TEKNIK EVALUASI
MENGEVALUASI PENGUJIAN KEGUNAAN & FUNGSI DARI SISTEM INTERAKTIF
EVALUASI DAPAT DILAKUKAN LABORATORIUM LAPANGAN PEKERJAAN KERJA SAMA DENGAN USER
PENDEKATAN PERANCANGAN EVALUASI METODE ANALITIK METODE REVIEW METODE MODEL DASAR
PENDEKATAN EVALUASI YANG TELAH DITERAPKAN METODE EXPERIMENTAL METODE OBSERVASI METODE QUERY
METODE EVALUASI DIPILIH SECARA CERMAT DAN HARUS COCOK DENGAN PEKERJAAN
EVALUASI EVALUASI DIGUNAKAN UNTU MELIHAT APAKAH HASIL RANCANGAN DENGAN PROSES UJI COBA SISTEM YANG TELAH DIBUAT SESUAI DENGAN PERMINTAAN PROSES INI TIDAK DIKERJAKAN DALAM 1 FASE PROSES PERANCANGAN TETAPI MELALUI PERANCANGAN DENGAN PRINSIP LIFE CYCLE
TUJUAN EVALUASI MELIHAT SEBERAPA JAUH SISTEM BERFUNGSI EFEK SUATU INTERFACE KE PENGGUNA PROBLEM YANG TERJADI PADA SISTEM
JENIS-JENIS EVALUASI KONDISI PERCOBAAN LABORATORIUM YANG BAGUS BIASANYA MEMILIKI FASILITAS PEREKAMAN AUDIO/VISUAL YANG BAIK, KOMPUTER BESERTA PERLENGKAPANNYA YANG MUNGKIN TIDAK ADA PADA LOKASI KERJA SEBENARNYA OPERATOR BEBAS DARI GANGGUAN YANG MENGHAMBAT PEKERJAAN SISTEM YANG AKAN DIGUNAKAN DITEMPATKAN PADA LOKASI YANG BERBAHAYA ATAU LOKASI YANG TERPENCIL, CONTOH STASIUN RUANG ANGKASA. DAPAT MEMANIPULASI SITUASI UNTUK MEMECAHKAN MASALAH DAN MELIHAT SEDIKIT PENGGUNAAN PROSEDUR ATAU MEMBANDINGKAN BEBERAPA ALTERNATIF PERANCANGAN DENGAN SITUASI YANG SEBENARNYA SITUASI PADA LABORATORIUM TIDAK DAPAT MEGGAMBARKAN SITUASI RUANG KERJA SEBENARNYA DAN TERDAPAT BEBERAPA ORANG YANG TIDAK BISA BEKERJA PADA KONDISI DI LABORATORIUM
JENIS-JENIS EVALUASI KONDISI LOKASI KERJA SEBENARNYA TINGKAT GANGGUAN YANG MELEBIHI AMBANG BATAS, TINGKAT-TINGKAT PERGERAKAN YANG BESAR DAN INTERUPSI YANG TETAP
JENIS-JENIS EVALUASI Participatory design Suatu pemikiran yang melibatkan keseluruhan alur perancangan dan tidak hanya proses evalasi saja Perancangan yang dilakukan pada ruang kerja yang melibatkan pengguna yang tidak hanya digunakan sebagai subyek percobaab tetapi juga sebagai anggota yan aktif dalam team perancangan
karakteristik Meningkatkan lingkungan kerja Mempunyai sifat kerja sama (pengguna dilibatkan pada setiap tingkat perancangan) Mempunyai pendekatan iterative, perancangan adalah suatu subyek untuk evaluasi dan revisi pada setiap tingkatan
Metode komunikasi user-designer Brainstorming Storyboarding Workshops Pensil dan kertas percobaan
Evaluasi Perancangan Cognitive Walkthrough Usaha yang dilakukan untuk mengenalkan teori psikologi kedalam bentuk informasi dan subyektif (mengevaluasi perancangan dengan melihat seberapa besar dukungan yang diberikan ke pengguna untuk mempelajari beberapa tugas yang diberikan
Informasi dibutuhkan Deskripsi dari interface Deskripsi tugas / usaha yang benar untuk melakukannya
Evaluasi Perancangan Heuristic Evaluation cognitive walkthrough lebih terstruktur
KARAKTERISTIK HEURISTIC EVALUATION Perilaku Sistem dapat dipastikan Perilaku sistem konsisten Kemampuan memori user tidak melebihi batas Dialog merupakan orientasi tugas
TUJUAN HEURISTIC EVALUTION ORANG YANG MELAKUKAN EVALUASI MELALUI SERANGKAIAN TUGAS DENGAN PERANCANGAN DAN PENILAIANNYA SESUAI DENGAN KRITERIA TIAP TINGKATAN, KESALAHAN TERDETEKSI SEBELUM TINGKAT IMPLEMENTASI
EVALUASI EKSPERIMEN SUBYEK PEMILIHAN SUBYEK PENTING DALAM EKSPERIMEN HARUS SESUAI KEINGINAN USER JIKA SUBYEK BUKAN USER SEBENARNYA SUBYEK YANG DIPILIH HARUS SAMA USIA & TINGKATAN PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGGUNAKAN KOMPUTER
EVALUASI EKSPERIMEN VARIABEL INDEPENDENT VARIABEL DEPENDENT VARIABEL VARIABEL YANG DAPAT DIUKUR DALAM EKSPERIMEN
EVALUASI EKSPERIMEN HYPOTHESIS PREDIKSI YANG DIHASILKAN DALAM EKSPERIMEN
DESIGN V.S. IMPLEMENTATION EVALUASI TINGKAT PERANCANGAN AHLI TINGKAT IMPLEMENTASI MEMBAWA USER SEBAGAI SUBYEK DARI EKSPERIMEN
LABORATORY V.S FIELD STUDIES LABORATORIUM TINGKAT AWAL FIELD STUDIES TINGKAT IMPLEMENTASI
KETERSEDIAAN INFORMASI TINGKATAN INFORMASI YANG TERSEDIA UNTUK EVALUATOR PADA TIAP TINGKAT PROSES PERANCANGAN DIMULAI PADA INFORMASI YANG RENDAH SAMPAI DENGAN TINGKATAN YANG TINGGI
KESIAPAN SUATU TINDAKAN KESIAPAN MENGAMBIL TINDAKAN YANG TERSEDIA YANG TERSEDIA. - THINK ALOUD MEREKAM PERILAKU USER SAAT INTERAKSI - POST TASK WALKTHROUGH PENGUMPULAN KEMBALI KEGIATAN USER