Arsitektur dan Organisasi Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Advertisements

Organisasi dan Arsitektur Komputer
Kelompok Sistem Komputer.
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
Pengantar Arsitektur Komputer
PENGENALAN KOMPUTER.
Evolusi dan Kinerja Komputer
PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Organisasi Komputer.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
PERTEMUAN KEDUA PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE.
Sejarah Teknologi Komputer
Arsitektur Komputer CISC dan RISC
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Bahasa Assembly Mulyono.
Pengantar Arsitektur Organisasi Komputer
Evolusi dan Kinerja Komputer
PERTEMUAN II P1.
PERTEMUAN I EVOLUSI KOMPUTER P1.
ORGANISASI KOMPUTER Mochamad Fajar W., M.Kom
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Pertemuan 3 Pengenalan Komputer.
Sebuah Teori Tentang Hardware Komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Arsitektur & Organisasi Komputer BAB I Pengantar Arsitektur & Organisasi Komputer Oleh : Bambang Supeno, ST., MT. Feb-18 Arsitektur & Organisasi Komputer.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Pertemuan ke – 2 Pengantar Organisasi dan Arsitektur Komputer
Pertemuan 2 Pengantar Author : Linda Norhan, ST.
computare to compute menghitung
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Mata Kuliah : Organisasi Komputer
Pertemuan Ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
Organisasi dan Arsitektur Komputer
PLEASE WAIT... الحاسبا العربى مدرس : احمد مكى حسن.
evolusi dan kinerja komputer
Evolusi dan Kinerja Komputer
BAB I SEJARAH KOMPUTER GENERASI PERTAMA TABUNG VAKUM ENIAC
Pertemuan 2 Pendahuluan
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Organisasi Komputer
Oleh : Devie Rosa Anamisa
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Arsitektur dan Organisasi Komputer
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Pendahuluan Arsitektur Komputer 2017.
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Dr. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis
Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Teks
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Materi2.
PERTEMUAN EVOLUSI KOMPUTER P1.
Pertemuan 2 Pengenalan Organisasi Komputer
Pertemuan Ke – 2 Pengantar Organisasi Komputer
BAB 1 PENGENALAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Perbedaan Arsitektur & Organisasi Komputer
Evolusi dan Kinerja Komputer
Dedeng Hirawan, S.Kom., M.Kom.
Khoiriyatul Mukhfiyah
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Sebuah Teori Tentang Hardware Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Pengertian Komputer Komputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki
Konsep Sistem Komputer
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
Karakteristik Set Instruksi 14 JP. Karakteristik Set Instruksi Pengertian Set Instruksi Set instruksi adalah kumpulan dari instruksi yang dapat dijalankan.
Transcript presentasi:

Arsitektur dan Organisasi Komputer Konsep Arsitektur dan Organisasi Komputer Danar Putra Pamungkas, S.Kom danarpamungkas.wordpress.com

Point-point pembahasan 1 Pengertian Komputer 2 Pengertian Arsikom 3 Atribut Arsikom 4 Evolusi Komputer

Pengertian Komputer sebuah mesin/alat hitung elektronik yang dapat secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. PROSES INPUT OUTPUT

Arsitektur Komputer Sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sistem komputer Sistem biaya yg layak Sistem yg efisien Arsitek komputer Sistem kinerja tinggi

Instruksi Transfer Data Instruksi Translate Aritmatika Teknik pengalamatan Aritmatika Set Instruksi Mekanisme I/O Teknik Pengalamatan Suatu cara/metode untuk menentukan alamat operand pada suatu instruksi Pengalamatan immediate Pengalamtan Langsung (Absolut) Pengalamatan tak-langsung Pengalamatan tak langsung register Pengalamatan Register Pengalamatan Indeks Pengalamatan Relatif Pengalamatan Base dgn insdeks & offset Instruksi Transfer Data Menyalin data dari suatu register/lokasi memori ke memori lainya MOVE LOAD STORE CLEAR Instruksi Translate Melakukan konversi data dari format satu ke format yang lain XLAT HLT STI CLI Aritmatika Perhitungan – perhitungan yang dilakukan komputer Instruksi Manupilasi String Melakukan manupulasi string byte, word dll MOVS LODS CMPS STOS Instruksi Logika Melakukan operasi-operasi logika BOOLEAN NOT OR AND XOR Instruksi I/O Melakukan transfer informasi antara periperal eksternal dan inti sistem(CPU/memori) IN OUT START I/O TEST I/O Instruksi Aritmatika Melakukan operasi-operasi aritmatika ADD DIV INC MUL Instruksi Transfer Kontrol Melakukan modifikasi/mengubah urutan eksekusi program JUMP JUMPIF JUMPSUB RET Teknik – teknik I/O yang digunakan untuk berbagai perangkat Kumpulan fungsi yang dapat dieksekusi oleh CPU Atribut Arsitektur Komputer

Organisasi Komputer bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya Teknologi Hardware Perangkat antarmuka Teknologi memori Sinyal-sinyal kontrol Sistem memori

Arsitek

Evolusi Komputer 1945-1958 1958-1966 1966-1972 1972-1978 1978- Tabung hampa Mark I, ENIAC, EDVAC, IBM Stored concept program, memori magnetik, aritmatika biner 1945-1958 Transistor ATLAS, IBM 1401, ICL 1901 Sistem Operasi, multiprograming, Hard disk magnetik 1958-1966 Sirkuit Terpadu (SSI & MSI) IBM System 360, UNIVAC 1100, HP 2100 A Multiprosesing, memori semikunduktor, memori virtual 1966-1972 LSI (Large Scale Integration) ICL 2900, HP 9845 A, Intel 8080 Konsep RISC, microcomputer, kontrol proses 1972-1978 VLSI ((Very Large Scale Integration)) IBM RS/6000, SUN Micro System Ultra SPARC Networking, sistem server, multimedia, embedded system 1978-

1st Generation Computer ENIAC (Electronic Numeric Indicator and Computer) No. Fitur Keterangan 1. Jml tabung hampa 18000 2. Konsumsi daya 140 kW 3. Kebutuhan Ruang 15000 ft2 / 1393 m2 4. Aritmatika Desimal 5. Word length 10 digit 6. Tipe memori utama Memori program dan data terpisah 7. Kapasitas memori 20x10 digit 8. Kecepatan 5000 penjumlahan/detik 9. Operasi2 utama Penjumlahan,pengurangan,perkalian, pembagian,kalkulasi akar pangkat dua Komponen utama adalah tube vacum Penguat arus Gerbang logika

EDVAC (Electrical Discrete Variable Computer) Komputer sederhana, struktur fixed physical dan dapat mengeksekusi berbagai komputasi menggunakan kontrolpemrograman Stored Program Concept Program bahasa mesin disimpan di dalam komputer serta data relevan lainya, dan secara instrintik komputer mampu memanipulasi program dan data tersebut Contoh Stored Program Concept Mengambil data/program dari hard disk ke memori Memindahkannya dari memori satu ke lainya Menyimpan kembali ke disk

Merupakan model dasar komputer untuk stored program concept. Komputer IAS No. Fitur Keterangan 1. Aritmatika Biner, Fixed point 2. Jumlah Instruksi 21 3. Format Instruksi Singgle Address 4. Panjang Instruksi 20 bit 5. Kapasitas Memori 1k word – 4k word 6. Panjang memori word 40 bit 7. Jenis dan kapasitas memori sekunder Magnetic drum, 16k word

2nd Generation Computer Mempunayi berbagai periperal. (CRT display, line printer,graphic davice) 1 Menggunakan transistor (hemat daya). 2nd Generation Computer 4 2 Menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. 3 Menggunakan Printed Circuit board (PCB)

3rd Generation Computer Ukuran memori yang lebih besar Penggunakan Integrated Circuit (IC) => memadukan puluhan transistor secara bersama dalam satu chip Kecepatan meningkat Bentuk komputer lebih kecil, handal dan murah 3rd Generation Computer D B Ukuran memori yang lebih besar C

4th Generation Computer Ukuran komputer yang semakin kecil, kinerja meningkat dan harga yang terjangkau Dalam satu chip dapat dibenamkan transistor yang lebih banyak Penemuan microprosesor oleh INTEL Teknologi LSI (Large Scale integration) Microcomputer Personal Computer 4th Generation Computer

5th Generation Computer Teknologi Very Large Scale Integration (VLSI) Pengembangan dari teknologi LSI yg memfokuskan kepadatan chip yang sangat besar hingga jutaan transistor perkepingnya No. Fitur Keterangan 1. Komputer Portable Komputer yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana 2. Networking Sharing informasi antara komputer satu dengan yang lainya 3. Sistem Server Sistem yang cepat dan kapasitas yang besar, hemat sumber daya 4. Embedded system Produk berbasis mikrokontroler 5. Multimedia Menggabungkan data, suara dan gambar 6. Internet dan email Pemakaian komputer berbasis internet

Thank you!