Teknik Pencarian (Searching) Sistem Berbasis Pengetahuan
Searching sebagai Teknik Pemecahan Masalah Teknik Searching terbagi menjadi 2, yaitu : Pencarian buta (blind search) Pencarian terbimbing (heuristic search) Untuk mengukur performa metode pencarian, terdapat 4 kriteria yang dapat dilakukan, yaitu : Completeness Time Complexity Space Complexity Optimality
Pencarian Heuristic Teknik pencarian heuristic merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian secara selektif dan dapat memandu proses pencarian yang kemungkinan sukses paling besar, namun dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness)
Fungsi Heuristic Fungsi heuristic adalah aturan-aturan yang digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan Pencarian heuristic terdiri dari : Generate And Test (Pembangkitan dan Pengujian) Hill Climbing Simple hill climbing Steepest-Ascent Hill Climbing Best First Search Algoritma A* Simulated Annelaing
Generate And Test Algoritma Generate and Test (GT) Bangkitkan sebuah solusi yang mungkin. Solusi bisa berupa suatu keadaan (state) tertentu, seperti pada contoh kasus petani, sayuran, kambing, serigala. Tes apakah solusi yang dibangkitkan tersebut adalah sebuah solusi yang bisa diterima sesuai dengan kriteria yang diberikan. Jika solusi telah ditemukan, keluar. Jika belum, kembali ke langkah 1.
Hill Climbing Metode ini berbeda dengan GT. Yaitu terletak pada umpan balik prosedur pengujian yang dilakukan untuk membantu menentukan solusi yang bisa langsung dihilangkan dalam ruang pencarian. Oleh karena itu pembangkit keadaan berikutnya sangat tergantung pada umpan balik dari prosedur pengetesan
Best First Search Best first search memilih simpul baru yang memiliki biaya terkecil dari simpul-simpul pada level terdalamyang pernah dibangkitkan. Dengan demikian, algoritma adalah sebagai berikut : Buat sebuah stack, inisialisasi node akar sebagai node pertama Bila node pertama ≠ GOAL, node dihapus dan diganti dengan anak-anaknya Selanjutnya, keseluruhan node yang ada di stack di-sort ascending berdasarkan heuristic yang digunakan. Bila node pertama ≠GOAL, ulangi. Bila node pertama = GOAL, cari solusi dengan cara menelusuri jalur dari goal ke node akar Selesai
Contoh BEST FIRST SEARCH 1 3 K 4 J 4 D G 7 A 4 2 6 E 6 5 Z H 8 3 C F I 2 4
Referensi Buku T. Sutojo, Edy Mulyanto, Vincent Suhartono. “Kecerdasan Buatan”. Penerbit ANDI. Yogyakarta : 2011 Suyanto. “Artificial Intelligent”. Penerbit INFORMATIKA, Bandung : 2014