APLIKASI KECERDASAN BUATAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
AI(Artificial Intelligent)
Advertisements

Pengenalan Kecerdasan Buatan Oleh : Saatul Ihsan.
Oleh: Achmad Zakki Falani Universitas Narotama Fakultas Ilmu Komputer
PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Topik Khusus 1 Pertemuan I Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom, M.Kom.
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
PENELITIAN DI BIDANG ILMU KOMPUTER
Grafika Komputer (TIZ10)
Assalamu’ Alaikum Wr. Wb. Ricky Novrica. AD(098) Andika Noviantoro(126) Wahyu Iman. E(101) Qhoirul Wibisono(143) Zulfrizal F(119)
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
Musafir H. S ( ) Randy kurniawan ( ) Dewi Peni ( )
BAB 7 IMPLEMENTASI & PEMELIHARAAN PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
Artificial Intelligence
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
BAB XIV KECERDASAN BUATAN. PENDAHULUAN Mulai sekitar abad 18 sebagaimana mesin telah menjadi lebih kompleks, usaha yang keras telah dicoba untuk ii manusia.
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
APLIKASI PENJUALAN MAINAN ANAK-ANAK PADA TOKO
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
Spesifikasi Perangkat Lunak
KONSEP INTERFACE
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
PERTEMUAN 4 SISTEM PAKAR
Penjelasan Tugas Akhir
ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TIGA DIMENSI Siti Aminah,
KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)
Fakultas Ilmu Komputer
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN - Artificial Intelligence
Kecerdasan Buatan (AI/ Artificial Intelligence)
Artificial Intelegence
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengantar Teknik Elektro
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
J2SE PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN
CENTRAL NERVOUS SYSTEM
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN - Artificial Intelligence
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN Wahyu Jatmiko,
ANIMASI INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER Sampurna Alam
BAB XIV KECERDASAN BUATAN
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Interaksi Manusia dan Komputer
Kecerdasan Buatan Pokok Bahasan Pendahuluan Definisi Kecerdasan Buatan
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
SISTEM PAKAR.
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2017.
Kecerdasan Buatan.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Konsep Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
MERANCANG APLIKASI GAME THE SPACESHOTER DENGAN JAVA 2 Eggi Akbar Triana, for further detail, please visit
MENGGUNAKAN VISUAL BASIC
BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL C# PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN ASTEROID 3D MENGGUNAKAN for further detail, please visit
KARYA BINTANG DENGAN VISUAL BASIC 6
PEMBUATAN APLIKASI GAME MENARA HANOI MENGGUNAKAN Indah Apriani
Transcript presentasi:

APLIKASI KECERDASAN BUATAN I. Joko Dewanto & Adel Chandra APLIKASI KECERDASAN BUATAN

Kecerdasan BUATAN “Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas (H. A. Simon [1987]).”   “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Knight [1991]).”

APLIKASI KECERDASAN BUATAN APLIKASI berupa instruksi yang diprogram ke komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dapat melakukan kegiatan seperti manusia adalah cerdas, bahkan lebih cerdas daripada manusia

Penerapan aplikasi kecerdasan buatan Deep Blue adalah program catur yang pada tahun 1997 dapat mengalahkan pecatur dunia Garry Kasparov dengan kedudukan 3,5 – 2,5 Logic Theorist adalah program yang mampu membuktikan beberapa teorema yang terdapat pada bab pertama Principia Matematica karya Whitehead dan Russell SYSTRAN adalah perangkat lunak yang dapat dipakai untuk melakukan penerjemahan dari dan kebahasa-bahasa berikut: Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Korea, Rusia, Portugis dan Spanyol Delco Electronics menciptakan sebuah mobil yang dapat mengemudi sendiri. Mobil ini menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap bertahan di jalan Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis

Aplikasi kecerdasan buatan – BERBAGAI bidang Bidang Komputer dan Sains Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman dinamis serta pemrograman orientasi objek. Finansial Pada bidang finansial, penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham, dan memanajemen properti. Sebuah sistem yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta dapat mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham sehingga dapat digunakan untuk menentukan investasi secara detail.

Aplikasi kecerdasan buatan – BERBAGAI bidang Kesehatan Pada bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah digunakan, slah satunya adalah algoritma genetika yang memungkinkan simulasi proses evolusi dan rekayasa genetika diuji coba tanpa memerlukan “korban” makhluk hidup. Algoritma ini juga dapat digunakan untuk pencocokan DNA yang sering digunakan dan saat ini mungkin populer untuk mengidentifikasi identitas seseorang Industri Mesin – mesin industri menggantikan pekerjaan yang berbahaya bagi pekerja.

Aplikasi kecerdasan buatan – BERBAGAI bidang Telekomunikasi Pada Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan juga banyak digunakan antara lain untuk pencarian heuristik tentang tenaga kerja mereka, mengatur penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan jumlah gaji sesuai dengan kualitas kerja mereka. Semuanya dilakukan secara otomatis dengan kecerdasan buatan yang telah diimplementasikan ke dalam sistemnya. Pengembangan Game Game masa kini sudah menggunakan rule yang berbeda dari sebelumnya. Kini jika pemain harus memulai lagi permainan maka dia tidak akan menemui pola yang sama dengan yang dimainkannya sebelumnya. Aplikasi kecerdasan buatan : http://en.wikipedia.org/wiki/Applications_of_artificial_intelligence

Categori aplikasi ai http://en.wikipedia.org/wiki/Category:Artificial_intelligence_applications

Aplikasi kecerdasan buatan – BERBAGAI bidang Pengembangan ROBOT Peralatan permainan seperti AIBO dan ASIMO, robot anjing cerdas dan robot yang menyerupai manusia yang dapat berinteraksi dengan manusia menjadi salah satu favorit alat bermain yang telah menggunakan kecerdasan buatan pada sistemnya. AIBO dan ASIMO ini dapat berinteraksi dengan manusia melalui suara, fitur speech recognition di dalamnya, robot ini dapat mengerti apa yang diucapkan manusia dan menanggapinya.

TUGAS – Aplikasi kecerdasan buatan Buat topik aplikasi kecerdasan buatan dalam 1 tim (3 orang) Buatlah rencana pengembangan aplikasi kecerdasan buatan, sesuai dengan tuntutan bidang ilmu Buat proposal, berisi : latar belakang masalah, konsep teori AI , metodologi pengembangan aplikasi kecerdasan buatan Kumpulkan rencana proposal tersebut pada minggu ke 3