Gunadarma University Psychology Faculty for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Abstrak ABSTRACT Psychology Faculty Gunadarma University March 2011 Eva Wijayanti: 10506077 Social Concerns In Teens Who Spend Time to Play Online Game This research is motivated by the planning and delivery of quality services and other services for individuals and groups in accordance with the norms of religions and customs. Therefore, a growing number of research shows that playing games can sharpen skills vital part in the conceptual era. For example, in an important study in the journal Nature in 2003, playing games increases the ability of individuals to detect changes in the environment and its capacity to process information simultaneously. The purpose of this study was to determine how the image of social care in adolescents who spend their time playing games, and what are the factors th... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Masa remaja adalah tahap perkembangan transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa dimana terjadi perubahan biologis, kognitif, dan sosioemosional (Santrock, 2002). Pada masa ini kedudukan remaja menjadi tidak jelas sebab remaja tidak lagi dianggap sebagai anak-anak namun juga belum diakui sebagai individu dewasa. Menurut Salzman (dalam Yusuf, 2000... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kepedulian Sosial 1. Definisi Kepedulian Sosial Kepedulian sosial adalah pemberian dukungan yang dibutuhkan untuk membantu orang mendapatkan kendali atas kehidupan mereka sendiri yang merupakan kunci untuk membantu mereka hidup mandiri (Farrer, dalam Williams 2000 ). Kepedulian sosial adalah sebuah profesi di mana orang bekerja dalam kemitraan dengan orang-orang yang m... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 3 BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif. Peneliti menggunakan bentuk penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa mengenai,” Kepedulian sosial pada remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online”. Menurut Heru Basuki (2006) penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan p... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 4 BAB IV PELAKSANAAN DAN HASIL A. Pelaksanaan Penelitian Sebelum melakukan pengumpulan data, peneliti menghubungi subjek terlebih dahulu untuk membuat janji bertemu dan melakukan wawancara padanya. Kegiatan wawancara dilaksanakan pada hari Minggu, 28 November 2010. Peneliti mendatangi rumah subjek pada pukul 13.00 WIB dan sekitar pukul 14.00 WIB peneliti melakukan wawancara. Dalam melaksanakan pene... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 5 BAB V PENUTUP A. Kesimpulan Dari hasil penelitian dan wawancara dapat disimpulkan bahwa gambaran kepedulian sosial pada subjek yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online yaitu baik, dilihat dari subjek meluangkan waktunya untuk keluarga daripada bermain game online, subjek membantu teman, tetangga jika sedang tertimpa musibah atau masalah dan subjek juga sangat sayang sama adiknya. Sub... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id