IF2036 Software Engineering

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Design Perangkat Lunak
Advertisements

Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Tahapan information engineering
Minggu ke-9.  Control Objective  About Rekomendasi.
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Minggu 6 Prinsip & Konsep Desain
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
BAB 3 – Pandangan Tingkat Paling Atas Fungsi dan Interkoneksi Komputer
Fase Analisa Sistem Menggambarkan kebutuhan sistem
Metode Desain Dr. Ema Utami, S.Si, M.Kom.
Analisis dan Perancangan Sistem
Algoritma Umum untuk Masalah Bisnis
Langkah Awal Modularisasi
Pendahuluan Algoritma Pengolahan Paralel S1-TI Prepared by: MT Wilson.
Testing Levels. Activities of Test Engineer Test engineer is an information technology professional who is in charge of ane or more technical test activities,
BLACK BOX TESTING.
1 Pertemuan 17 Input / Output Matakuliah: T0316/sistem Operasi Tahun: 2005 Versi/Revisi: 5.
ANALISA PERANCANGAN SISTEM
Testing Implementasi Sistem Oleh :Rifiana Arief, SKom, MMSI
1 Pertemuan 09 Kebutuhan Sistem Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
a.k.a structural testing WHITE BOX TESTING clear box testing
Masalah Transportasi II (Transportation Problem II)
1 Pertemuan 22 Analisis Studi Kasus 2 Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
IF RPL TEKNIK INFORMATIKA UPN “VETERAN” YK REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( IF 1483) Pertemuan 8&9 Software Design Fundamentals.
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Jartel, Sukiswo Sukiswo
Design Perangkat Lunak
Pert. 16. Menyimak lingkungan IS/IT saat ini
Support System IT Putri Taqwa Prasetyaningrum,S.T.,M.T.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Tim RPL Program Studi Teknik Informatika
PENDEKATAN UNTUK MEMBANGUN SISTEM
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
13. KONSEP DAN PRINSIP PERANCANGAN (DESAIN)
Model Konvensional.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (IF 1483)
Pertemuan #3 Data Modeling Using the Entity-Relationship Model
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (IF 1483)
Information Technologies
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
Pertemuan 17 Aplication Domain
TAHAPAN PEMROGRAMAN Modul-10.
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
KONSEP DAN PRINSIP PERANCANGAN (DESAIN)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK Nama : Moch.Bachrul S.H Moch.Rofiuddin
REKAYASA PERANGKAT LUNAK Perancangan arsitektur perangkat lunak
Rekayasa perangkat lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Modul 1 SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Software Engineering IT Telkom
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Teknik Pengujian Software
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 5 Computer Components
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
1 These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 5/e and are provided with permission by.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Hanya digunakan di lingkungan Universtias
Dokumen Kebutuhan Perangkat Lunak
DASAR - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
DASAR - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
IF2036 Software Engineering
Rekayasa Perangkat Lunak
13. KONSEP DAN PRINSIP PERANCANGAN (DESAIN)
Kelompok 13 Nama Anggota : Sigit Dwi Prianto Praditya F Marliyana.
Transcript presentasi:

IF2036 Software Engineering Architectural Design Program Studi Teknik Informatika STEI ITB

Structured Design objective: to derive a program architecture that is partitioned approach: the DFD is mapped into a program architecture the PSPEC and STD are used to indicate the content of each module notation: structure chart Add 1. Tujuan : untuk mendapatkan sebuah arsitektur program yang disekat-sekat Add 2. DFD dipetakan ke dalam sebuah arsitektur program PSEC dan STD digunakan untuk menindikasi isi dari setiap modul Add 3. Notasi : Structure chart

Structured Design (2) Architectural design Interface design Data design Procedural design/component-level design Perancangan arsitektur Rancangan interface Perancgan data Perancangan prosedural/ komponen

Architectural Design Mapping Requirements to Software Architecture Establish type of information flow (transform flow - overall data flow is sequential and flows along a small number of straight line paths; transaction flow - a single data item triggers information flow along one of many paths) Flow boundaries indicated DFD is mapped into program structure Control hierarchy defined Resultant structure refined using design measures and heuristics Architectural description refined and elaborated Add 1. PEnetapan jenis aliran informasi Add 2. Indikasi cakupan aliran Add 3. DFD dipetakan ke dalam struktur program Add 4. mendefinisikan tingkatan kontrol Add 5. Menghasilkan struktur yang disaring menggunakan rancangan ukuran dan heuristic Add 5. akibat sturktur yang disaring menggunakan rancangan ukuran dan tingkatan Add 6. Penjelasan Arsitektur disaring dan dirinci

Flow Characteristics Transform flow Transaction flow

General Mapping Approach isolate incoming and outgoing flow boundaries; for transaction flows, isolate the transaction center working from the boundary outward, map DFD transforms into corresponding modules add control modules as required Add 1 memisahkan aliran incoming dan outgoing; untuk aliran transaksi, pisahkan pusat transaksi Add 2. BEkerja dari batas sebelah luar, memetakan dfd ke dalam modul Add 3. MEnambah modul kontrol bila dibutuhkan Add 4. Menyaring hasil struktur program menggunakan konsep modul yang efektif refine the resultant program structure using effective modularity concepts

Transform Mapping

Factoring

First Level Factoring main program controller output input processing

Second Level Mapping

Transaction Flow incoming flow action path T

Transaction Example fixture fixture setting servos commands operator process report display operator commands screen robot control robot control software Fixture= perlengkapan assembly record in reality, other commands would also be shown

Transaction Mapping Principles isolate the incoming flow path define each of the action paths by looking for the "spokes of the wheel" assess the flow on each action path define the dispatch and control structure Memisahkan jalur aliran kedatangan Mendefinisikan setiap jalur aksi yang dicari “berbicara dari kemudi” Mengakses aliran dalam tiap jlur aksi Mendefinisikan pengiriman dan struktur kontrol Memetakan tiap aliran jalur aksi individu map each action path flow individually

Transaction Mapping

Map the Flow Model

Refining Architectural Design Processing narrative developed for each module Interface description provided for each module Local and global data structures are defined Design restrictions/limitations noted Design reviews conducted Refinement considered if required and justified Memperhalus PErancangan Arsitektur Pemrosesan naratif dibangun untuk tiap modul Deskripsi interface disediakan untuk tiap modul Struktur data lokal dan global diefinisikan Pematasan/ batasan rancangan dicatat Review perancangan dilakukan Penghalusan dibandingakn jika dibutuhkan dan dibenarkan

Refined Structure Chart

Architecture Design Assessment Questions How is control managed within the architecture? Does a distinct control hierarchy exist? How do components transfer control within the system? How is control shared among components? What is the control topology? Is control synchronized or asynchronous? How are data communicated between components? Is the flow of data continuous or sporadic? What is the mode of data transfer? Do data components exist? If so what is their role? How do functional components interact with data components? Are data components active or passive? How do data and control interact within the system? Bagaimana kendali mengatur arsitektur ? Bagaimana komponen transfer mengontrol sistem ? Bagaimana kendali menshare sepanjang komponen ? Bagaimana komunikasi data antar komponen ? Apa mode transfer data ? Apa yang komponen data keluarkan ? Bila iya apa aturannya ? Bagaimana komponen fungsional berinteraksi dengan komponen data ? Apakah komponen data nya aktif atau pasif ? Bagaimana data dan kontrol berinteraksi dengan sistem ?