IF37325P - Grafika Komputer Pendahuluan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Advertisements

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
Bab 6 Multimedia.
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Grafika Komputer 3 sks.
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Teknologi Informasi Multimedia
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
Pemrograman multimedia
Realisme Pada Grafik Komputer
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER & OLAH CITRA
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengenalan Grafika Komputer
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (AUGMENTED REALITY)
Pengantar Grafika Komputer
19 Januari 2011 Grafika komputer.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KOMPUTASI dan PEMROGRAMAN
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
pengolahan citra References:
Pertemuan 1 Introduction
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Intro To 3D Computer Graphic
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Tren PTIK (Pengantar Teknologi, Informasi dan Komunikasi) Masa Kini
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Pengantar Pengolahan Citra
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
ABSTRACT Animation is an image or object processing which can be moved. Firstly, animation is made using paper sheet by sheet which is flipped until get.
KOMPUTASI dan PEMROGRAMAN
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGENALAN CITRA DIGITAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Transcript presentasi:

IF37325P - Grafika Komputer Pendahuluan Irfan Maliki IF27325P Grafika Komputer © 2008

Materi Kuliah : 2 19-20-21 Maret 2013 Pengantar Grafika Minggu ke- tanggal materi kuliah Keterangan 1 Selasa-Rabu-Kamis/ 5-6-7 Maret 13 Pendahuluan 12-13-14 Maret 2013 Seminar Nasional di Medan Kuliah LIBUR 2 19-20-21 Maret 2013 Pengantar Grafika 3 26-27-28 Maret 2013 Sistem Grafika 4 2-3-4 April 2013 Geometri Primitive 5 9-10-11 April 2013 Transformasi Dua Dimensi 6 16-17-18 April 2013 Transformasi Dua Dimensi Gabungan

Materi Pendahuluan Definisi Komputer Grafis Sejarah Komputer Grafis Aplikasi Komputer Grafis IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 3

Visual Science IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 4

Image Processing Memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik (peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik) Melakukan pemilihan citra ciri (feature images) yang optimal untuk tujuan analisis Melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 5

Image Processing Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 6

Computer Vision Proses otomasi yang mengintegrasikan sejumlah besar proses untuk persepsi visual seperti akuisisi citra, pengolahan citra, klasifikasi, recognition dan pengambilan keputusan Proses penyusunan deskripsi tentang obyek yang terkandung pada suatu gambar atau mengenali obyek yang ada pada gambar Pengenalan Pola(Pattern Recognition): Speech Recognition, Face Recognition, Fingerprint Recognition dll; IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 7

Computer Vision Kecerdasan Buatan(Artificial Intelligence): Speech Understanding. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 8

Apakah grafika komputer itu ? IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 9

Definisi Seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi komputer (Hearn & Baker) Merupakan sekumpulan alat terdiri dari hardware dan software yang digunakan untuk membuat gambar (to create pictures) dan berinteraksi dengan gambar dengan cara-cara seperti yang biasa digunakan (Hill) IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 10

Definisi Suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisika, matematika, artistik dan bahkan struktur abstrak proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut Teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realisme) IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 11

Realism? The quest of computer graphics is often described as photorealism Create images that cannot be distinguished from a photograph This requires modeling and simulation of optics, physics, and human perception But much of computer graphics concerns directed unreality Things that don’t or can’t exist: dinosaurs, ghosts, talking mice Controlled simulation, e.g. a puff of smoke that forms a word Shadows that obey director’s sense of atmosphere, not optics Nothing! Removing elements from images or scenes And sometimes the goal is not realism but depiction or abstraction IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 12

Photorealism IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 13

Keyframe Control of Smoke Antoine McNamara, Adrien Treuille, Zoran Popović, Jos Stam IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 14

Designing Effective Step-By-Step Assembly Instructions Maneesh Agrawala et al. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 15

Fragment-Based Image Completion Iddo Drori, Daniel Cohen-Or, Hezy Yeshurun IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 16

IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 17

IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 18

Realisme ? IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 19

IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 20

Sejarah Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik 1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer. 1963 : ditemukan Sutherland (MIT) Sketchpad (manipulasi langsung, CAD) Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector) Mouse oleh Douglas Englebert 1968 : ditemukan Evans & Sutherland 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 21

Sejarah 1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier. 1971: ditemukan Gouraud Shading 1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer. 1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing 1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping. 1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 22

Sejarah 1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star. Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime. 1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel. 1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter. 1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar). IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 23

Sejarah 1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award. 1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll. 2000 : ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 24

Classification of Application Type (dimensionality) of the object Type of interaction Role of the picture Relationship between objects and their picture IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 25

Applications Graphs and Charts Data Visualizations CAD Education and Training Computer Art Computer Animation and Entertainment Video Games Virtual reality environments IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 26

Graphs and Charts Bertujuan untuk memberikan impresi yang lebih dalam pada data Pada masa lalu, data digambarkan langsung dengan plotter pada kertas atau dirender dengan character printer Pada saat ini bahkan hanya merupakan kemudahan tambahan dalam software spreadsheet komersil Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 27

Graphs and Charts IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 28

Data Visualizations Data visualization: data yang diperoleh secara sampling, diinterpolasi dan dianimasikan untuk membentuk visualisasi yang lebih lengkap Termasuk ke dalamnya: scientific visualization dan bussiness visualization Scientific visualisation: memvisualisasikan model-model matematis (eg. pers. Differensial), model-model struktural Bussiness visualization: memvisualisasikan model/data yang diperoleh dari dunia bisnis IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 29

Data Visualizations IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 30

CAD Selain memungkinkan digitasi data dengan mudah, juga menyediakan fitur-fitur untuk analisis rancangan Visualisasi generasi awal dengan wireframe model Visualisasi generasi sekarang dengan “walkthrough” (building), animasi realtime (machinery), surface rendering & lightingeffect (automobile) untuk menampilkan hasil rancangan secara lebih visual IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 31

CAD IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 32

Education and Training Pemanfaatan visualisasi proses-proses untuk meningkatkan pemahaman akan suatu konsep Menambah aspek entertainmen untuk meningkatkan daya tarik materi edukatif Pembuatan simulator untuk melatih ketrampilan teknis yang menggantikan sistem pelatihan beresiko tinggi dan berbiaya mahal IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 33

Education and Training IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 34

Computer Art Karya seni diciptakan menggunakan bantuan komputer IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 35

Computer Animation & Entertainment (1) Mensubstitusi bagian movie Menghasilkan efek visual Menghasilkan “makhluk jadi-jadian” Pembuatan film secara total IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 36

Computer Animation & Entertainment (2) IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 37

Video Games (1) Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video player dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game. IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 38

Video Games (2) IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 39

Virtual Reality Environments (1) Perluasan dari interactive computer entertainment Dengan dukungan kemajuan HW dan SW memungkinkan interaksi yang lebih intensif dan visualisasi yang lebih natural IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 40

Virtual Reality Environments (2) IF27325P Grafika Komputer © 2008 Halaman 41