ETNOMEDISIN Oleh : Dede Hernawati 3401413069.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERSEPSI TENTANG SEHAT-SAKIT & PERILAKU SAKIT
Advertisements

SEHAT SAKIT DUNIA BARAT
SR.DEVY MODIFIED BY RIRIS DIANA
SCHEIN (1992): Oleh para antropolog budaya digunakan untuk menunjuk pada kebiasaan-kebiasaan yang dikembangkan oleh masyarakat sepanjang sejarah mereka.
Dasar – Dasar Antropologi Kesehatan (2 SKS)
Lingkungan Hidup Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan.
1 PENDIDIKAN KARAKTER MOH. SALEH, SH., MH. UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2011 BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA.
Penelitian Kualitatif
Disusun oleh : Dr. Erna Karim
PERANAN ANTROPOLOGI DALAM PELAYANAN KESEHATAN
MANUSIA DAN PERADABAN PENGERTIAN PERADABAN HAKIKAT HIDUP MANUSIA
Penyebab Penyakit Naturalistik
MEMAHAMI BAHAYA HIV / AIDS Di Susun : Arif Nurhuda, S.Pd
Ciri Universal Sistem Medis
Diferensiasi Sosial Artinya klasifikasi masyarakat secara mendatar/horizontal/tidak menimbulkan kelas-kelas sosial. Misalnya perbedaan agama, suku, klan,
Keperawatan Lintas Budaya
Dampak Perubahan Sosial
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
Friedman pada Teori Kuantitas dan Ekonomi Keynesian
Teori – Teori Sosial Pip, Jones (2009).
DIFERENSIASI SOSIAL.
SISTEM MEDIS NUNIK SURYANI
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
ETNOMEDISIN Foster, George M. dan Anderson, Barbara Gallatin Antropologi Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press) NUNIK SURYANI
SISTEM MEDIS Pengantar Kesehatan
Maria Ansela Sudi Rombel 1 Antropologi Kesehatan
Arif Ponco Putranto Rombel 1 Antropologi Kesehatan
SISTEM MEDIS KISMI MUBAROKAH.
DISKUSIKAN SISTEM MEDIS CINA SISTEM MEDIS AYURVEDA SISTEM MEDIS UNANI
Terapi Jus & Diet (5): Sari Buah dan Sayuran: Penyembuh yang Ajaib
Psikologi Lintas Budaya
SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU DAN PENGETAHUAN
Qudwah Hayati Rombel 2 Antropologi kesehatan
Kebudayaan Jepang.
Negara Gudangnya Herbal!
PENGARUH BUDAYA TERHADAP KESEHATAN
Dasar-Dasar Dukungan Psikososial
PSIKOLOGI KLINIS Sri Hastuti Handayani.
PERILAKU MENCARI BANTUAN
Agus Setiawan ESTETIKA CINA.
BUDAYA POLITIK DI I N D O N E S I A
SISTEM MEDIS KISMI MUBAROKAH.
BAB III TRADISI MASA PRA-AKSARA DAN AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
ANTROPOLOGI KESEHATAN
DIALEKTIKA KOMUNIKASI DENGAN BUDAYA
PENGARUH BUDAYA PADA KONTEKS: Ruang Lingkup Pelayanan Kesehatan
AYO BERANTAS.
Perubahan Sosial Modrenisasi.
Dinamika Pembangunan Desa
Assalamualaikum Wr. Wb..
Psikologi Kesehatan.
PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN
KELAS X Standar Komptensi Memahami prinsip dasar ilmu sejarah Kompetensi Dasar Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara.
PERKEMBANGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI DUNIA
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
PENGENALAN AKUPRESUR DALAM KESEHATAN
TELAAH KURIKULUM ARSHIELLA ALFA ALFIN R PEND.ADPER 15 A.
DEFINITION OF NURSING -VIRGINIA HENDERSON-
Terapi Terhadap Gangguan Psikologis
DR. Mappeaty Nyorong, Drs, MPH Eka Sari Ridwan, SKM, M.Kes
Makna makanan dg Budaya
SISTEM MEDIS SISTEM MEDIS.
PENGANTAR PATOFIS.
Materi Kuliah SEJARAH PERTUMBUHAN EKONOMI
ETNOMEDISIN.
Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
ANTROPOLOGI.
PERILAKU MENCARI BANTUAN
Transcript presentasi:

ETNOMEDISIN Oleh : Dede Hernawati 3401413069

PENGERTIAN ETNOMEDISIN Kepercayaan dan pelaksanaan medis para warga masyarakat tradisional. Teoritis: kepercayaan-kepercayaan medis dan pelaksanaanya merupakan unsur utama dalam tiap kebudayaan. Praktis:pengetahuan mengenai kepercayaan medis pribumi dan pelaksanaanya penting untuk perencanaan progran kesehatan dan dalam pengadaan pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat tradisional.

Tingkatan teoritis meliputi : Sifat dan sistem-sistem medis pribumi Konsep tentang kausalitas penyakit yang mendasarinya

MASALAH PERISTILAHAN Sistem medis pribumi berbeda dengan sistem medis barat. Istilah yang umum menunjukan kesenjangan kualitatif. Contoh Ackerknnecht di tahun 1971 merubah judul karana-karangannya.

ETIOLOGI PENYAKIT Adalah konsep,kategori, atau sistem yang menjelaskan tentang medis. Kategori tersebut dibagi menjadi dua : Sistem medis personalistik Sistem medis naturalistik

SISTEM MEDIS PERSONALISTIK Penyakit disebabkan oleh intervensi dari agen yang aktif ( makhluk supranatural. Bukan manusia, atau manusia ), yang ditujukan kepada diri seseorang. bContoh : Penduduk Gimi dari dataran tinggi Nugini, penyakit disebabkan oleh agen yang dianggap keras hati dan sebagai motif pribadi. Orang Abron di Pantai Gading, sakit dan mati disebabkan kekuatan diatas mereka, oleh agen yang melintasi alam natural dan supranatural. Orang Dobu Melanesia, penyakit berasal dari agen terutama akibat rasa iri dan tidak mengenal konsep kecelakan. Orang Mano di Liberia, penyakit adlah sesuatu yang tidak wajar, masuknya kekuatan dari luar,dan bersifat magis.

SISTEM MEDIS NATURALISTIK Menururut Seijas pejelasan penyakit non supranatural didasarkan atas hubungan sebab akibat. Menurut Nurge, penyakit disebabkan oleh yang supranatural dan natural. Menurut Simomons, dalam mendeskripsikan sistem medis dengan menggunakan etiologi magis dan empiris.

PATOLOGI HUMORAL Berdasarkan konsep humor (cairan dalam tubuh manusia) dari teori Yunani mengenai 4 unsur yaitu tanah,air,udara,dan api. Sehat : unsur tesebut dalam proporsi yang tepat secra kekuatan maupun kuantitas. Sakit : apabila unur tersebut menunjukan kelebihan atu kekurangan. Humor itu bervariasi kuantitasnya dari tahun ketahun, tergantung pada iklim dan cuaca. Pengobatan harus ditujukan pada usaha melawan sebab-sebab penyakit dengan prinsip oposisi terhadap penyebab penyakit.

Menjelaskan tentang sakit dan sehat dengan model keseimbangan. Penyakit dijelaskan dengan istilah sistematik yang bukan pribadi. Keseimbangan menurut usia dan kondisi individu dalam lingkungan alamiah dan sosialnya. Prinsip keseimbangan sistem naturalistik diekspresikan dalam berbagai cara. Seperti tulisan-tulisan masa kini tentang peranan utama panas dan dingin terhadap kesehatan. Sistem medis naturalistik masa kini serupa dengan lainnya dalam arti historis, yang merupakan warisan peradaban tinggi klasik yaitu Yunani, Cina dan India.

Manuskrip pengobatan Yunani disalin beruklang kali di perpustakaan Alexandria. Galen memperbaiki naskah-naskah terdahulu tersebut, yang kemudian diteruskan kepada orang Timur yang menganut Kristen dan Islam. Sehingga tulisannya diterjemahkan dalam bahasa Syuria dan bahasa Arab. Doktrin lama mengenai humor menjadi basis kedokteran di zaman pertengahan, hingga di Amerika Latin mendapatkan dampak modern yang paling besar. Patologi humoral Amerika Latin, menjelaskan bahwa penyakit disebabkan oleh panas atau dingn yang berlebih. Cara pengobatnnya yaitu mencampurkan sejumlah unsur dimana ditekankan keseimbngan panas-dingin.

PENGOBATAN AYURVEDA (INDIA) Sistem pengobatan pribumi yang pertama kali muncul dalam tulisan Veda pada tahap awal sebelum masehi. Teori Ayurveda : alam semesta terdiri dari unsur bumi, air, api, udara, dan eter. Tubuh manusia memiliki 3 humor (dosha/tridosha) : flegm, empedu, dan angin. Dosha dihubungkan dengan usia dan musim.

Hubungan pengobatan ayurveda dan pengobatan patologi humoral Teori ayurveda terdiri dari unsur yang sama dengan teori orang yunani, yaitu 4 unsur yang sama dan ditambah satu unsur eter. Menurut Basham para tabib istana Kaisar Persia pada awal abd ke-6 masehi mengunjungi India dan membawa pulang sejumlah naskah pengobatan India serta para tabib India. Tahun 1920 Kongres nasional India memutuskan utuk melakukan usaha mempopulerkan pengobatan pribumi yaitu ayurveda dan patologi humoral Yunani. Patologi humoral dikembangkan oleh tabib terkenal diberbagai pusat pengobatan ternama yang mewariskan data tertulis, sedangkan pengetahuan medis Hindu diwariskan dari generasi ke geneasi. Pada tahun 1947 Departemen Kesehatan pemerintah India membentuk komite pengobatan Hindu Ayurveda dan Islam Yunani. Sekarang ini patologi humoral hanya merupakan pengobatan rakyat dan pengetahuan kuno, sementara ayurveda mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah India.

PENGOBATAN TRADISIONAL CINA Merupakan konsep sentral dalam kosmologi Cina yaitu keseimbangan yin dan yang dalam tubuh manusia adalah penting untuk kesehatan. Penyakit yang dianggap karena kekuatan unsur luar adalah penyakit yang, dan penyakit karena kekuatan dalam adalah penyakit yin. Adanya lima unsur yang terdiri dari air, api, logam, kayu, dan bumi. Makanan diklasifikasikan dalam 5 rasa, dimana penggunaannya yang benar adalah untuk kebaikan kesehatan. Makanan dan obat-obatan memiliki kualitas panas dan dingin, yang harus diperhatikan dalam usaha mempertahankan keseimbangan baik dalam makanan maupun pengobatan penyakit.

UNSUR-UNSUR EMOSIONAL DALAM TEORI PENYEBAB Pengalaman emosional seperti iri, takut,sedih, dan malu dapat menyebabkan penyakit. Di Meksiko dan Amerika Tenagh, chipil menyerang anak-anak pada waktu mereka disapih. Dokter menjelaskan tangisan dan rengekan anak adalah gejala kekurangan protein saat dilepaskan dari air susu ibunya. Sedangkan penduduk menjelaskan, itu disebabkan oleh perasaan iri si anak pada bakal adiknya . Di Amerika Latin menganggap mata jahat disebabkan agen manusia sebagai akibat rasa dengki, yang dapat menimbulkan penyakit. Di Sri Langka, sebab-sebab naturalistik melibatkan gangguan keseimbangan humoral, yang memulihkannya dengan obat-obatan. Sedangkan sebab-sebab personalistik berbentuk setan atau roh sehingga memulihkannay denagn bujukan atau pengusiran setan atau roh tersebut.

HUBUNGAN SEBAB-AKIBAT Sistem penyebab penyakit merefleksikan, prinsip-prinsip struktural dasar, pola-pola, dan premis-premis dari kebudayaan asalnya, tempat mereka terjalin didalamnya. Apa yang dianggap oleh masyarakat adalah sebagai penyakit. Baik penjelasan naturalistik maupun personalistik tidak dapat benar-benar menjelaskan konsep penularan. Hanya dengan konsep patogenlah penularan penyakit manusia dapat dijelaskan.

Foster menjelaskan prinsip hubungan etiologi personalistik dan nauralistik: Etiologi-etiologi komprehensif dan terbatas. Penyakit, Religi, dan Magi. Tingkatan-tingkatan penyebab. Shaman dan pengobat lainnya. Diagnosis.

PENGOBATAN RAKYAT AMERIKA Sistem medis Amerika didefinisikan sebagai semua kepercayaan dan praktek yang bukan merupakan bagian dari kedokteran ilmiah yang kuno. Sistem medis rakyat yang berbeda dari segi etnis, mempunyai asal yang secara historis sama.

1. Pengobatan rakyat ero-Amerika Pengobatan rakyat ternebtuk karena tulisan dan tradisi lisan. Penduduk Amerika pada abad 19 juga mengenal sistem pengobatan homeopati, hidropati, frenologi, dan mesmerisme. Mengenal pepatah : makanlah bila pilek, dan janganlah makan bila demam. Kepercayaan terhadap ilmu sihir adalah bagian dari tradisi Ero-Amerika.

2. Pengobatan rakyat kulit hitam Pengobatan rakyat kulit hitam adalah pengobatan tradisi lisan. Mencerminkan 3 tema pandangan hidup yaitu: alam adalah tempat berbahaya, individu akan diserang oleh sumber eksternal, dan individu harus meminta bantuan luar untuk mengatasi serangan tersebut.

3. Pengobatan rakyat Amerika-Spanyol Merupakan perkembangan yang logis. Sistem pengobatan lebih terintegrasi baik secar teori dan terapi. Menganggap panas dan dingin yang mengganggu kesehatan dapat masuk dengan berbagai cara. Penyembuhan penyakit lebih mengandalkan Curandero, dalam kepercayan mereka adalah Tuhan.

Pengobatan Rakyat Amerika dipandang sebagai Etnomedisn Etiologi personalistik-naturalistik cocok bagi pengobatan rakyat Amerika maupun dalam sistem lainnya. Kualitas dari banyak penyembuh amat mirip dengan yang diuraikan dunia non-Barat. Menariknya, perbedaan antara religi, magi dan pengobatan menjadi kabur

Daftar pustaka Foster, George M.dan Anderson, Barbara Gallatin.1986.Antropologi Kesehatan.Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)