Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PRINSIP DESIGN IMK.
Advertisements

Dasar-dasar Web Design
Kriteria Sebuah Web Site yang Baik
Desain Web Nanik Triana, M.Kom
Report Project Pembuatan Web Site Dini Advertising Jogjakarta.
Latar Belakang Masalah
Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
Membangun sistem informasi berbasis
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
L. Erawan. Each Area Need Different Expertise Pakar Bisnis Pakar Komunikasi Pakar Pengalaman Pengguna.
Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial
Rekayasa Web 04. Kebutuhan Aplikasi Web
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
Prototype.
Protyping IMK-M5.
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
Konsep & Prinsip Analisis
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Mengelola isi halaman web
Desain permodelan grafis
INTERNET Internet adalah jaringan antara komputer di seluruh dunia.
HTML-LINK-LIST.
Usability: Disain Web yang Brilian
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Information Architecture web dasar Metode merancang situs web
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
Analisa Desain Sistem Informasi
KUALITAS APLIKASI WEB Siti asmiatun, m.kom.
WEBSITE PEMBUATAN for further detail, please visit
“ PEMBUATAN HOMEPAGE GROUP BAND Henny,
KONSEP DASAR DESAIN WEB
Desain Sistem Akuntansi
Pramita Firnanda 2 D3 Teknik Informatika A
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
Proses Design Interface (Perancangan Tampilan)
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Menguji Rancangan Antarmuka Pertemuan 4
Perancangan Multimedia Bertalya
Web-Based User Interface
Web-Based User Interface
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
Mobile Device User Interface
Mengelola isi halaman web
Website Panduan Dan Latihan English Grammar Septian Budi Praditya
PENGUJIAN SITUS WEB.
Membangun Web yang baik (lanjutan)
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
REKAYASA WEB Development Process
PUTRI ISMA OKTAWIANI ( )
Analisa Desain Sistem Informasi
Mengelola isi halaman web
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
ANALISA DAN PERANCANGAN
Search Engine & SEO (Search Engine Optimization)
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
MUHAMAD HENRICK CAHYANTO, ST SMAN 11 BANDUNG
MUHAMAD HENRICK CAHYANTO, ST SMAN 11 BANDUNG
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Roy Andika Sinulingga for further detail, please visit
UltraDev 4 Membuat Situs Web Green Day Dengan Macromedia Dreamweaver
MADRID DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR MX PROGRAM APLIKASI MULTIMEDIA CLUB SEPAK BOLA REAL for further detail, please visit
VISUAL BASIC .NET MEMBANGUN XML WEB SERVICES DENGAN MENGGUNAKAN
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer WEB USABILITY

TUJUAN mengetahui aspek-aspek Web usability berkaitan dengan desain dan penyajian isi kepada user serta kegunaan dan aksesbilitas dari informasi yang disajikan pada sebuah situs Web mampu merancang sebuah desain situs Web dengan memperhatikan aspek-aspek Web usability

PENDAHULUAN web usability berkaitan dengan desain dan penyajian isi kepada user serta memastikan kegunaan dan aksesbilitas dari informasi aspek web usability meliputi spesifikasi fungsional memahami fungsional dari situs web desain isi kualitas dan struktur informasi desain visual layout halaman web secara individu & penyajiannya

ASPEK USABILITY : Spesifikasi Fungsional definisikan situs web dengan jelas dari sisi apakah tujuan utama situs tersebut? menyediakan hiburan atau teknologi memberikan pelayanan sebagai sumber berita atau referensi bagi organisasi memberikan pelayanan sebagai media iklan atau alat pemasaran secara visual menyediakan dukungan yang bisa dipercaya kepada pelanggan

ASPEK USABILITY : Spesifikasi Fungsional definisikan situs web dengan jelas dari sisi mengapa situs tersebut dibutuhkan? sangat dibutuhkan sebagai salah satu sarana persaingan sebagai saluran informasi khususnya bagi intranet untuk siapa situs ditujukan? pengguna yang diharapkan

ASPEK USABILITY : Spesifikasi Fungsional menganalisa kelayakan dari penyelesaian/solusi mungkin tidak tepat atau tidak praktis untuk menyediakan solusi bagi aspek tertentu dari definisi permasalahan solusi masalah e-commerce untuk meningkatkan penjualan membutuhkan pertimbangan masalah perijinan pengiriman pesanan antar negara pajak bahasa nilai tukar mata uang, dll

ASPEK USABILITY : Spesifikasi Fungsional menganalisa kelayakan dari penyelesaian/solusi alasan-alasan yang mungkin untuk tidak memasukkan suatu fitur tidak diperlukan dalam relasi dengan tujuan situs secara keseluruhan secara teknis tidak layak menyoroti yang lain secara ekonomis tidak praktis harus secara signifikan meningkatkan project time-line meskipun fitur tersebut diinginkan tetapi implementasinya membuat arti lebih dalam iterasi berikutnya "feature not equal solution"

ASPEK USABILITY : Spesifikasi Fungsional putuskan apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak boleh dikerjakan oleh situs dan bagaimana hal itu harus dikerjakan berdasarkan kelayakan dari solusi ? ?

ASPEK USABILITY : Desain Isi desain informasi penstrukturan informasi dan navigasi melalui ruang dokumen desain informasi yang tepat adalah kunci dalam pengembangan situs web yang sukses jika situs memiliki isi dan antarmuka baik tetapi miskin asitektur informasi, maka situs relatif tidak berguna jika pengguna tidak dapat secara mudah menemukan informasi, maka situs akan kehilangan efektifitasnya

ASPEK USABILITY : Desain Isi model organisasi isi linier murni organisasi berurutan menyediakan perlakuan yang bisa diperkirakan slide show

ASPEK USABILITY : Desain Isi model organisasi isi linier dengan alternatif mensimulasikan sifat interaktif situs web quiz yang menampilkan jawaban ya atau tidak ke pemakai

ASPEK USABILITY : Desain Isi model organisasi isi hirarki campuran gabungan dari hiraki terbatas dan lebar situs web dengan pilihan utama dan secara simultan menyediakan kemampuan untuk melompat ke bagian terdalam dari situs

ASPEK USABILITY : Desain Isi model organisasi isi web murni memiliki struktur yang tidak terlihat dapat menjadi sulit untuk digunakan menyediakan perlakuan yang luas akan ekspresifitas

ASPEK USABILITY : Desain Isi berguna untuk memahami bagaimana informasi dikonsumsi pada layar atau tercetak ekspresifitas vs mudah diprediksi selama model linier mudah diprediksi maka akan menyediakan pandangan relasional yang terbatas

ASPEK USABILITY : Desain Isi

ASPEK USABILITY : Desain Isi penentuan struktur yang tepat struktur sebaiknya direncanakan dengan sesuai dan didokumentasikan dalam bentuk flowchart

ASPEK USABILITY : Desain Isi site map/peta situs mendedikasikan keseluruhan halaman ke visualisasi arsitektur informasi tujuannya untuk membantu pengguna memahami struktur dan organisasi situs web hanya lebih sedikit daripada setengah dari seluruh situs web yang dimiliki sekarang

ASPEK USABILITY : Desain Isi site map/peta situs permasalahan desain “a map should be a map, not a navigational challenge of its own.” (Jakob Nielsen) sederhana dan statis layout rapi dan menunjukkan link menampilkan segala sesuatu dalam satu pandangan (tidak lebih dari dua setengah kali ukuran window) lebih kalem dari homepage yang ramai

ASPEK USABILITY : Desain Isi site map/peta situs

ASPEK USABILITY : Desain Isi Desain Visual aturan dasar sederhana isi 50 % atau lebih (disarankan 80%) navigasi kurang dari 20 % gunakan white space dengan hemat untuk membantu pengguna memahami pengelompokan informasi

ASPEK USABILITY : Desain Visual kemudahan untuk dibaca gunakan warna dengan kontras tinggi diantara teks dan latar belakang contoh kontras rendah : pepsi gunakan salah satu latar belakang dengan warna jelas atau pattern latar belakang yang halus contoh latar belakang jelek : pepsi buatlah teks tetap tenang ’tenang’ hampir semua teks sebaiknya diatur untuk rata kiri

ASPEK USABILITY : Desain Visual navigasi tempatkan menu atau link yang berhubungan di bagian atas halaman agar tetap terlihat meski download tidak lengkap beri warna pada link gunakan kode warna yang sama untuk seluruh situs mengijinkan pengguna untuk melihat dengan jelas bagian situs mana yang dikunjungi dan sisa yang akan dijelajahi

ASPEK USABILITY : Desain Visual cross-platform design desain untuk kebebasan berpindah letakkan menu di setiap halaman untuk menyediakan konteks dan navigasi bagi pengguna yang ingin menuju langsung ke halaman internal fasilitas kembali ke home dan ke atas desain halaman tunggal yang bekerja dengan seluruh peralatan display yang berbeda

ASPEK USABILITY : Desain Visual cross-platform design jika tidak tentukan halaman yang memungkinkan browser untuk mengoptimalkan display bagi masing-masing keadaan pengguna pisahkan arti dan penyajian gunakan style sheet untuk menspesifikasikan penyajian

ASPEK USABILITY : Desain Visual pelajarilah dengan cermat pengaruh yang kuat dari teknologi web baru pada user sebelum menggunakan versi baru html, plug-ins, format data baru, fitur browser spesifik berikan pilihan kepada pengguna untuk memilih versi biasa atau frame berikan pilihan kepada pengguna untuk memilih versi antarmuka grafis atau tektual

ASPEK USABILITY : Desain Visual desain yang independent terhadap resolusi sediakan versi cetak secara terpisah untuk setiap dokumen yang panjang usahakan proses download dan koneksi cepat gunakan gambar yang interlaced pecah ukuran gambar menjadi potongan-potongan yang lebih kecil jangan terlalu banyak menggunakan elemen multimedia

ASPEK USABILITY : Desain Visual Good Design

ASPEK USABILITY : Desain Visual Good Design

ASPEK USABILITY : Desain Visual Bad Design

Bad Design

Good or Bad Design

Terima kasih