TIM PENGAJAR HUKUM EKONOMI ISLAM FHUI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Divisi Keamanan.
Advertisements

ORIENTASI MHS 2013/2014 Peraturan, Tata Tertib, & Sanksi Akademik
BERIMAN KEPADA HARI AKHIR
SILABI HUKUM ISLAM.
Urgensi Dakwah Ekonomi Islam
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Tata Tertib Perkuliahan
Teori Organisasi Umum dosen: FIRDAUS.
Mata Kuliah PENDIDIKAN PANCASILA Anang Zubaidy Yogyakarta 2013
PERANCANGAN SISTEM IV Bernadeth Adriasi, S.Kom PERTEMUAN I SYLLABUS.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Dr. Siswoyo Hari Santosa, SE., M.Si
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
HUKUM PERDATA ISLAM Rabu, 3 September TATA TERTIB PERKULIAHAN 1. Berpakaian sopan dan rapi 2. Alat komunikasi dinonaktifkan 3. Batas waktu keterlambatan.
Oleh: Ruslan A Ghofur Noor
KULIAH PENGANTAR BLOK CSL II
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
ANALISIS & PERANCANGAN SISTEM
PENGANTAR ILMU EKONOMI
Andika Elok Amalia, ST., MT.
Oleh. Amida Yusriana, M.I.Kom
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
KULIAH PENGANTAR BLOK CSL IV
SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KESEJAHTERAAN UMAT
Manajemen Bencana Eko Hartini.
TEORI DAN ASAS PEMUNGUTAN PAJAK
Petunjuk Pelaksanaan UK
Statistika Dasar (3 SKS)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
EVALUASI PEMBELAJARAN
TATA LAKSANA AKADEMIK FAKULTAS PSIKOLOGI – UNIVERSITAS ESA UNGGUL
PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR
Aturan dan Kontrak Perkuliahan
KOMITMEN MENU.
Tujuan Instruksional Umum:
SISTEM EKONOMI Pengertian,,,,,,,,,????
Rancangan Perkuliahan Semester
Prusyariah Q & A PruSyariah.
Sistem Ekonomi Islam Sistem Ekonomi Islam adalah sistem ekonomi yang berdasarkan ajaran Islam. Filosofi : Islam adalah pedoman hidup manusia yang lengkap,
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Islam dan Dasar-Dasar Ekonomi
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MASALAH EKONOMI DAN CARA MENGATASINYA
Keamanan Komputer dan Informasi
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
Komponen Penilaian Item Bobot Presensi 10% Kuis Tugas Kelompok 30% UTS
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
Oleh Hamdil mukhlishin, S.Pd
BAB 2 TASAWWUR ISLAM.
HUKUM ISLAM Uswatun Hasanah dan Tim
Briefing Try Out Uji Kompetensi
HUKUM ISLAM DALAM TATA HUKUM INDONESIA
KONSUMSI DALAM ISLAM TUTUT LINA WIJAYANTI
TEORI PRODUKSI.
SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KESEJAHTERAAN UMAT
DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 1.PRI HANTANTI MEILI YANA EKONOMI ISLAM.
TIM PENGAJAR HUKUM EKONOMI ISLAM FHUI
Kontrak Kuliah Dasar Pemrograman Semester gasal 2010/2011
Syarat Mengikuti Perkuliahan
Rekayasa Sistem Multimedia An Introduction
KULIAH EDU 5814 PROF. MADYA. DR. ASMAWATI SUHID KETUA
Grafika Komputer An Introduction
Dosen pengajar Gustilas Ade Setiawan, S.pd. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat belajar, berbagai teori belajar seperti teori behavioristik,kognitif,
NORMA SOSIAL. PENGERTIAN NORMA SOSIAL Norma merupakan perwujudan atau aplikasi dari nilai- nilai yang dianut oleh suatu masyarakat Contoh : Dalam rumah.
Peraturan Perkuliahan IAIN Langsa Rifyal Dahlawy Chalil, SEI., M.Sc.
KONTRAK BELAJAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
Algoritma dan Dasar Pemprograman
BERIMAN KEPADA HARI AKHIR KELOMPOK 4 Tulus Satriadi( ) Putri Handayani ( ) Rosdiana Nanda P ( ) Linda Riana S( )
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
KELOMOPOK 4 Disusun Oleh : Rizki Aidil (G1B018007) Altos Syafullah (G1B018035) Dayu Kinanda (G1B018053) Yogi Priyantoro (G1B018073) Lut Junianto (G1B018093)
Transcript presentasi:

TIM PENGAJAR HUKUM EKONOMI ISLAM FHUI

TATA TERTIB PERKULIAHAN Selama kuliah berlangsung ; 1. Mahasiswa harus berpakaian rapi dan sopan. 2. Seluruh alat komunikasi harus dimatikan. Batas keterlambatan adalah 15 menit, jika melebihi batas waktu ini mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti kuliah pada hari itu.

Jika mahasiswa tidak dapat mengikuti kuliah karena mewakili FHUI harus dibuktikan dengan surat tugas dari fakultas, jika sakit maka harus dengan surat keterangan sakit dari dokter yang telah dilegalisir PKM. Wajib membawa buku dan peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan. Dilarang menitip tanda tangan kehadiran, bila melakukannya yang dititipkan dan yang menitipkan dianggap tidak hadir. Bila tidak ada yang mengaku semua dianggap tidak hadir.

Tugas harus diberikan tepat waktu. Dilarang melakukan kecurangan dalam tugas dan ujian. Bila melakukannya maka tidak lulus dalam kuliah.

SISTEM EVALUASI Instruman evaluasi yang digunakan dalam kuliah ini adalah: Kehadiran : 10 % Tugas : 20 % UTS : 30 % UAS : 40 % UTS diselenggarakan pada kuliah ke 8.

Sistem Ekonomi Islam Pengertian: Sistem Ekonomi Islam adalah sistem pemenuhan kebutuhan hidup manusia untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam dalam al Qur’an dan as Sunnah yang dikembangkan oleh pemikiran manusia

Menarik untuk dikaji krn: 1. Diharapkan dapat memecahkan masalah- masalah yg melanda ekonomi dunia. 2. Merupakan cabangilmupengetahuan yang dijiwai oleh ajaran Islam.

Pendekatan Islam dalam ekonomi a.l : 1. Konsumsi manusia dibtsi sampai pd tingkt yg perlu dan bermanfaaat bagi kehdpan mns. 2. alat pemuasan dan kebutuhan mns seimbang. 3. dalam pengaturan distribusi, sirkulasi barang dan jasa, nilai-nilai moral hrs diterapkan. 4. pemerataan pendptan dilakukan dengan mengingat sumber kekayaan seseorang diperoleh dari usaha yang halal.

SUMBER HUKUM EKONOMI ISLAM 1. Al-Qur’an. 2. As-Sunnah. 3. Ar-Ra’yu.

SISTEM EKONOMI ISLAM Ahmad M. Saefuddin 1. Asas Filsafat Ekonomi Islam. 2. Nilai Dasar Ekonomi Islam. 3. Nilai instrumental Ekonomi Islam.

Asas Filsafat Ekonomi Islam Menurut A. M. Saefuddin ada 3 asas filsafat ekonomi Islam, yaitu: Semua yg ada di alam semesta, langit, bumi serta sumber-sumber alam yg ada padanya, juga harta kekayaan yg dikuasai manusia adalah milik Allah. Pemilikan manusia atas barang dan jasa bersifat relatif.

2. Allah itu Maha Esa : Allah adalah pencipta segala yang ada di alam semesta termasuk manusia. 3. Beriman pada hari kiamat dan kepada hari pengadilan. Merupakan asas penting dalam SEI karena segala tingkah laku ekonomi mns di dunia termasuk harta kekayaan yang diamanatkan Allah kepada manusia akan dimintakan pertanggungjawabannya di akhirat kelak.