USABILITAS WEB (WEB USABILITY)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Candra Irawan Dimas Bhirawa Fahrizky Syahrial Andri Daisy Rahmad
Advertisements

TEKNIK WAWANCARA & OBSERVASI
Proses-proses Perangkat Lunak
ANALISIS SISTEM.
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-4
Interaksi Manusia dan Komputer
PERENCANAAN DAN ANALISIS SISTEM
Pengujian Sofware – strategi
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Interaksi Manusia dan Komputer
USABILITY DARI ISO 9241 (ALAN DIX ET ALL, 1993)
Evaluasi IMK.
PERTEMUAN: 3 CARA MEMULAI SUATU TULISAN ILMIAH
Proses Dari Desain Interaksi
Mengelola Proses Perancangan
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Step 14 : Uji, Uji, dan Uji Ulang
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-1)
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
Teknik Evaluasi.
PRINSIP USABILITY.
Diintimidasi/Dilecehkan oleh Manajer
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
MEMAHAMI KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN JASA
Evaluasi IMK.
Teknik evaluasi.
Evaluasi IMK.
PENGALAMAN PENGGUNA A. Ridwan Siregar.
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
Proses Design Interface (Perancangan Tampilan)
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
MENGEMBANGKAN SOLUSI BISNIS
JENIS SITUS WEB A. Ridwan Siregar.
Pengenalan Evaluasi dan Evaluasi Framework
MENGEMBANGKAN SOLUSI BISNIS
4 Prinsip dalam Menulis.
Proses Dari Desain Interaksi
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Kebutuhan Software
KEWIRAUSAHAAN ANGGIA PARAMITA PUTI KENCANA, SE, MSM Fakultas Ekonomi
DESAIN INFORMASI DAN NAVIGASI
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
PERTEMUAN 2 KONSEP SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA.
Peningkatan kualitas Pengambilan Keputusan
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
Membangun Web yang baik (lanjutan)
Web usability Firman Wahyudi.
Bab 1 Merencanakan Bisnis.
Evaluasi IMK.
Evaluasi IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Peningkatan kualitas Pengambilan Keputusan
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
Evaluasi IMK.
Persiapan Guru sebagai Fasilitator dalam Memberikan
Peningkatan kualitas Pengambilan Keputusan
PRINSIP-PRINSIP PELATIHAN (TOT 01). SASARAN MODUL Mendefinisikan “ Pendidikan dan Pelatihan “ dan menunjukan perbedaan antara keduanya; Mendefinisikan.
Mengelola Proses Perancangan
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Usabilitas L. Erawan.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
PRINSIP USABILITY.
Teknik evaluasi dan groupware / cscw
Evaluasi IMK.
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Metode penelitian Usability Nielsen
Transcript presentasi:

USABILITAS WEB (WEB USABILITY) A. Ridwan Siregar ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

AI Modul-7 Usabilitas Web kemampuan untuk digunakan efisien dan memuaskan ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

AI Modul-7 Usabilitas Web RINGKASAN Apakah usabilitas (usability)? Bagaimana, kapan, dan di mana memperbaiki/menyempurnakannya? Mengapa kita peduli? Tinjauan untuk menjelaskan konsep utama usabilitas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

PENGERTIAN USABILITAS Usabilitas adalah suatu atribut kualitas yang mengkaji bagaimana kemudahan antarmuka pengguna (user interfaces) untuk digunakan? Kata “usabilitas” juga merujuk pada metode untuk memperbaiki/menyempurnakan kenyamanan penggunaan (ease-of-use) pada waktu proses desain ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

KOMPONEN KUALITAS USABILITAS Usabilitas dimaknai oleh 5 komponen kualitas: Learnability: Bagaimana mudah bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas dasar pada waktu pertama sekali mereka berhadapan dengan desain tersebut? Efficiency: Ketika pengguna telah mempelajari desain tersebut, bagaimana cepat mereka dapat melakukan tugas? ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

KOMPONEN KUALITAS USABILITAS Memorability: Ketika pengguna kembali ke desain tersebut setelah satu kurun waktu tidak menggunakannya, semudah apa mereka dapat menghidupkan kembali keterampilannya? Errors: Berapa banyak kesalahan yang dilakukan pengguna, separah apa kesalahan tersebut, dan semudah apa mereka dapat pulih dari kesalahan tersebut? Satisfaction: Apakah menyenangkan dalam menggunakan desain tersebut? ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

APA — DEFINISI USABILITAS Ada beberapa atribut kualitas penting lainnya, salah satu yang utama adalah kegunaan (utility), yang merujuk pada fungsionalitas desain: Apakah desain melakukan apa yang dibutuhkan pengguna? Usability dan utility sama penting dan secara bersama menentukan apakah sesuatu bermanfaat Untuk apa sesuatu itu mudah tetapi bukan yang anda inginkan Sebaliknya, walaupun suatu sistem dapat secara hipotetis melakukan apa yang anda inginkan, tetapi anda tidak bisa membuatnya terjadi karena antarmuka pengguna yang terlalu sulit ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

APA — DEFINISI USABILITAS Untuk mempelajari kegunaan desain, anda dapat menggunakan metode penelitian pengguna yang sama yang memperbaiki usability Definisi: Utility = apakah ia menyediakan fitur yang anda butuhkan Definisi: Usability = bagaimana mudah dan menyenangkan fitur-fitur tersebut untuk digunakan Definisi: Useful = usability + utility ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

MENGAPA USABILITAS PENTING Pada web, usability adalah suatu kondisi keharusan untuk bertahan hidup Mengapa orang meninggalkan suatu situs web? Situs web sulit untuk digunakan Homepage gagal menyatakan dengan jelas apa yang ditawarkan oleh organisasi dan apa yang bisa dilakukan oleh pengguna pada situs tersebut Pengguna kesasar pada situs web Informasi situs web sulit untuk dibaca atau tidak menjawab pertanyaan utama pengguna Praktik terbaik menghabiskan 10% biaya desain untuk usability ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

BAGAIMANA MENYEMPURNAKAN USABILITAS Ada banyak metode untuk mempelajari usability, tetapi yang paling dasar dan bermanfaat adalah uji pengguna (user testing), yang terdiri dari 3 komponen: Minta beberapa pengguna representatif, seperti pelanggan untuk situs e-commerce atau karyawan untuk suatu intranet (yang bekerja di luar bagian anda) Minta para pengguna untuk melakukan tugas-tugas representatif pada desain Observasi apa yang dilakukan pengguna, apakah mereka sukses, dan di bagian mana mereka mengalami kesulitan dengan antarmuka pengguna. Tutup mulut dan biarkan para pengguna berbicara. ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

AI Modul-7 Usabilitas Web Penting untuk menguji pengguna secara individual dan biarkan mereka memecahkan setiap masalah dengan cara mereka sendiri. Jika anda membantu mereka atau mengarahkan perhatian mereka pada bagian tertentu, anda telah mengkontaminasi hasil uji Untuk mengidentifikasi masalah terpenting usability, menguji 5 pengguna cukup daripada melibatkan banyak orang, lebih baik menjalankan uji kecil dan merevisi desain dan memperbaiki usability begitu anda mengidentifikasinya Mendesain berulang-ulang adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. Semakin banyak versi dan antar muka yang anda uji pada pengguna semakin baik. ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

AI Modul-7 Usabilitas Web Uji pengguna berbeda dengan focus group, yang tidak sesuai untuk mengevaluasi desain usability Focus group mendapat tempatpada riset pasar,tapi untuk mengevaluasi desain interaksi anda harus mengobservasi secara dekat pengguna individual sewaktu mereka melakukan tugas dengan antarmuka pengguna. Mendengarkan apakata orang adalah salah arah:anda harus mengamati apa yang sedang mereka lakukan. ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

KAPAN BEKERJA PADA USABILITAS Usabilty memegang peranan pada setiap tahapan proses desain Tahapan utamanya sbb: Sebelum memullai desain baru, uji desain lama untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang baik yang akan anda pertahankan atau anda tekankan, dan bagian-bagian yang tidak bagus adalah yang mengganggu pengguna Kecuali anda bekerja untuk intranet, uji desain kompetitor anda untuk mendapatkan data murah dalam berbagai alternatif antarmuka yang memiliki fitur serupa dengan anda punya (Jika anda beekerja pada suatu intranet, baca panduan desain intranet untuk belejar dari desain lain) ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

KAPAN BEKERJA PADA USABILITAS Lakukan studi lapangan untuk melihat bagaimana para pengguna berperilaku pada habitat alami mereka Buat prototipe kertas untuk satu atau beberapa ide desain dan uji desain tersebut Perbaiki ide desain yang diuji berulang-ulang Periksa relatif desain untuk menghasilkan panduan usability baik dari studi anda sebelumnya tau dari penelitian yang dipublikasikan Ketika anda memutuskan untuk mengimplementasikan desain akhir, uji kembali ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

DIMANA MENGUJI USABILITAS Anda dapat menjalankan uji usabilitas satu pengguna setiap minggu, seperti bekerja pada lab Banyak organisasi melakukan uji dalam ruang konferensi atau di kantor sepanjang anda bisa menutup pintu agar tidak terjadi gangguan Yang penting, anda mendapatkan pengguna sesungguhnya dan duduk dengan mereka ketika mereka menggunakan disain anda. Anda hanya memerlukan notepad untuk mencatat ARS AI Modul-7 Usabilitas Web

AI Modul-7 Usabilitas Web TERIMA KASIH ARS AI Modul-7 Usabilitas Web