KOMUNIKASI DATA Modul-1 Oleh: Wahyu Nurjaya WK
INTRODUCTION TO DATA COMUNICATION Perkembangan Metode Komunikasi Data Manusia ke manusia : Marathon Menggunakan hewan : Merpati Menggunakan sarana transportasi mesin darat, laut dan udara Menggunakan teknologi tinggi komunikasi melalui kabel maupun wireless
SEJARAH KOMUNIKASI Telegraph: Telephone kabel: Data dikirim dalam bentuk pulsa listrik terputus menggunakan kode Morse (Samuel Morse), memerlukan kabel Telephone kabel: Memerlukan alat untuk konversi suara menjadi transmisi listrik dan kembali menjadi suara Telepon gelombang mikro dan satelit: Telepon genggam
SEJARAH SISTEM INFORMASI Penggunaan disket, data dipindah dengan disket. Penggunaan saluran telepon u/ transmisi data Penerapan on-line real time prossesing untuk transaksi tunggal dan spesifik Penggunaan micromputer untuk tujuan spesifik dan terkoneksi satu dengan lainnya dalam jaringan dan internet
SEJARAH INTERNET Internet merupakan gabungan sistem informasi dan sistem komunikasi Diawali oleh PENTAGON tahun 1969 yang dinamakan ARPHANET dengan 4 komputer Tahun 1987 terdapat 10000 server di Internet Tahun 1990 Internet mencapai seluruh dunia, akhir tahun 1992 mencapai 1 juta server.
INTERNET Sekumpulan jaringan berbeda (LANs, WANs, atau keduanya) yang saling terkoneksi
JENIS-JENIS JARINGAN Berdasarkan koneksi (keterhubungan): Broadcast Links Point-to-point Links Berdasarkan skala: Local Area Network (LAN) Metropolitan Area Network (MAN) Wide Area Network (WAN) Internetwork (internet) Berdasarkan topologi: Bus Star Ring dll Berdasarkan protokol: Ethernet Token Ring Berdasarkan arsitektur Peer-to-peer Client/Server hybrid
MACAM-MACAM NETWORK BERDASARKAN SKALA/CAKUPAN LAN : Jaringan komputer dalam satu area/bangunan. Transmisi data high speed ( 10 – 100 MBps) Backbone Network (BN) : Berada di area yang lebih luas beberapa mil. Transmisi data very haigh speed ( 100 – 1000 Mbps) MAN : Menghubungkan LAN,BN dengan WAN dalam satu kota. Transmisi data 64 KBps 1000 Mbps WAN : Menghubungkan BN dan MAN dalam satu propinsiTransmisi data 56 KBps 10 Gbps Intranet : LAN dgn teknologi Internet u/ kepentingan internal Extranet atau Internet
CONTOH KONFIGURASI LAN Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km. Teknologi: Ethernet LAN Wireless LAN
Server untuk Koneksi ke Internet CONTOH MAN Jaringan komputer yang jangkauannya mencakup kota. Teknologi: jaringan TV kabel Head End Server untuk Koneksi ke Internet Junction Box Internet melalui Sistem TV Cable
CONTOH WAN Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN, yaitu dari negara sampai benua. Teknologi: Circuit Switching Packet Switching Frame Relay Asynchronous Transfer Mode (ATM) Jaringan wireless seluler LAN Router
CONTOH INTERNET LAN Router
CLIENT/SERVER Definisi: Server (back end) = penyedia layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan Client (front end) = komputer yang meminta layanan dari server Client/Server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server. Keuntungan: Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengelolaan dan backup data Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal Keamanan lebih terjamin Biaya pembelian hardware dan software server Dibutuhkan administrator jaringan
PEER-TO-PEER Sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus Keuntungan: Tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server Tidak diperlukan administrator jaringan Kekurangan: Sharing sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan Keamanan tidak terjamin
Server (Host Computer) Client Circuit KOMPONEN NETWORK Server (Host Computer) Menyimpan data atau software yg dapat diakses client Client Alat untuk input atau output yang berada pada user’s end Circuit Alat transmisi data/message. Antar komputer dalam satu dihubungkan melalui hub. Sedangkan antar jaringan dihubungkan router
ARSITEKTUR PROTOKOL Perangkat lunak dari jaringan komunikasi data Terdiri dari layer, protokol dan interface Jaringan diorganisasikan menjadi sejumlah level (layer) untuk mengurangi kerumitannya Setiap layer dibuat berdasarkan layer dibawahnya Antar layer terdapat sebuah interface yang menentukan operasi dan layanan yang diberikan layer terbawah untuk layer diatasnya Layer pada level yang sama di dua host yang berbeda dapat saling berkomunikasi dengan mengikuti sejumlah aturan dan ketetapan yang disebut sebagai protokol. Dua model: OSI (hanya sebuah konsep) TCP/IP (digunakan secara komersial)
HUBUNGAN ANTARA LAYER DAN LAYANAN Media Fisik Layer 1 Layer 2 Layer 3 Layer 4 Layer 5 Protokol Layer 5 Protokol Layer 4 Protokol Layer 3 Protokol Layer 2 Protokol Layer 1 Interface antara layer 4 dan 5 Interface antara layer 3 dan 4 Interface antara layer 2 dan 3 Interface antara layer 1 dan 2 Host 1 Host 2
MODEL OSI Open Source Interconnection Dibuat oleh International Standard Organization untuk memberikan model umum untuk jaringan komunikasi data Terdiri dari 7 layer: Physical layer Data link layer Network layer Transport layer Session layer Presentation layer Application layer Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/OSI_model
PHYSICAL LAYER Menangani pengiriman bit-bit data melalui saluran komunikasi Memastikan jika entiti satu mengirimkan bit 1, maka entiti yang lain juga harus menerima bit 1 Fungsi utama untuk menentukan berapa volt untuk bit 1 dan 0 berapa nanoseconds bit dapat bertahan di saluran komunikasi kapan koneksi awal dibuat dan diputuskan ketika dua entiti selesai melakukan pertukaran data jumlah pin yang digunakan oleh network connector dan fungsi dari setiap pin Contoh: token ring, IEEE 802.11 Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter (digunakan di storage area network)
DATA LINK LAYER Menyediakan prosedur pengiriman data antar jaringan Mendeteksi dan mengkoreksi error yang mungkin terjadi di physical layer Memiliki address secara fisik yang sudah di-kode-kan secara langsung ke network card pada saat pembuatan card tersebut (disebut MAC Address) Contoh: Ethernet, HDLC, Aloha, IEEE 802 LAN, FDDI Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah bridge dan layer-2 switch
NETWORK LAYER Menentukan prosedur pengiriman data sekuensial dengan berbagai macam ukuran, dari sumber ke tujuan, melalui satu atau beberapa jaringan, dengan tetap mempertahankan Quality of Service (QoS) yang diminta oleh transport layer Fungsi: Routing: menentukan jalur pengiriman dari sumber ke tujuan, bisa statik (menggunakan tabel statik yang cocok untuk jaringan yang jarang sekali berubah) atau dinamis (menentukan jalur baru untuk setiap data yang dikirimkan) Pengendalian kongesti (kemacetan pada proses pengiriman data) Mempertahankan QoS (delay, transit time, jitter, dll) Menyediakan interface untuk jaringan-jaringan yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi Contoh: Internet Protocol (IP) Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah router dan layer-3 switch
TRANSPORT LAYER Menerima data dari layer diatasnya, memecah data menjadi unit-unit yang lebih kecil (sering disebut packet), meneruskannya ke network layer dan memastikan semua packets tiba di ujung penerima tanpa ada error Layer ini harus melakukan proses diatas secara efisien dan memastikan layer diatas tidak terpengaruh terhadap perubahan teknologi hardware Fungsi: Flow control Segmentation/desegmentation Error control Contoh: Transmission Control Protocol (TCP), User Datagram Protocol (UDP), Stream Control Transmission Protocol (SCTP)
SESSION LAYER Mengijinkan user-user yang menggunakan mesin yang berbeda untuk membuat dialog (session) diantara mereka Fungsi: Pengendalian dialog: memantau giliran pengiriman Pengelolaan token: mencegah dua pihak untuk melakukan operasi yang sangat kritis dan penting secara bersamaan Sinkronisasi: menandai bagian data yang belum terkirim sesaat crash pengiriman terjadi, sehingga pengiriman bisa dilanjutkan tepat ke bagian tersebut
PRESENTATION LAYER Mengatur tentang syntax dan semantics dari data yang dikirimkan Manipulasi data seperti MIME encoding, kompresi, dan enkripsi dilakukan di layer ini
APPLICATION LAYER Sangat dekat dengan user Menyediakan user interface ke jaringan melalui aplikasi Contoh protokol aplikasi yang banyak digunakan: hypertext transfer protocol (HTTP) yang digunakan di world wide web, file transfer protocol (FTP) untuk pengiriman file antar komputer, simple mail transfer protocol (SMTP) untuk email
APPLICATION LAYER 1. Application architecture Mempunyai fungsi : Data storage Data acces logic Application logic Presentation logic 2. Macam architecture Host based Client based Client server 3. Faktor pertimbangan : Cost of development Scalability Cost of infrastrcture Contoh Aplication Layer : World Wide Web E-mail FTP Telnet Instant Messaging Video Conferencing
ELECTRONIC MAIL ( E-MAIL) Untuk mengirim pesan berupa text atau file Standar yg dipakai : SMTP : Simple Mail Transfer Protocol CMC : Common Messaging Call
FTP (FILE TRANSFER PROTOCOL) Untuk mengirim dan menerima file melalui internet Ada dua tipe : Closed : memerlukan password khusus Anonymous : password diganti alamat email
TELNET DAN INSTANT MESSAGING Digunakan untuk login antar komputer Instant Messaging Digunakan untuk menuliskan pesan atau melakukan chatting
VIDEO CONFERENCING Merupakan transmisi real time untuk sinyal audio dan video antara dua orang atau lebih Dilakukan diruangan khusus yang diengkapi dengan kamera dan layar monitor
MODEL TCP/IP Arsitektur protokol yang digunakan oleh Internet dan jaringan komersial lainnya Terdiri dari 4 layer: Data link layer Network layer Transport layer Application layer
DATA LINK LAYER Sebenarnya bukan bagian dari TCP/IP suite. Proses pengiriman dan penerimaan packet untuk layer ini dapat dilakukan oleh software device driver dari network card/adapter yang digunakan. Layer ini juga termasuk physical layer, yang terdiri dari komponen fisik seperti hub, repeater, kabel jaringan (UTP, fibre, coaxial), network cards, network connectors (RJ-45, BNC, dll) dan spesifikasi untuk sinyal (level voltase, frekuensi, dll)
NETWORK LAYER Awalnya network layer ditujukan untuk mengirimkan packet antar host di sebuah jaringan, contoh X.25 Pengembangan ke Internetworking, dimana jalur pengiriman packet dari sumber ke tujuan melalui jaringan-jaringan lainnya (routing) Beberapa protokol bagian dari IP yaitu ICMP (menyediakan informasi dianostik untuk pengiriman packet IP), IGMP (mengelola data multicast), protokol routing seperti BGP, OSPF dan RIP
TRANSPORT LAYER Menyediakan layanan pengiriman pesan dari ujung ke ujung yang dapat dikategorikan sebagai: Connection-oriented: TCP (byte-oriented) dan SCTP(stream-oriented) Connectionless: UDP dan RTP (datagram)
SISTEM OPERASI JARINGAN Menyediakan fungsi khusus untuk menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan mengelola sumber daya jaringan menyediakan layanan menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users Sistem operasi oleh jaringan client/server yang umum digunakan: Windows NT Server family (Windows Server 2000 dan 2003), Novell NetWare, dan Unix/Linux Windows 98, Windows 2000 professional, Windows XP professional, dan Windows NT Workstation tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan, seperti dapat mengakses file dan printer
TREND KE DEPAN Pervasive Networking Integrasi suara, video dan data Komunikasi dg jaringan akan terjadi dalam sehari kemanapun melakukan komunikasi dengan adanya peningkatan transfer data dari 300 bps (1980) sampai 1 GBps (2007) Integrasi suara, video dan data Bila selama ini transmisi suara (telepon), video (TV) dan data (email) terpisah. Suatu saat akan terjadi penggabungan convergence New Information Service Berupa percepatan memperoleh informasi secara lengkap dan akurat.
FUNDAMENTAL OF DATA COMMUNICATION Meliputi : Application layer Physical layer Data link layer Network and transport layer
SISTEM KOMUNIKASI Jaringan komputer = jaringan komunikasi data = sistem komunikasi Pertukaran data minimal antar dua entitas Model komunikasi umum: Sumber Pengirim Sistem Pengiriman Penerima Tujuan Sistem Sumber Sistem Tujuan komputer Modem Jaringan Telepon Umum Server Sistem Sumber Sistem Tujuan
KOMUNIKASI DATA Sumber Pengirim Sistem Pengiriman Penerima Tujuan Text Aliran data digital (bit-bit) Sinyal analog
TEORI DASAR KOMUNIKASI DATA PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA, TELEKOMUNIKASI DAN PENGOLAHAN DATA Komunikasi Data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data. Telekomunikasi, segala kegiatan yang berhubungan dengan penyebarluasan/penyaluran informasi dari titik ke titik yang lain (transmitter ke receiver). Pengolahan Data, proses memanipulasi data menjadi suatu informasi yang lebih bermakna. Keterangan: Gabungan dari kedua teknik ini selain disebut dengan Komunikasi Data juga disebut dengan Teleprocessing (pengolahan jarak jauh).
TEORI DASAR KOMUNIKASI DATA Secara Umum: Komunikasi Data, adalah proses pengiriman informasi yang telah diubah dalam suatu kode tertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau elektro-optik dari titik ke titik yang lain. Siatem Komunikasi Data, adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
PEMIKIRAN DALAM KOMUNIKASI DATA Menyalurkan informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin., Mengintegrasikan semua jenis komunikasi menjadi satu sistem, yaitu ISDN (Integrated Service Digital Network) atau Jaringan Digital Pelayanan terpadu. Ket: Mengintegrasikan, menyelaraskan/menyatukan semua sistem menjadi satu sehingga mudah diterima oleh semua pihak.
KEUNTUNGAN KOMUNIKASI DATA Pengumpulan Data Bila pada saat pengumpulan data menggunakan suatu terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data dapat dikurangi sehingga dapat mempercepat proses (menghemat waktu). Pengolahan Data Karena komputer langsung mengolah data yang masuk dari saluran transmisi maka dalam pengolahan data akan lebih efisien. Distribusi Dengan adanya saluran transmisi hasil pengolahan data dapat langsung dikirim kepada pemakai yang memerlukannya.
TUJUAN KOMUNIKASI DATA Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar tetapi efisien, tanpa terjadi kesalahan dan dari segi biaya lebih ekonomis, dari tempat yang satu ketempat yang lain. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remote computer use). Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer. Mengurangi waktu untuk pengolahan data. Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan) Mempercepat penyebarluasan informasi.
FAKTOR-FAKTOR PERTIMBANGAN DALAM MELAKUKAN KOMUNIKASI DATA Penysinyalan Penysinyalan (signalling) adalah suatu prosedur atau protokol yang harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum pengiriman informasi dimulai. Sinyal ini dapat berupa sinyal Analog atau Sinyal Digital. Transmisi Media transmisi harus efisien dan dapat melayani berbagai jenis alat. Karakteristik: lebar frekuensi yang dapat ditampung redaman daya yang dapat ditampung waktu yang dibutuhkan Cara Penomoran Penomoran harus unik dan mengikuti rekomendasi atau persetujuan dari pihak tertentu. Cara Menyalurkan Hubungan (routing) Menentukan policy (kebijaksanaan) bagaimana suatu hubungan dilaksanakan. Cara Menghitung Biaya (tarif) Menentukan struktur harga bagi jasa pelayanan yang harus dibayarkan.
BIDANG-BIDANG OPERASI KOMUNIKASI DATA Bidang Data Collection Data dapat dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station), di simpan dalam memori dan pada waktu-waktu tertentu data tersebut akan diolah. Contoh: Aplikasi Inventori, Penggajian, dan lain-lain Bidang Inquiry and Response Pemakai dapat mengakses langsung ke file atau program. Data yang dikirimkan kesistem komputer dapat langsung diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan komputer maka sistem semacam ini disebut interaktif. Aplikasi Perbankan, Pembayaran Dipertokoan
BIDANG-BIDANG OPERASI KOMUNIKASI DATA Bidang Storage and Retrival Data yang sebelumnya disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh: Aplikasi Message Switcing dan E-Mail Bidang Time Sharing Sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya secara bersama-sama. Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Kalau terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll in-roll out harus dipergunakan. Aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama-sama untuk pengembangan perangkat lunak (software), perhitungan, rekayasa, pengolahan kata (word processing), CAD (Computer Aided Design), dan sebagainya.
BIDANG-BIDANG OPERASI KOMUNIKASI DATA Bidang Remote Job Entry Remote Job terminal mengirimkan program atau data (teks) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses. Program itu akan dikerjakan secara batch, yaitu dioleh setelah gilirannya tiba. Contoh: Aplikasi yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan Bidang Real Time Data Processing and Process Control Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut(real time). Aplikasi pengaturan peralatan industri, Sistem kendali proses, sistem telekomunikasi, dan sebagainya. Bidang Data Exchange Among Computers Pertukaran data berupa program, file dan sebagainya antar sistem komputer. Pada aplikasi ini data yang dipertukarkan jumlahnya banyak dan waktu yang dikehendaki singkat sekali.
SEMOGA SUKSES