Desain User Interface dan Input

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI 7 DESAIN SISTEM SECARA UMUM
Advertisements

Pertemuan - 3 Heintje Hendrata, S.Kom.
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
KONSEP PEMROGRAMAN Pembagian Kode Program. Dasar Pembagian Kode Program Kode program dibagi ke dalam beberapa bagian, dengan tujuan untuk menyederhanakan.
Interaksi Manusia dan Komputer
INPUT – PROSES – OUTPUT BERKAITAN DENGAN INFORMASI
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
Dheni Setyawan ( ) Taufiq Yulyanto M ( ) Raka Januarsa ( )
Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis BAB 5-6 DESAIN 2009 Rahmad Wijaya.
Rancangan Masukan Tujuan Pembelajaran : Materi :
Merancang User Interface
BAB 6 PERANCANGAN SISTEM secara umum
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
MATERI 6 DESAIN SISTEM SECARA UMUM (REVIEW)
Pemrosesan Transaksi Kelompok 5 : Fitri Nur Kholila Gilang Wahyu W
1.Adia Cahyani Putri 2. Akmelvisa Dyah Herfiandini 3. Anisa Rahmawati 4. Ari Setyawati Purnaningrum 5. Ayub Pratama 6. Beta Priyoko 7. Deny Boy Ardianta.
Bina Sarana Informatika
Perancangan Dokumen Input
PERANCANGAN BASIS DATA
Pengenalan Sistem Operasi
Pengolahan Data Elektronik
Perancangan umum Sistem Informasi
Interaksi Manusia dengan Komputer
BAB VI ALAT INPUT.
BAB X MEDIA INPUT ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERIMA INPUT. INPUT :
STRUKTUR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
LANJUTAN MULTI TIERS MATERI BUAT RANCANGAN PROGRAM MAKALAH
Perancangan Sistem L. Erawan.
PERANCANGAN SISTEM TERINCI
KONSEP USER INTERFACE.
Desain Input dan Output
Desain Proses & Output SIA
Analisa Sistem Informasi
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Hardware: Input and Output
PENGANTAR KOMPUTER & TI 2A
PERANCANGAN INTERFACE USER
Outline Prinsip desain antarmuka pengguna.
KONSEP INTERFACE
Basis Data Bab III Aplikasi Basis Data Presented by Team Basis Data
Analisa Sistem Informasi
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Desain Sistem Secara Terinci
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
Interaksi Manusia & Komputer
Analisa & Perancangan sistem
Perancangan Formulir Elektronik
MATERI KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JURUSAN MANAJEMEN FE _ UM
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
Pengolahan data pada komputer
Sistem Informasi Berdasar Komputer
QUIS DPSIA Siapkan Kertas Selembar, pada kertas tersebut tuliskan:
PERALATAN INPUT (Input Device)
Membuat Dokumen Mail Merge
INPUT – PROSES – OUTPUT BERKAITAN DENGAN INFORMASI
Human-Computer Dialogue
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
TUGAS AKHIR PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK SECARA TUNAI PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN DAN PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK.
Membuat Dokumen Mail Merge
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pengolahan Data 3.1. Definisi 3.2. Tujuan dan Fungsi Pengolahan Data
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Tools System Dalam Desain Pengembangan Software SIA
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Desain User Interface dan Input PERTEMUAN 5 Desain User Interface dan Input

Pokok Pembahasan: Desain User Interface Analisa Input SIA Desain Input SIA Bentuk Input

Desain User Interface User Interface merupakan suatu sistem yang membantu pengguna (user) untuk berkomunikasi dengan sistem komputer dan sistem aplikasi.

Desain User Interface Tipe pengguna (user): Ahli Pemula Umumnya desain interface saat ini berasumsi pemakai adalah pemula yang sedang dalam proses menjadi ahli. Desain antarmuka perlu memperhatikan: Faktor pemakai Faktor human engineering Dialog dan istilah

Tipe User Interface Natural-language interfaces Question-and-answer interfaces A menu interface Form-fill interfaces Command-language interfaces Graphical User Interfaces (GUI)

Permasalahan Dalam Desain User Interface Penggunaan jargon atau singkatan-singkatan komputer yang berlebihan Desain yang tidak jelas Ketidakmampuan membedakan tindakan-tindakan alternatif yang harus dipilih pemakai Pendekatan problem-solving yang tidak konsisten Desain yang tidak konsisten

Pemecahan Masalah: Pahami user dan tugas mereka Libatkan user dalam desain antarmuka Uji sistem dengan melibatkan user Lakukan proses desain secara iteratif

Syarat Desain Interface Layar harus diformat agar berbagai info, perintah, pesan muncul di area layar yang konsisten Pesan, perintah, informasi jangan terlalu panjang Jangan terlalu sering memakai atribut display yang mengganggu seperti blinking, highlight,dsb Nilai default dibuat jelas Antisipasi error yang mungkin dibuat user Jika ada error, user mestinya tidak boleh melanjutkan tanpa memperbaiki error tsb Jika user melakukan sesuatu yang membahayakan sistem, keyboard harus terkunci dan pesan untuk meminta bantuan teknisi harus dimunculkan

Syarat Dialog Gunakan kalimat sederhana dan benar Jangan mencoba melucu Jangan menghina

Syarat Istilah Jangan gunakan jargon komputer Hindari singkatan jika mungkin Konsistesi dengan pemilihan istilah Pilihlah istilah yang tepat untuk perintah

Latar Belakang Desain Input Ditinjau dari perspektif pengguna, memasukkan data secara langsung ke dalam tabel basis data tidaklah mudah. Sistem yang mudah dioperasikan tidak mengharuskan pengguna untuk menemukan dimana seluruh data disimpan dan kemudian melihat atau memasukkan data di tabel lainnya. Pengguna akhir (user) tidak harus mengetahui desain tabel atau mencari tabel yang diperlukan untuk menyimpan data. Menempatkan data dari banyak tabel ke tabel lainnya dapat digantikan dengan satu form input saja.

Pengertian Input Input merupakan aliran data yang berisi atribut-atribut data. Input digunakan untuk memproduksi output.

Jenis Input Maintenance input: adalah energi yang dimasukkan supaya sistem dapat beroperasi. Signal input: adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

Karakteristik Input Ditentukan Oleh: PROSES Bagaimana data ditangkap (capture), di-entry dan data processing METODE dan TEKNOLOGI yang digunakan untuk mendapatkan dan memasukkan data

Karakteristik Input Berdasarkan Prosesnya Input data bisa dilakukan pada waktu yang berbeda. Hal ini ditentukan oleh jenis pemrosesan yang dibedakan menjadi: batch processing, data dikumpulkan ke dalam file dan diproses setelah seluruh batch-file selesai di-entry. on-line processing, data langsung diproses pada waktu dientry remote batch processing, data di-entry dan di-edit secara on-line, tetapi dikumpulkan untuk diolah secara bersama sesuai urutan prosesnya.

Karakteristik Input Berdasarkan Metodenya Data Capture : Yaitu Proses menemukan dan mengumpulkan data (pada sumbernya) Source Document : form yang dipakai untuk mencatat transaksi bisnis sekaligus menunjukkan jenis transaksinya Data Entry : Proses memindahkan data dari source data (source document) ke dalam format yang dapat dibaca oleh komputer

Jenis Form Berdasarkan hubungan antara form dengan tabel: Satu form untuk mencatat data di satu tabel Satu form untuk mencatat data di dua tabel atau lebih Dua form atau lebih untuk mencatat data di satu tabel

Metode Implementasi Input Keyboard Mouse Touch Screen Point-of-sale terminals Sound and speech Automatic data capture Optical mark recognition (OMR) Optical character recognition (OCR) Magnetic Ink Electromagnetic transmission Smart cards Biometric

Metode Implementasi Input Keyboard: data dimasukkan dengan menggunakan keyboard. Merupakan cara umum, paling banyak mengundang error Mouse: digunakan bersamaan dengan keyboard untuk memudahkan entry Touch Screen: data dimasukkan pada touch screen display atau handled device Point Of Sales: data dimasukkan oleh karyawan yang secara langsung berinteraksi dengan pelanggan. Mis : cash register

Metode Implementasi Input Automatic Data Capture (ADC) Sound : data dimasukkan dengan touch tone (mis : dari telpon) Optical Mark : data disimpan dalam optical scan. Di-capture secara otomatis Magnetic Ink : membaca data yang magnetized (mis : pensil 2B). Biasanya untuk data yang memerlukan akurasi tinggi Smart Card : menggunakan smart card. Dibaca langsung Biometric : memakai sensor biometric. Biasanya untuk data medis

Langkah Desain Input Identifikasi input sistem dan review kebutuhan pemakai Pilih kontrol GUI yang sesuai: Text Box Option Group Check Box List Box Desain, validasi, dan tes input menggunakan beberapa kombinasi alat bantu layout dan prototyping Jika perlu, buat pula desain dokumen sumber (formulir yang dipakai untuk menyimpan data transaksi)

Desain Input DATA PERKIRAAN Kode Akun : xxxxxx Nama Akun : xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx Tipe Akun : xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx Top Prev Next End Add Save Delete Find Close Data Grid

WARNING!!!!!!! Pertemuan 6 (Enam) Pengumpulan Tugas IV “HIPO dan Flowchart”

 TERIMAKASIH 

Latihan Soal Desain antar muka atau user interface perlu memperhatikan: Faktor pemakai Natural language interface A menu interface GUI Command language interface

Latihan Soal 2. Pemecahan masalahan dalam user interface antara lain: Penggunaan singkatan yang berlebihan Desain yang tidak jelas Uji sistem dengan melibatkan user Pendekatan yang tidak konsisten Desain yang tidak konsistenper

Latihan Soal 3. Syarat dialog dalam user interface yaitu: Hindari singkatan jika mungkin Konsisten dengan pemilihan istilah Pemilihan istilah yang tepat Gunakan kalimat sederhana dan benar Jangan gunakan jargon

Latihan Soal 4. Metode yang digunakan untuk implementasi input adalah: Data capture Data entry Batch processing Touch screen Metode dan teknologi

Latihan Soal 5. Langkah-langkah desain input adalah: Menemukan dan mengumpulkan data pada sumbernya Memindahkan data ke dalam format yang dapat dibaca Desain, validasi dan tes input menggunakan beberapa kombinasi alat bantu layout dan prototyping Data langsung diproses pada waktu entry Metode yang digunakan untuk mendapatkan data