Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
D3-Manajemen Informatika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala Friday 9 th, 2012 Razief Perucha Fauzie.
Advertisements

PRINSIP DESIGN IMK.
Presentasi Seni Budaya
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
TUGAS PRESENTASI KELOMPOK 8 DESAIN ART & CRAFTS
METODOLOGI PENCIPTAAN SENI RUPA
Tugas Aplkom ALIF ORLEN Arsitektur A
PERKEMBANGAN HURUF (TIPOGRAFI)
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house)
Program : IPA/IPS/Bahasa
modern&postmo - joice cs
SEJARAH SENI RUPA TOPIK 8 SENI RUPA MODERN SUREALISME, EKLEKTISISME, POP ART, OPTIC ART, POSMO ART, ENVIRONTMENT ART, INSTALATION ART TUJUAN INSTRUKSIONAL.
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Metode Penciptaan Seni
MK. Grafis Industri.
PENGANTAR DKV Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS Dosen : 5737 – Teguh Imanto
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Evaluasi Materi Sejarah & Perkembangan Seni Rupa Pertemuan 13
DESAIN ERA AMERICA VICTORIAN ART TINJAUAN DESAIN A c1
Gaya Seni Rupa Indonesia Modern Pertemuan 10
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4
PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10
Seni Rococo, Neoklasisme & Romantisisme>> Pertemuan 11
PERIODE ABAD 20 : POST MODERN Pertemuan 13
Desain Grafis Revolusi Industri Pertemuan 8-9
SENI ABAD 20 KUBISME , FUTURISME Pertemuan 6
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 11 MODEL TINJAUAN SIMIOTIKA
Komunikasi Visual Periklanan
Oleh : Eka Priambodo, SH., MH. ADVOKAT ekapriambodo.blogspot.com .: 1/8/2016 hak cipta Eka Priambodo1.
Perkembangan Desain Modern
Prinsip Dasar Desain Web
Matakuliah : U0072|Sejarah Seni Rupa Barat Tahun : 2005 Versi : 1
Sejarah layout Desain dan layout yang kita lihat dimasa kini sebenarnya Adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti.
Dimulai di Berlin sebagai pusat komersial.
Periode Pra Modern Bagian I Oleh rudi irawanto SLIDE 4.
PERKEMBANGAN DKV Pertemuan ke-3.
KOMUNIKASI VISUAL Kode : IKL 217 Bobot : 3 SKS
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
MK. TINJAUAN DESAIN Tujuan Instruksional Umum:
FENOMENA MENJELANG MODERNISME DESAIN 1.Ekspresionisme
ABAD PERTENGAHAN.
TINJAUAN DESAIN Oleh: Olih solihat Karso ISI Denpasar.
De Stijl (1917) Muncul di Belanda. Gerakan ini bertujuan memunculkan kaidah estetika bercitra baru pada kehidupan modern. Pencetus: Theo van Doesburg,
Public Visual Art InDonesia
ABAD PERTENGAHAN.
Desain Komunikasi Visual UDINUS
GAYA DESAIN by DANIAR WIKAN
GAYA DESAIN Pertemuan ke-4.
ESTETIKA DESAIN GRAFIS
KOMUNIKASI VISUAL MASA PRASEJARAH
PENGERTIAN SEJARAH.
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
PERIODE ABAD 19 : ARTS & CRAFTS Pertemuan 8
EVOLUSI TULISAN.
MK. Grafis Industri.
Seni Rupa Abad XIX Pertemuan 10
RENAISANS EROPA Oleh rudi irawanto SLIDE 6.
MODEL TINJAUAN HISTORIS
PERTEMUAN 3 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
Komunikasi Visual Periklanan
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
Form Follow Meaning.
PERTEMUAN 4 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Subang University 1 Matakuliah: AR ARSITEKTUR MODERN Tahun:
KELAS XI MULTIMEDIA SMT. 1 SMK KARYA SEMBAWA BANYUASIN 20 Oktober 2014.
CATATAN PENGANTAR MENJADI PENULIS HANDAL (ANTARA MOTIVASI DAN AMBISI)
GAYA DESAIN.
MENGGAMBAR POSTER. KONSEP MENGGAMBAR POSTER BAHAN DAN TEKNIK MENGGAMBAR POSTER KOMPOSISI GAMBAR POSTER GAMBAR HURUF PROSEDUR MENGGAMBAR POSTER.
Transcript presentasi:

Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan. SEJARAH DESAIN GRAFIS Masa Prasejarah (Adanya berbagai artefak purbakala yang menunjukkan manusia sudah berkomunikasi secara visual, seperti yang terlihat di situs Lascaux, Prancis. Situs ini diperkirakan berasal dari tahun 13.000-15.000 SM) Masa Sejarah Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.

Karya desain grafis mulai tampak pada Book of Kells, Kitab Injil yang dibuat oleh Pendeta Celtic sekitar 800 M. Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (1398– 3 Peb 1468), menemukan mesin cetak. Karyanya Gutenberg Bibel (Injil 42 baris).

Perkembangan Desain Modern Masa Protomodernisme: terjadi awal abad 20. Berkembang karya desain yang sudah secara total dapat melepaskan diri dari pola pikir abad 19 namun gejalanya masih lokal. Masa Modernisme ditandai dengan terbentuknya kelompok seniman yang bergabung dengan nama “de Styl” (The Style). Masa “Bauhaus” dimana tumbuh benih-benih ide yang kemudian akan berpengaruh pada era pasca 1945

Victorian (1819-1901) Pada era ini masyarakat Eropa mempercayai kekuatan moral dan agama. Mengagung-agungkan gaya Gotik, gaya Yunani Kuno dan eklektisisme.

Art and Craft Movement (1849) Digagas oleh dan John Ruskin & William Morris. Mencela keberadaan industri-industri sebagai penyebab kehancuran nilai-nilai kemanusiaan. Desain didominasi oleh ornamen-ornamen yang rumit

Art Nouveau (1890-1910) Mashab desain yang meninggalkan cara pikir eklektis. Tetapi sikapnya masih ambivalen, disatu sisi masih terikat pada tematik yang letaknya diluar kaidah desain (bentuk vegetatif, sensual, bertolak dari alam, dramatis, romantis, dll), sisi lain sudah tidak mau terikat pada norma-norma yang bertolak dari peniruan gaya periode tertentu. Ciri-ciri visual menggunakan garis-garis organis yang terinspirasi oleh bentuk tumbuhan. Karya yang dihasilkan cenderung bersifat rasional, menerapkan standarisasi, fungsional, sesuai dengan material dan dapat mengekspresikan proses masinal dalam proses manufakturnya. Tetapi pada akhirnya arah Art Nouveau menjadikan ornamen sebagai tujuan akhir desainnya. Kondisi ini dikritik oleh Walter Crane. Adolf Loos (1908) menunjukkan sikap anti ornamen dengan menyatakan “ Ornamen is Crime”. Di Austria dan Jerman muncul Jugenstil. Henry van Velde berupaya mengharmoniskan industri dengan seni.

Plakatstil (Berliner Plakat) 1900-1930 Dimulai di Berlin sebagai pusat komersial. Karya-karya berbentuk poster. Merupakan bentuk kolaborasi antara seniman dan pedagang Ciri-ciri visual menampilkan satu image produk dan tulisan yang dengan huruf yang bold

Ekspresionis (1905-1922) Muncul di Jerman. Kelompok yang berpengaruh adalah Die Brucke (The Bridge) Karya ekspresionis menggunakan warna-warna yang terang, kontras. Objek dideformasi, banyak dipengaruhi gaya karikatur. Tema-temanya kritik sosial, politik, agitasi dan memperlihatkan nasionalisme yang kuat. Media yang digunakan adalah poster

Futurisme (1909-1922) Muncul di Italia. Pencetusnya Fillipo Marinetti, seorang sastrawan. Manifestasinya menyuarakan antusiasme tinggi terhadap perang, era mesin, kecepatan dan kehidupan modern. Ciri visualnya komposisi tipografi yang bebas -“free typography”, garis tidak linear, pictorial yang dinamis.