Pemrograman Visual I Outline: Profil Kontrak Perkuliahan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sekilas Tentang Visual Basic .NET
Advertisements

PENGANTAR VB.NET.
Rully Yulian MF MCAD,MCPD,MCT,MVP VB.NET Independent IT Trainer – Application Developer
APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN - D Minggu 1. Kata “ Visual ” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical.
Oleh Ardian M. Prastiawan 9/12/2014 2:00:42 PM1. Materi 9/12/2014 2:00:42 PM2 1. Mangenal Delphi – 2 x Pertemuan 2. Mengenal IDE – 3 x Pertemuan 3. Object.
Oleh: Ali Ridho Barakbah
Pengantar Teknologi Informasi
PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI)
Pemograman 1 Pertemuan 1.
Pengenalan .NET Framework
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
PEMROGRAMAN CLIENT / SERVER (PERTEMUAN I)
Pendahuluan Tentang .Net
Object Oriented Programming (OOP)
RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27
MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Web Service.
Wahyu Herlambang ( ) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar 2012 Wahyu Herlambang ( ) Pendidikan Teknik.
PRAKTIKUM SISTEM OPERASI
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
PENGENALAN FRAMEWORK .NET DAN C#
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
IT210 - Pemrograman Visual Ramos Somya.  Framework.NET merupakan suatu komponen Windows yang terintegrasi dan dibuat agar dapat menjalankan berbagai.
MEMBUAT REPORT DAN FILE HELP PADA VB.NET
PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Pemrograman Platform Khusus
Kontrak Perkuliahan Metodologi Desain
PENGENALAN JAVA.
Pengantar Web Service Teguh S.
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Algoritma & Pemrograman 1
ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI
Konsep Dasar Python Pada awalnya merupakan bahasa tingkat tingi pada sistem operasi terdistribusi Amoeba. OS terdistribusi adalah Sistem operasi terdistribusi.
Pemrograman Platform Khusus
Pengenalan Java.
Dasar Komputer dan Pemrograman 2B Latifaturrachmaniah
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Visual Studio 2008 Merupakan perangkat lunak yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat beberapa perangkat lunak untuk pengembang ( Programmer ), antara lain.
Pengantar Web Service Teguh S.
Pemrograman berorientasi objek
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 B
Blog : muningmini.wordpress.com
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI)
Pertemuan I (Pendahuluan VB.NET) Pemrograman Visual II
PENGANTAR PEMROGRAMANN WEB
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pemrograman Visual I D3 Manajemen Informatika
JAVA.
Pengenalan Java.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pengantar Teknologi Informasi
Pengenalan Java.
Pengenalan Java.
Pemrograman C (IN124C) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
Pengantar Teknologi Informasi
PENGANTAR VB.NET.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Pemrograman C (IN124C) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
Dasar Pemrograman Pengenalan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Algoritma dan Dasar Pemprograman
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Transcript presentasi:

Pemrograman Visual I Outline: Profil Kontrak Perkuliahan Aturan Perkuliahan Sistem Perkuliahan Materi Pengantar Pemrograman Visual I

Profil Nama : Yuli Purwati, M.Kom. No. WA : 0857 2601 2013 E-mail : y.purwati@gmail.com Alamat : Perum Puri Kencana No. C6 Cibeurem, Sumbang Bidang Ilmu : Sofware Engineering and Database Programming Pendidikan : - S1 Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto (2006-2010) - S2 Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta (2011-2013)

Kontrak Perkuliahan Presensi : 10% Tugas dan Latihan : 15% Quiz : 15% UTS : 20% UAS : 20% Tugas Akhir : 20%

Aturan Perkuliahan Sebisa mungkin tugas dan latihan individu dikerjakan sendiri, tidak copy paste pekerjaan orang lain Penilaian tugas, latihan dan quiz bersifat relatif. Benar namun jika terindikasi plagiat maka nilainya dikurangi. Lebih baik Anda mengerjakan dengan kemampuan sendiri untuk mengukur, melatih dan mengembangkan skill programming Anda Tidak diperkenankan memakai kaos oblong dan sandal saat perkuliahan teori maupun praktikum Jika berhalangan mengikuti perkuliahan karena sakit atau izin silahkan berikan surat keterangan resmi (tidak melalui SMS/WA)

Aturan Perkuliahan Mahasiswa minimal hadir 4x dari 6x pertemuan, sebelum dan sesudah UTS, baik teori maupun praktikum. Jika jml kehadiran <4 maka tidak dapat mengikuti UTS atau UAS. Sekalipun Anda diperbolehkan ikut oleh kampus, maka dosen tidak akan memeriksa hasil ujian Anda Jika berhalangan UTS/UAS maka diperkenankan ikut ujian susulan. Jika tidak mengikuti ujian susulan, maka dosen tidak menyediakan tugas atau apapun sebagai pengganti nilai ujian Dosen tidak akan merespon pertanyaan tentang tugas/materi melalui telepon/SMS/WA. Tanyakan secara langsung jika ada tugas/materi yang tidak dipahami pada saat dosen dikampus.

Sistem Perkuliahan Dosen menyampaikan Pengantar (Teori ) Praktek dan pembahasan - Contoh Code : Mahasiswa Mengetik ulang - Latihan Tahap 1 : Melengkapi Code yang tidak lengkap - Latihan Tahap 2 : Membuat Code berdasarkan output program Seluruh informasi perkuliahan, materi dan modul praktikum akan dishare di web Amikom

Materi Pengantar Belajar bahasa pemrograman vs belajar pemrograman ??? Wajibnya skill coding bagi mahasiswa komputer Ragam Bahasa Pemrograman Langkah menjadi Programmer!! Pengenalan .Net framework Mengenal Visual studio .Net

Wajibnya Skill Coding Bagi Mahasiswa Komputer

Ragam Bahasa Pemrograman Berdasarkan Metode Pemrograman terstruktur Pemrograman berorientasi objek Berdasarkan Platform Pemrograman desktop Pemrograman web Pemrograman mobile

Langkah Menjadi Programmer Latihan, latihan dan latihan (“bisa karena terbiasa”) Cari sumber-sumber untuk belajar (“Browsing for learning”) Mulai dari yang sederhana Buat kreatifitas imaginatif Coba implementasikan di kehidupan nyata Istiqomah

Pengenalan .Net .Net adalah sebuah teknologi yang diciptakan oleh Microsoft untuk mengembangkan program-program yang berorientasi objek Teknologi .Net memungkinkan para developer mengembangkan software berupa aplikasi windows biasa ataupun aplikasi internet yang dapat dijalankan melalui internet, jaringan komputer, handphone, dll Teknologi .Net menyediakan berbagai macam library, modul- modul yang sangat memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi Teknologi .Net mempunyai empat komponen utama yaitu .Net framework, .Net Building Block Service, Visual Studio .Net, dan .Net Enterprise Server

Keistimewaan .Net Programmer dapat berpindah dari teknologi lama ke teknologi .NET dengan mudah karena adanya kompabilitas .NET dengan teknologi lama (misalnya Migrasi dari VB 6 ke VB.NET) Dapat membuat interaksi antarprogram walaupun dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbeda Dukungan penuh terhadap pengembangan aplikasi internet, seperti teknologi HTML, XML, SOAP, dan HTTP Mendukung banyak bahasa pemrograman, diantaranya Visual C++, C#, Visual Basic, dan java

.Net Framework Infrastruktur yang digunakan untuk membuat aplikasi dalam lingkungan dan device yang beragam. Menyediakan model pemrogramman OOP yang konsisten untuk semua aplikasi Digunakan oleh multi bahasa (VB.NET, C#, C++.NET) dan third party language (Deplhi.NET, Cobol.NET) Menyediakan Lingkungan Eksekusi yang Type-Safe, contoh : Buffer Overflow. Versi .NET Framework : - .NET 1.0, .NET 1.1, .NET 2.0, .NET 3.0, .NET 3.5

Arsitektur .Net Framework Framework .NET terdiri dari dua buah komponen utama, yaitu Common Language Runtime (CLR) dan .NET Framework Class Library atau biasa disebut Base Class Library (BCL)

Arsitektur .Net Framework Common Language Runtime (CLR) berfungsi untuk menjalankan program yang masih berbentuk intermediate code/bahasa mesin “setengah jadi”. Untuk itu CLR melalui salah satu bagiannya yaitu JIT compiler akan mengubah intermediate code menjadi bahasa mesin yang sesuai dengan sistem operasi yang berjalan. Proses lain yang dapat dilakukan CLR adalah manajemen memori, manajemen thread, penanganan exception, penangan keamanan program, dll. Base Class Library (BCL) adalah kumpulan class dan struktur yang dapat digunakan oleh programmer dalam pembuatan aplikasi.

Common Language Runtime (CLR)

Arsitektur .Net Framework Common Type System (CTS) adalah sekumpulan spesifikasi untuk menentukan tipe data standar yang dapat dimengerti oleh IL. Semua bahasa pemrograman yang ada dalam .Net harus memetakan tipe data standarnya ke CTS. Hal ini mempermudah komunikasi antar dua program atau lebih Garbage Collection (GC) yaitu pengumpul data-data yang sudah tidak terpakai lagi oleh program dan membersihkan memori dari data-data tersebut. Hasilnya adalah program jadi lebih efisien dalam menggunakan memori.

Prinsip Kerja .Net Framework

Compiler Compiler adalah sebuah program aplikasi yang bertujuan untuk mengubah suatu program menjadi bahasa mesin. Pada sistem opersi windows, program dalam bahasa mesin ini biasanya mempunyai extensi file .exe Hanya program yang tersimpan dalam bahasa mesinlah yang dapat dijalankan oleh komputer

Mengenal Visual Studio .Net VS .Net merupakan suatu perangkat lunak yang dapat memudahkan programmer dalam membuat aplikasi berteknologi .Net Programmer dapat mengetikkan program, menciptakan user interface, membentuk program menjadi file .exe, hingga menjalankan program yang telah dibuat di lingkungan atau tempat pembuatan program yang terintegrasi pada visual studio yang disebut dengan istilah Visual Studio Integrated Development Environment (VS-IDE) Saat ini ada empat bahasa pemrograman yang didukung oleh vs .Net yaitu C#, C++, Visual Basic, dan Java

Mengenal Visual Studio .Net