MIKROPON PADA INSTRUMENT
TEKNIK PENYIARAN&KAMERA
STRATEGI MEMBUJUK YANG AMPUH
STRATEGI MEMBUJUK YANG AMPUH
Menggunakan Digital Audio Workstation (Kasus : Pembuatan Lagu)
DISTORSI PESAN dalam KOMUNIKASI ORGANISASI Pertemuan 12
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
PRODUKSI FEATURE & DOKUMENTER
Dr. Ratna Anggraini A. Sp. THT.
Sistem Penerima dan Pemancar Sebuah Pendahuluan
Dasar Audio Processing
KONTRAK PERKULIAHAN DAN PENGANTAR
IDENTIFIKASI DAN FUNGSI SOUND SISTEM
WELCOME TO OUR PRESENTATION
KARYA DALAM DUA DIMENSI
Interaksi Manusia dan Komputer
MEMAHAMI TEKNIK KHITOBAH MELALUI RADIO DAN TELEVISI
Teknik Instrument Modern
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
PENGGUNAAN MUSIK MATERI TATA SUARA 01 PRODI S1 TELEVISI DAN FILM
Teknik Produksi Kamera.
FISIK SIARA LANJUTAN.
Audio Dubbing Ulead Video Studio
PELATIHAN BAGAIMANA BERBICARA DI DEPAN KAMERA UNTUK PENGAJARAN
Pertemuan ke 9 Judul : Pemotretan di dalam ruangan.
KECEPATAN MERAMBAT FREKUENSI DAN CONTOH-CONTOH SUMBER BUNYI
MICROPHONE Disusun Oleh : Ima Buamona
DASAR-DASAR AUDIO FOR TV-1
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
PERTEMUAN I \PENGKONDISIAN RUANG TEKNIK ARSITEKTUR.
Transcript presentasi:

Operasional Dasar Tata Suara MATERI TATA SUARA 01 PRODI S1 TELEVISI DAN FILM FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS JEMBER

Pemilihan dan penempatan dari microphone (bekerjanya mic) yang saling berhubungan dengan sumber suara dan keadaan akustik studio disebut Microphone Balance Microphone Balance yang digunakan pada suatu rekaman suara harus dapat mengikuti karakter dari sumber suara, sehingga ia mengadakan perubahan energi akustik menjadi energi listrik tanpa cacat. MICROPHONE BALANCING

Hal ini berlaku untuk suara pembicaraan (kata-kata), musik, dan sound effect dari berbagai kemungkinan pada penataan/peletakan microphone (kecuali dalam hal tertentu, misalnya rekaman suara pembicaraan dalam ruangan berakustik buruk atau dikelilingi oleh suara gaduh, maka satu-satunya kemungkinan adalah mendekatkan microphone dengan si pembicara agar suaranya lebih jelas terdengar.

TUJUAN MELAKUKAN MICROPHONE BALANCING Secara teknis tujuan dari melakukan microphone balancing adalah mengambil suara yang diperlukan dengan level yang sesuai untuk microphone dan peralatan rekaman. Dengan kata lain mengubah energi akustik kedalam energi listrik yang sepadan dengan distorsi sekecil mungkin dan terhindar dari noise yang tidak diinginkan dengan tujuan enak didengar. TUJUAN MELAKUKAN MICROPHONE BALANCING

PENGATURAN MICROPHONE Sebaiknya kita harus pandai mengatur posisi atau penempatan (lay-out) set-up mic dari sumber suara. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan balance yang baik yaitu: menempatkan mic pada masing-masing tempat dengan jarak dan sudut pengambilan yang dapat menghasilkan perbaikan yang memuaskan secara estetis terhadap keadaan akustik studio. PENGATURAN MICROPHONE

Selain itu kita harus menentukan berapa jumlah microphone yang harus digunakan, yaitu menggunakan satu atau beberapa buah mic, dengan memilih karakteristik mutunya (frekwensi respon, distorsi, signal to noise ratio dan sebagainya).

POLA PENERIMAAN (POLAR PATTERN) Merupakan istilah untuk menggambarkan arah darimana sebuah microphone dapat menangkap suara Tipe Polar Pattern meliputi: Omni Directional; Bi Directional; dan Cardiod POLA PENERIMAAN (POLAR PATTERN)

OMNI DIRECTIONAL

Microphone dapat menangkap suara dari segala arah dengan level yang sama Jika sumber bunyi datang dari depan, belakang samping, kiri, kanan, maka hasil suara yang diproduksi oleh mic tersebut akan sama baik volume (keras) maupun warnanya Microphone jenis ini baik digunakan jika seluruh suara di sekeliling ingin tertangkap Keterangan:

BI DIRECTIONAL

Microphone Bi Directional dapat menangkap suara dari dua arah yang berbeda, yaitu: dari depan dan belakang atau dari samping kiri dan kanan Disebut juga dengan microphone figure-eight ( angka delapan) Jenis mic ini bekerja dengan baik pada jarak 5- 15 feet arah depan belakang dan tidak dapat menangkap bunyi secara stereo Keterangan:

CARDIOD

Microphone hanya dapat menangkap suara dari satu arah tertentu saja ( on Axis ) Dengan kemampuannya ini kita bisa memilah-milah suara mana yang diperlukan dan yang tidak. Mic ini tidak bisa menangkap suara dari arah yang berlawanan, sehingga kita bisa menghilangkan suara-suara yang mengganggu. Baik untuk Direct sound dibanding kan mic Omni dan Bi Keterangan:

Tujuan dari mixing adalah suatu proses pencampuran/penataan suara untuk menghasilkan keserasian (balance) baik antara elemen suara maupun dengan gambar. MIXING

Ada tiga hal yang harus kita perhatikan dalam proses mixing adalah: 1 Ada tiga hal yang harus kita perhatikan dalam proses mixing adalah: 1. Level control standar maximum. 2. Balance Suara, yaitu: Kata, Musik, dan Sound Effect. 3. Tone Control (warna suara) karakter suara.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH