DESAIN SISTEM.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Minggu 6 Prinsip & Konsep Desain
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Algorithma Pemrograman
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
Model Data Pertemuan Minggu Ke-3.
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaction Diagram.
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Analisis Model.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
Metode Desain Dr. Ema Utami, S.Si, M.Kom.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Rekayasa Perangkat Lunak
System Development Life Cycle
RE-ENGINEERING.
Perancangan Sistem Informasi
ARSITEKTUR SISTEM BASIS DATA
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Eko Hendratno Basis Data ABSTRAKSI DATA
Spesifikasi Perangkat Lunak
Analisis Model.
Operating System Structure
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
Object oriented analyst and design
DBMS Basis Data Pertemuan 2.
Object-Oriented Analysis (OOA)
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan III Betha Nurina Sari, M.Kom
Analisis Perancangan Perangkat Lunak
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
Pertemuan 2 Database Environment
SYSTEM FLOWCHART.
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Analisa [Kebutuhan] Sistem
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
Diagram Konteks & Data Flow Diagram (DFD)
Analisis Model.
Pengenalan Struktur Data
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2017.
Rekayasa Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemrograman Terstruktur
Rekayasa Perangkat Lunak
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Tim RPL Progdi Teknik Informatika
Transcript presentasi:

DESAIN SISTEM

Apa itu Desain? Representasi rekayasa yang punya arti dari sesuatu yang akan dibuat. Dalam konteks RPL, meliputi: data, architecture, interfaces, and components

Pekerjaan Desain Desain data : struktur, relasi. Desain arsitektur : relasi elemen struktural utama perangkat lunak. Desain antarmuka : terhadap dirinya sendiri, dengan sistem lain & user. Desain level komponen : menerjemahkan struktur elemen menjadi deskripsi prosedur.

Proses Desain Desain yang baik: Mengakomodasi semua kebutuhan sistem. Dapat dibaca & dipahami. Menyajikan gambaran utuh perangkat lunak : data, fungsi, tingkah laku.

Konsep Desain Abstraksi : membuat gambaran umum tentang data, prosedur maupun kendali. Refinement : menerjemahkan bentuk umum menjadi detailnya. Modularitas : membagi perangkat lunak menjadi komponen-komponen yang lebih kecil. Arsitektur perangkat lunak : menggambarkan keterhubungan antar komponen perangkat lunak yang terpadu. Hirarki kendali : menggambarkan organisasi komponen.

Contoh Hirarki Kendali

Konsep Desain (2) Partisi struktural : mengelompokkan berdasar hirarki komponen perangkat lunak. Struktur data : relasi logis antara elemen data individu  array, linked list, stack, queue, etc. Prosedur perangkat lunak : menjelaskan urutan proses dan pengambilan keputusan. Penyembunyian informasi : prosedur dan data sebuah modul tidak dapat diakses oleh modul lain yang tidak memerlukan informasi tersebut.

Isi Dokumentasi Desain Ruang lingkup desain berdasar spesifikasi sistem. Desain data  database, file. Desain arsitektur. Desain antarmuka. Desain komponen. Batasan desain  ex. memori. Data tambahan  algoritma, data tabular, dll

Desain Arsitektur Arsitektur perangkat lunak adalah struktur sistem yang menggambarkan komponen perangkat lunak, properties-nya dan relasi diantaranya. Arsitektur perangkat lunak terdiri dari desain data dan desain arsitektur.

Desain Data Menerjemahkan ERD di tahap analisa kebutuhan menjadi model data/ informasi dalam sudut pandang pengguna atau customer. Tambahan: Dalam Power Designer dikenal sebagai Physical Data Modelling (PDM).

Gaya Arsitektur Data centered

Gaya Arsitektur Data flow

Gaya Arsitektur Call and return : menggambarkan hubungan antara program utama dan sub program. Object oriented : membungkus data dan operasi menjadi satu. Berlapis/ layered.

Desain Antarmuka Aturan “emas”: Tempatkan user dalam kendali. Kurangi penggunaan memori oleh user. Buatlah antarmuka yang konsisten.

Proses Desain Antarmuka

Desain Level Komponen Disebut juga desain prosedur. Desain data, arsitektur, dan antarmuka harus diterjemahkan menjadi perangkat lunak yang bisa dijalankan. Bentuknya: Notasi grafis : flowchart. Notasi tabular : tabel. Program Desain Language : pseudocode.

Contoh Flowchart

Contoh Tabular

Contoh Pseudocode