Penggalian Kebutuhan; Modul Elisitasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pelatihan Sikda GENERIK
Advertisements

STUDI KASUS PROSES BISNIS OPERASI
Analisis & Informasi Proses Bisnis (CSA221)
Ana Kurniawati ANALISIS SISTEM Ana Kurniawati
Siklus Pendapatan: Penjualan dan Penagihan Kas
©Ayi Purbasari, S.T., /2008 Materi 3 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., /2008.
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak (software requirement analysis)
Perancangan Sistem Informasi Terstruktur (3 SKS)
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Penjelasan Tugas Kelompok Proyek Perangkat Lunak
Kebutuhan Fungsional & Kebutuhan Antarmuka
SISTEM BISNIS ELEKTRONIK
C Diagram Aliran Data Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan MI1042 – RPL | Genap : Hanya untuk kepentingan pengajaran di.
Perancangan Sistem Informasi
Analisis Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Noisy Studio Prepared by : Sri Wahyuni Usfita Kiftiyani
NERACA SALDO.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA SYSCOM DATA
LATIHAN DOKUMEN Kebutuhan PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PADA MOVE ON EVENT ORGANIZER
RECEIVE PAYMENT Pertemuan 05 Mata kuliah : F0632 / Accounting Software Packages Tahun : 2008.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
Disajikan untuk Lingkungan FIT Dosen : Ferra Arik Tridalestari., M.T.
Unified Model Process; Modul Inception
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi Akuntansi & Keuangan** (AK )
Building the Requirements Model
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Membangun Model Kebutuhan
Pengenalan Analisa Desain
APLIKASI AKUNTANSI ACCURATE
Pengenalan UML.
RPL & Analisis Sistem Oleh : Tim Pembina MK Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Kebutuhan Software
Pertemuan 4 Use Case Diagram.
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
Building the Requirements Model
Pertemuan 20 Use Case Diagram
Matakuliah : D0584/Analisis Sistem Informasi
Sistem informasi penjualan buku di toko buku family
Rekayasa Perangkat Lunak
Building the Requirements Model
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
ANALISA DAN PERANCANGAN
Building the Requirements Model
SISTEM INFORMASI PENATAUSAHAAN DAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL (SIBAKU)
SEMINAR SKRIPSI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEHNIK DAN ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI PENJUALAN AIR MINERAL PADA CV. KURNIA KANAAN
Program studi sistem informasi Fakultas teknik dan ilmu komputer
PERANCANGAN APLIKASI E-RENTAL BERBASIS MOBILE ANDROID
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB PADA
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
PENGENALAN PEMROSESAN TRANSAKSI
SISTEM INFORMASI PEMBELIAN, PENJUALAN DAN MANUFAKTUR PADA HOME INDUSTRI CEMPAKA Tisna Aditya PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK.
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA 2012
Oleh : Eko Wiliyanto PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PADA KOPRASI KARYAWAN BINA CIPTA
Studi Kasus Penjualan Online
Teknik merancang Questioner dalam analisis kebutuhan PL
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
Proses Rekayasa Kebutuhan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI V
IMPLEMENTASI APLIKASI SMART RESTORAN BERBASIS ANDROID
SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN BARANG TOKO GEMPITA TECHNOLOGIES Skripsi Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada jurusan Manajemen Informatika.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN
Transcript presentasi:

Penggalian Kebutuhan; Modul Elisitasi Oleh : Tim Pembina MK Rekayasa Perangkat Lunak Program Studi Manajemen informatika Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom MI1042 – RPL | Genap 2015-2016 .: Hanya untuk kepentingan pengajaran di lingkungan Fakultas Ilmu Terapan – Universitas Telkom:.

Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan Kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan klien(pelanggan), pengguna sistem, Atau pihak lain yang berkepentingan dalam pengembangan sistem (Sommerville and sawyer, 2007) Definisi Elisitasi

Mengetahui masalah apa saja yang perlu dipecahkan dan mengenali batasan-batasan Sistem Mengenali siapa saja para stakeholder (pengguna) Tujuan Elisitasi

Dalam tahap ini hal yang penting diperlukan adalah Penentuan kebutuhan Fungsional dan non Fungsional Penentuan kebutuhan antar muka

Pernyataan layanan sistem yang harus disediakan, bagaimana sistem beraksi pada input tertentu dan bagaimana perilaku sistem pada situasi tertentu Definisi Kebutuhan Fungsional

Contoh Saat melakukan pengidentifikasian kebutuhan pemakai, informasi yang diperoleh masih belum terstruktur. Biasanya pemakai akan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan bahasa sehari-hari yang biasa mereka gunakan. Sebagai contoh, ungkapan kebutuhan pemakai di bagian akutansi. saya ingin data yang dimasukkan oleh bagian penjualan bisa langsung dijurnal. Informasi neraca keuangan bisa saya lihat kapan saja.

Entri dan rekam data transaksi penjualan. Contoh lanjutan Kebutuhan “data yang dimasukkan oleh bagian penjualan bisa langsung dijurnal” setelah dianalisis, diklasifikasikan dan diterjemahkan, dapat menghasilkan pendefinisian kebutuhan fungsional sebagai berikut. Entri dan rekam data transaksi penjualan. Retrieve data transaksi penjualan untuk periode tertentu (periode sesuai dengan inputan periode yang diinputkan pada keyboard). Rekam data akumulasi transaksi penjualan periode tertentu ke jurnal umum berikut account pasangannya (kas).

Definisi Kebutuhan Non Fungsional Batasan layanan atau fungsi yang ditawarkan sistem seperti batasan waktu, batasan pengembangan proses, instalasi jaringan pendukung, sistem operasi pendukung dan sebagainya Definisi Kebutuhan Non Fungsional

Contoh, Proses jurnal hanya bisa dilakukan sekali setelah data transaksi penjualan direkam. Adanya otoritas pemakaian perangkat lunak dan akses data sesuai dengan bagian pekerjaan masing-masing. Aplikasi (perangkat lunak) hanya dapat bekerja dengan baik ketika digunakan 10 pengguna, lebih dari itu akan lambat. Dan sebagainya

(masih menggunakan kasus yang sama pada slide sebelumnya) SIMULASI (masih menggunakan kasus yang sama pada slide sebelumnya)

Pendefinisian Aktor No Aktor Deskripsi 1. Pemilik Orang yang bertugas dan memiliki hak akses untuk melakukan operasi pencatatan data pesanan, membuat status pengerjaan pesanan, melihat data pesanan, dan approval data pesanan 2. Pelanggan Pelanggan adalah orang yang diperbolehkan melakukan pemesanan makanan sesuai dengan hak aksesnya untuk melihat daftar menu makanan, melihat status pengerjaan, melihat status approval, dan melakukan pesanan makanan 3. Kasir Kasir adalah orang yang bertugas dan memiliki akses untuk melakukan mencatat pesanan dan melihat data pesanan yang ada di website, serta dapat mengelola daftar menu makan dan data pelanggan Pendefinisian Aktor

Tips menentukan kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional Untuk menentukan kebutuhan fungsional, pengembang perlu melihat Proses Bisnis yang telah diusulkan dalam pembangunan aplikasi sedangkan untuk menentukan kebutuhan non fungsional dapat memperhatikan kebutuhan sistem secara general dan batasan sistem yang akan digunakan. Tips menentukan kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional

Fungsional No Sistem (aplikasi) dapat Aktor terkait 1 Melihat menu makanan Pelanggan 2 Melakukan Pesanan 3 Aprroval Pesanan Pemilik 4 Mencatat Pesanan Pemilik, Kasir 5 Melihat status Approval 6 Melihat Data Pesanan 7 Membuat status pengerjaan Pesanan 8 Melihat Status Pekerjaan 9 Melihat Bill Pembayaran 10 Mencetak Bill 11 Mengelola Data Pelanggan 12 Mengelola Data menu makanan Non Fungsional Memperlihatkan tampilan yang menarik dan User Friendly Menentukan otoritas pemakaian aplikasi dan akses data sesuai dengan pekerjaan masing-masing(Pemilik, Kasir, Pelanggan). Pelanggan dapat melakukan pemesanan berulang walaupun pesanan sebelumnya belum selesai Dan sebagainya

Kebutuhan Fungsional tersebut sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, akan digunakan ketika melakukan desain dalam bentuk Use case Namun untuk mengetahui bagaimana merancang usecase, akan anda pelajari nanti ketika mengambil mata Kuliah Analisis Perancangan dan Sistem Informasi (APSI) di semester III

Gambaran Fungsional dalam APSI