Constructor dan Overloading Kelas dan Objek
Konstruktor Konstruktor adalah method yang secara otomatis dipanggil ketika sebuah kelas diinisialisasi menjadi objek Nama Konstruktor selalu sama dengan nama kelas
Konstruktor Konstruktor digunakan untuk menginisialisasi nilai-nilai atribut yang ada agar terdapat nilai default untuk atribut
contoh class Kotak { int panjang,lebar,tinggi; Kotak() { // konstruktor kelas kotak panjang = 10; lebar = 20; tinggi = 30 } Kotak(int a, int b, int c) { // konstruktor kelas //kotak yang dioverload panjang = c; lebar = b; tinggi = a;
public static void main(String[] args) { Kotak kotakAndi = new Kotak(); //memanggil konstruktor ke 1 Kotak KotakBayu = new Kotak(10,20,13); //memanggil konstruktor k 2 }
Overloading Overloading adalah pendefinisian method yang memiliki nama yang sama dalam sebuah kelas Syarat dari overloading adalah method yang sama memiliki parameter yang berbeda
Contoh class Kalkulator { int bagi (int a, int b) { return a/b; } double bagi (double a, double b, double c) { return a/b*c;
Terlihat pada contoh diatas, terdapat 2 buah method dengan nama yang sama namun legal untuk didefinisikan