Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
Advertisements

Putu Indah Ciptayani S.Kom
Color Image Processing
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Session 1 GUI (grafik user interface dan Pengenalan warna)
Surface Rendering dan Warna
COLOR SPACE Achmad Basuki Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
S1 Tekinik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Pengolahan Citra 2-Akuisisi Citra Dari berbagai sumber
Pengolahan Citra Diah Octivita ( ) Hadi Ismanto ( ) Jan Peter ( ) Yenni Rahmawati ( )
Aplikasi Pengolahan Citra DETEKSI WARNA
Dr. Ir. Nugraha E. Suyatma, DEA Departemen ITP, FATETA IPB 2009
Representasi RGB pada Citra Digital
Operasi-operasi dasar Pengolahan Citra Digital~3
COLOR MANAGEMENT.
Pengolahan Citra Digital
PENGENALAN SPEKTROFOTOMETER
Teori Warna Grafik Komputer 2.
Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Indonusa Esa Unggul Topik 10 Teori Warna.
Grafika Warna Dewi Octaviani S.T, M.C.s.
W A R N A 4/14/2017.
Citra Abu-abu, Biner, Berwarna,
Light and Colour Caroline.M( ) Ribkah.S( )
Metodologi Hybrid Berdasar Informasi Spasial dan Spektral Unsupervised dan Supervised Prof.Dr. Aniati Murni (R 1202) Dina Chahyati, M.Kom, (R 1226) Fakultas.
RENDERING (Warna & Pencahayaan)
Konsep dan Terminologi
IMAGE ENHANCEMENT (PERBAIKAN CITRA)
Warna Tanah.
PRINTING PROSES VCD 0018.
Nurul Hanifah R KDG-15.1.A Menu Pengertian Warna Spektrum Warna
WARNA.
PENGOLAHAN WARNA CITRA
Basic Design Principles
ORGANON VISUS PENGLIHAT.
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
6th Meeting Color (Warna).
Pertemuan 3 : Persepsi Citra & Warna
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 31 maret 2009
Warna Tanah.
BAB II. PEMBENTUKAN CITRA
Menggambar Perspektif
Color Image Processing
Transformasi dan Model Warna Citra Digital
Sketsa Ide/Image Store Pertemuan 22-24
Informatics Engineering Dept
COLOR MANAGEMENT.
PENILAIAN INDERAWI II.
Teori Warna Grafik Komputer 2.
VISUAL MK Psikologi Faal RDS.
SIFAT FISIK PRODUK PERTANIAN "WARNA"
Operasi Aritmatika dan Geometri pada citra
Informatics Engineering Dept
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
TINGKAT KEABUAN DAN WARNA CITRA
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Pengolahan Citra Digital
Pengolahan Citra Digital
KELOMPOK 9 perpaduan warna
Dosen Pengampu Mata Kuliah : Muhammad Fauzi. M.Ds
Pengertian Pixel Pixel :
Pengolahan Citra Digital. Pembentukan Citra Citra dibagi menjadi 2 macam : 1.Citra kontinyu : adalah citra yang dihasilkan dari sistem optik yang menerima.
COLOURCOLOUR 1.MERAH : RED 2.PUTIH : WHITE 3.BIRU : BLUE 4.HIJAU : GREEN 5.KUNING: YELLOW 6. ABU-ABU : GREY 7. COKLAT: BROWN 8. UNGU : PURPLE 9. MERAH.
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL (2) dan SISTEM PEREKAMAN CITRA
Bekerja dengan Warna.
Dimas W Bagasworo Owena Adhit Ines
PERSENTASE Dasar Desain Grafis Sekolah: SMK Telkom Makassar Program Keahlian : Teknologi Komunikasi Dan Informatika Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer.
Mengenal Warna. Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian.
Transcript presentasi:

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom Warna Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom Warna dalam Grafika Komputer

Warna dalam Grafika Komputer Warna sebenarnya merupakan persepsi kita terhadap pantulan cahaya dari benda-benda. Iluminasi persepsi warna pantulan Warna dalam Grafika Komputer

Warna dalam Grafika Komputer Cahaya Cahaya merupakan energi elektromagnetik Cahaya dapat dibagi menjadi dua bagian : Cahaya terlihat (visible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang 400-700 nm (nanometer) Cahaya tidak terlihat (invisible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang < 400 nm atau > 700 nm Mata manusia hanya peka terhadap panjang gelombang 400 - 700 nm dan perbedaan panjang gelombang tersebut dipersepsikan sebagai 'warna' Warna dalam Grafika Komputer

Warna dalam Grafika Komputer Spektrum warna Warna dalam Grafika Komputer

Bagaimana manusia melihat warna ? Bagian mata yang sensitif terhadap cahaya disebut sebagai retina, retina berisi dua macam kelompok sel yaitu : rod dan cone Warna dalam Grafika Komputer

Bagaimana manusia melihat warna Rods Hanya dapat membedakan terang dan gelap (hitam / putih) Mata mempunyai 120 juta rod Tidak sensitif terhadap warna Cones Bagian retina yang peka terhadap warna Mata mempunyai 60 juta cones Ada tiga macam cones, masing-masing peka terhadap warna merah (L), biru (S) dan hijau (M). Dapat membedakan 200 warna sekaligus Warna dalam Grafika Komputer

Bagaimana manusia melihat warna? Fovea adalah arena di retina yang berisi cones Berukuran 1/150 inch Fovea hanya mempunyai sudut pandang sebesar 1,7 derajad. Diluar itu gambar terlihat kabur. Setiap cones di fovea mempunyai satu jalur syaraf ke otak dan dapat mengirim 'gambar' sekaligus (paralel) Bandingkan : Video Kamera mempunyai 400.000 sensor tetapi hanya dapat mengirim 'gambar' satu persatu (stream) Warna dalam Grafika Komputer

Bagaimana manusia melihat warna? Warna dalam Grafika Komputer

Bagaimana warna dibuat ? Warna dapat diproduksi berdasarkan dua cara : Substractive Colour Additive Colour Substractive : warna dihasilkan sebagai akibat dari diserapnya warna tertentu. Tinta cetak Additive : warna dihasilkan sebagai campuran dari warna yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Monitor Warna dalam Grafika Komputer

Representasi warna di komputer Ada berbagai cara untuk menghasilkan warna menggunakan komputer. Beberapa model warna yang digunakan antara lain : RGB HSV / HSB HLS CMY(K) CIE Warna dalam Grafika Komputer

Warna dalam Grafika Komputer RGB (Red, Green, Blue) Warna diperoleh dari campuran tiga warna dasar (primary color), yaitu : Red, Green, Blue Setiap komponen warna disimpan sebagai angka dari 0-255 (0-FF), dengan 0 = tidak ada komponen 255 = komponen digunakan penuh R = 0 G = 255 B = 0 G = 0 B = 255 R = 255 G = 128 B = 128 R = 128 G =75 Warna dalam Grafika Komputer

CMY(K) / Cyan, Magenta, Yellow, Black Menggunakan warna dasar (primary color) : Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Warna lain diperoleh karena campuran warna dasar menyerap warna dasar dan memantulkan warna yang diinginkan. Warna Tinta Menyerap Memantulkan Terlihat Cyan Merah Biru dan Hijau Sian Magenta Hijau Merah dan Biru Yellow Biru Merah dan Hijau Kuning Magenta+Yellow Hijau dan Biru Cyan + Magenta Cyan + Yellow Warna dalam Grafika Komputer

Warna dalam Grafika Komputer RGB dan CMY(K) Catatan : warna merah disembunyikan Warna dalam Grafika Komputer

HSV/B (Hue, Saturation, Value / Brightness) HSB merupakan sistem warna yang menggunakan ukuran : Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o - 360o, dengan 0o = red,12o=green, 240o=blue Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% - 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli Value / Brightness : pengaruh kecerahan, 0% menyatakan tidak ada cahaya (hitam) dan 100% menyatakan warna putih. Warna dalam Grafika Komputer

HLS (Hue, Lightness, Saturation) Menggunakan ukuran : Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o - 360o, dengan 0o = red,12o=green, 240o=blue Lightness : pengaruh warna putih, nilai maksimum Lightness menyatakan warna putih sedangkan nilai minimum menyatakan warna hitam. Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% - 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli Warna dalam Grafika Komputer

Warna dalam Grafika Komputer CIE CIE (Commission Internationale d'Eclairage) mendefinisikan tiga sumber cahaya hipotetis x,y,z yang menggunakan kurva positif dari spektrum Warna dalam Grafika Komputer