Perkembangan Teknologi Informasi Pada Bisnis E-Commerce di Indonesia Chico Hermanu B A Semarang, 20 Juli 2017
Understanding E-Commerce
X E Commerce Commerce atau Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan.
Perdagangan konvensional Pasar terlalu sempit Cara konvensional kurang bisa mendapatkan pelanggan yang masif Pengiklanan tidak bisa luas Untung penjual sedikit
E-Commerce E Commerce atau Electronic Commerce adalah proses Jual beli barang dan layanan dengan menggunakan sistem elektronik seperti internet.
Mengapa E Commerce? Biaya penjualan lebih murah Mengurangi biaya transaksi Akses ke pasar global Pembeli Penjual
Proses E - Commerce 1 Penjual menjual produknya di internet Pembeli Memesan Barang Membayar Transaksi secara elektronis Pesanan dikirim lewat kurir Web Penjual menjual produknya di internet Pembeli membeli barang yang diinginkan dengan membuka website toko penjual Lebih ke software
Proses E - Commerce 2 lebih ke hardware
Bisnis E-Commerce Indonesia
Pertumbuhan E-Commerce Grow very FAST!!!
E Commerce Indonesia web dan mobile
Jenis E-Commerce
Bussiness To Customer (B2C) Pembeli langsung berhubungan dengan perusahaan pembuat untuk membeli barang Contoh: - Samsung membuat website untuk pembelian produk HP yang dibuat
Bussiness To Bussiness (B2B) bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan. contoh: Unilever adalah perusahaan penghasil produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Unilever adalah salah satu customers dari PT. Electronic Data Interchange Indonesia.
Customer To Customer (C2C) Sesama konsumen menjual barang dan jasa yang mereka sediakan contoh : tokopedia menyediakan layanan toko online dimana pengunjung bisa menjual dan membeli barang yang diinginkan
Masalah Pada E-Commerce
Banyaknya user yang menggunakan aplikasi membuat aplikasi lemot Pilihan metode pembayaran kurang Pemerataan Internet Masalah kurir juga ikut menjadi tanggungan penjual Pengguna tidak mengikuti alur sistem aplikasi dengan runtut sampai selesai Banyak terjadi kejahatan (cyber crime)
Solusi Meningkatkan E-Commerce
Aplikasi yang dibuat harus di desain untuk mengatasi big data Memberikan perhatian lebih kepada startup baru (modal, pelatihan, dsb) Memperkuat keamanan aplikasi Alur sistem harus jelas untuk mengurangi jumlah kejahatan
Prospek Kedepan E-Commerce
Pangsa Pasar Pengawasan/Kontrol Arus Uang Arus Barang Jasa Kurir Mobile E-commerce Selagi penyebaran internet tetap tumbuh, maka prospek E-Commerce akan semakin besar
Next E-Commerce >>> Virtual Reality
Virtual Reality Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut
And many more in the future !!! Pembeli bisa melihat langsung barang yang ingin mereka beli https://www.youtube.com/watch?v=yAuiXhJPnr8 Play https://www.youtube.com/watch?v=DVsEb9vla-I Perusahaan pembuatan rumah And many more in the future !!!
Sekian Terima kasih