M2. Produksi konten Multimedia 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
SUMBER BELAJAR.
MULTIMEDIA ISLAMI Mista Hadi Permana DEFINISI MULTIMEDIA DDalam dunia elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
Perangkat Keras 1. Keyboard 2.Scanner 3.CPU 4. Monitor 5. Printer
PERANGKAT PADA KOMPUTER
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Disampaikan Pada Bimbingan Teknis di guru-guru dilingkungan Masyarakat Katholik Kementerian Agama Kantor Wilayang Propinsi Jawa Barat di Hotel Sanga Buana.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
Unsur-unsur Komputer Aplikasi Komputer 1.
Memahami etimologi multimedia
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
Media Pembelajaran (Audio, Visual, dan Audio Visual)
Pemrograman multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
TOPIK 12 PRESENTASI RENCANA USAHA KEWIRAUSAHAAN. Media Lebih dari satu media (alat) Lebih dari satu media (alat) Media sesuai dengan tujuan Media sesuai.
Produksi Multimedia (KMN 504)
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MIDI VERSUS AUDIO DIGITAL
Nama Kelompok : Ahmad Rais NO BP :
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Storyboard.
MEDIA PEMBELAJARAN.
Media Pembelajaran Matematika
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Produksi Konten Multimedia
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR.
Memahami etimologi multimedia
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
MEDIA PEMBELAJARAN SUMBER BELAJAR DAN BAHAN AJAR
Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran Pemilihan, Penggunaan dan Perawatan Media Pembelajaran Sederhana  
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
Multimedia System Hypermedia Hypertext.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR.
APLIKASI POWER POINT ONLINE
Memahami etimologi multimedia
PENGGOLONGAN KOMUNIKASI
By : ijaa.wordpress.com.
Welcome! © Copyright Showeet.com – Free PowerPoint Templates.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
Konsep dasar sumber belajar. DEFINISI SUMBER BELAJAR sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
SUMBER BELAJAR.
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) TIK
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Komponen input dan output komputer
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
Transcript presentasi:

M2. Produksi konten Multimedia 1 Sistem Multimedia M2. Produksi konten Multimedia 1

Summary Jenis konten Multimedia Perangkat Lunak & Perangkat Keras Multimedia

Jenis Konten MutimedIa Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. Yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.

Jenis Konten MutimedIa Menurut (Green & Brown, 2002: 2-6) Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: Teks Grafik Audio Interaktivitas

Teks Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana.

Teks Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut

Grafik Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor.

Grafik Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.

Grafik Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.

Audio Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.   Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.

Interaktivitas Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.

Interaktivitas Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.

Metode Green & Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu: a. Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur. b. Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.

Metode Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players,  tape recorder, radio. Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film. Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: kompute

Pada Tahun 1990 386SX CPU 2 MB RAM 30 MB hard disk 256-color, 640 x 480 VGA video card 1x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time Sound card outputting 22 KHz, 8-bit sound; and inputting 11 KHz, 8-bit sound Windows3.0 with multimedia extensions

Pada Tahun 1993 25 MHz 386SX CPU 4 MB RAM 160 MB hard disk 16-bit color, 640 x 480 VGA video card 2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time Sound card outputting 44 KHz, 16-bit sound Windows3.0 with multimedia extensions, or windows 3.1

Pada Tahun 1996 75 MHz 386SX CPU 4 MB RAM 540 MB hard disk Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15 bit color MPEG 1 Hardware or software video playback 2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time Sound card outputting 44 KHz, 16-bit sound