Wireless and Mobile Computing

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengantar Teknik Informasi
Advertisements

Jaringan Nirkabel (pertemuan 4) Wireless LAN dan WAN oleh Razief Perucha F.A Prodi Informatika Jurusan Informatika – FMIPA Universitas Syiah Kuala,
Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet / Intranet
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
Mobile Computing Astri Wijayani / Dewi Sartika / Erlini / Novi Octavia / Yennita / PFM Topik-topik.
Mobile Computing Dan Aplikasinya
Mobile, Wireless and Pervasive Computing
Peminatan Mobile Computing
KONSEP W-LAN.
CLOUD COMPUTING By Wiji Nurastuti,MT.
CLOUD COMPUTING (Komputer Di Awan)
 Atau disebut dengan M-Commerce dan M- business  Pada dasarnya merupakan segala kegiatan e- commerce dan e-bisnis yang dilakukan di lingkungan wireless,
Komputasi bergerak, Nirkabel, dan Pervasif
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Wireless Ad-Hoc Vs Infrastructure
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Telekomunikasi, Jaringan dan Internet
TEKNOLOGI GRID COMPUTING
KOMPETENSI Standar kompetensi KOMPETENSI DASAR
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
MEDIA TRANSMISI WIRELESS
ASALAMUALAIKUM WR.WB Nama : Faisal Falah Kelas : IX A No abs : 10
Wireless LAN.
SISTEM TERDISTRIBUSI Definisi :
MATERI 4 PENGENALAN MODEM
Jaringan Ad Hoc dan Kemanannya
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11.
Teknologi Informasi untuk Rumah Sakit
CLOUD COMPUTING.
CLOUD COMPUTING (KOMPUTASI AWAN)
Pengenalan Sistem Terdistribusi
Pengantarmukaan Periferal Komputer
pengantar Jaringan Komputer
Jaringan Komunikasi Data
Slide 1 Agung Brastama Putra
MetoDologi penelitian
Sistem Terdistribusi.
Dosen : Nuraini Purwandari
Tipe Sistem Mobile Computing
MATERI 11 PENGENALAN MODEM
Mobile Computing PERTEMUAN 1.
Teknologi WiMAX.
DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Mobile Computing PERTEMUAN 16.
PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER
Mobile Computing Dan Aplikasinya
Pengantar Mobile Computing (Sistem Komputasi Bergerak)
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Introduction Pemrograman Nirkabel
PERTEMUAN KETIGABELAS
Chapter 8 Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce
Pervasive Computing Muftada Ghiffari
Pemrograman Mobile Arif Risqiantoro ( )
Pengantar Teknologi Informasi (PTI)
A. KECEPATAN AKSES INTERNET
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
WiMAX - 2 Muhammad Yusuf Teknik Informatika – Universitas Trunojoyo
Review Sistem Terdistribusi
Sistem Terdistribusi dan Jaringan Komputer
MOBILE COMPUTING.
UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET
Struktur dan Arsitektur Jaringan Komputer
SISTEM TERDISTRIBUSI Definisi :
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Pengenalan Komputer dan Perangkatnya
Slide 1 Agung Brastama Putra
Pervasive computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi (terutama teknologi komputer) digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Slide 1 Agung Brastama Putra
Transcript presentasi:

Wireless and Mobile Computing Teknik Informatika-S1

biodata Nama : Andik Setyono Tempat/Tgl Lahir : Grobogan/12 Pebruari 1980 Pendidikan : S1-Sistem Informasi Udinus (lulus 2003) S2-Teknik Informtika Udinus (lulus 2005) S3-Teknologi Informasi MMU Malaysia (lulus 2012) Research Interest : Mobile Multimedia Computing and Communication Mata Kuliah Smt ini : Basis Data, Metodologi Penelitian, Interaksi Manusia dan Komputer, Wireless and Mobile Computing HP : 081313909043

TUJUAN Tujuan dari mata kuliah ini adalah menghadirkan sebuah pemahaman yang mendalam mengenai permasalahan yang fundamental dalam area wireless dan mobile computing, dan mempelajari permasalahan yang ada serta solusi-solusinya dari perspektif penelitian dan pengembangannya. Mata kuliah ini juga melibatkan programming, tugas rumah, kuis dan tugas kelompok.

COURSE OUTLINE Pengantar Wireless and Mobile Computing Perkembangan Teknologi Jaringan Wireless and Mobile Computing Platform dari Mobile terminal Software (Tools) Mobile Computing Mobile Security and Privacy Tantangan aplikasi mobile computing Global Positioning System (GPS) Human Computer Interaction OperasiKomputasi pada Perangkat Mobile Mobile Multimedia Aplikasi Mobile Multimedia pada Mobile Phone Pervasive Computing and Communication Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Bisnis

REFERENSI BUKU UTAMA Pei Zheng and Lionel Ni. (2006). Smart Phone and Next Generation Mobile Computing. Elsevier. ISBN 13: 978-0-12-088560-2, ISBN 10: 0-12-088560-3. REFERENSI LAINNYA Frank Adelstein, Sandeep K. S. Gupta, Golden G. Richard III, and Loren Schwiebert. (2005). Fundamentals of Mobile and Pervasive Computing. McGraw-Hill. ISBN 0-07-141237-9. Adem Karahoca. (2012). Advances and Applications in Mobile Computing. InTech. ISBN 978-953-51-0432-2. Nuraksa Makodian dan Lingga Wardhana. (2010). Teknologi Wireless Communication dan Wireless Broadband. Penerbit ANDI. ISBN: 978-979-29-1286-9.

ASSESMENTS Keaktifan dan kehadiran : 10% Nilai Tugas: 30% Mid Test: 30% Final Exam: 30%

Any Questions?

Apa itu Mobile Computing? Suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi. Sebuah teknologi yang mengijinkan transmisi data via sebuah komputer tanpa harus dikoneksikan pada sebuah fixed physical link (wireless atau nirkabel). Sekumpulan operasi-operasi komputasi yang mengizinkan seorang user untuk mengakses informasi dari peralatan portable (bisa dibawa kemana-mana) seperti notebook, PDA, cell phones, music players, portable game devices dan sebagainya.

Mobility (Anywhere and Anytime) Karakteristik Mobile Computing i Mobility (Anywhere and Anytime) Jangkauan yang luas

TIMELINE OF MOBILE COMPUTING 1800’s: Electricity 1900’s: Komputer Pertama 1960-1970: Jaringan Komputer 1970-1980: Sistem Satelite 1980-2000: Teknologi Selular

KEUNTUNGAN MOBILE TECHNOLOGY Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (W-LAN) & Instalasi jaringan yang cepat Kompatibel yang tinggi dengan teknologi lain Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur Reduksi biaya: dalam kasus pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN

KEKURANGAN MOBILE TECHNOLOGY Harus LoS (Line of Sight) Security Interferences (pesawat?) Sensitif terhadap cuaca Keterbatasan jarak Izin penggunaan Frequency

WIRELESS COMMUNICATION (1)

WIRELESS COMMUNICATION (2) Teknologi wireless telah dimanfaatkan oleh mobile computing berkaitan dengan mobilitas pengguna dan mobilitas perangkat. Mobile computing menggunakan wireless communications untuk membangun aplikasi dan layanan. Gagasan wireless telah umum digunakan untuk merujuk ke layanan selular yang disediakan oleh wireless service provider. Smart phone merujuk pada kelas baru dari cell phone yang bisa memfasilitasi akses dan pengolahan data dengan komputasi power yang signifikan (tinggi).

Wireless Communications PARADIGMA COMPUTING Diagram konseptual dari beberapa gagasan yang berkaitan dengan mobile computing Pervasive Computing Mobile Computing Nomadic Computing Wireless Communications

PERVASIVE COMPUTING Pervasive = meresap Pervasive computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas manusia sehari-hari, sehingga kehadirannya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang khusus (special). Contoh paling sederhana adalah “telepon selular”. Setiap orang sudah tidak melihatnya sebagai suatu perangkat khusus, tetapi itu adalah bagian dari setiap individu di dalam masyarakat modern.

MOBILE COMPUTING SAAT INI Smart phones: ubiquitous perangkat mobile yang sesungguhnya. Selalu bersama kita, berfasilitas internet, berbasis lokasi Jumlah ekspektasi: 2 miliar pada tahun 2015 Applications: email, web, location-based services, etc.

Rentang Devices & Koneksi

Teknologi Mobile

Research Issues in Mobile Computing Wireless Communications Quality of connectivity Bandwidth limitations Mobility Location transparency Location dependency Portability Power limitations Display, processing, storage limitations

LIMITATIONS OF MOBILE COMPUTING Insufficient Bandwidth Security Standards Power consumption Transmission interferences Potential health hazards (Potensi bahaya kesehatan-sering adanya kecelakaan)

CHALLENGES OF MOBILE COMPUTING Disconnection Low Bandwidth High bandwidth variability Heterogeneous network Security risks

WEARABLE COMPUTER Suatu computer yang “ditanamkan / embedded” di dalam sebuah peralatan yang dapat digunakan oleh manusia

KEUNTUNGAN MOBILE TECHNOLOGY Extreme Personalization – Ponsel diantara dompet dan kunci motor – Tempat menyimpan segala informasi pribadi Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun – Memungkinkan kita untuk bekerja, belanja atau bermain tanpa batasan waktu dan tempat (asal terhubung!) • Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (W-LAN) & Instalasi jaringan yang cepat • Kompatibel yang tinggi dengan teknologi lain – Standarisasi perangkat • Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur • Reduksi biaya : dalam kasus pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN

Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak? 1. Kendaraan

Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak? 1. Kendaraan

Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak? 2. Intelligent office and house

Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak? 3. Polisi

Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak? 3. Penanganan Bencana

Questions What is a smart phone? What are the differences between a smart phone and a cell phone? What are the implications of mobile computing? How does mobile computing relate to wireless communication?

Any Question?