Pengorganisasian Class

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Advertisements

Membuat Packages package nama_package;
- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
Package As’ad Djamalilleil
Abstract Class & Interface
Pemrograman JAVA (TIB09)
Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
- PERTEMUAN 6- INTERFACE
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
KELAS INNER, KELAS ABSTRACT, DAN INTERFACE
Abstract Class.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
NAMA : JUMADI Npm : Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Pemrograman Berorientasi Objek
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Inheritance (Pewarisan)
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pemrograman Berorientasi Object
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Constructor dan Overloading
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
BAB 1 PACKAGE (PAKET) Pokok bahasan : 1. Pembuatan paket 2.
MODIFIER JAVA.
MENGENAL KEYWORD this, static, final
Pemrograman Berorientasi Objek
Contoh Kasus: Agregasi
Pengorganisasian Class
Teori Pertemuan 8 “Pengorganisasian Class”
INTERFACE Pertemuan 005.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
JAVA FUNDAMENTAL (Method)
PPBO.
THREAD Pertemuan 9.
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Interface.
As’ad Djamalilleil Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Package As’ad Djamalilleil
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
Matakuliah : M0864/Programming I
Exception Handling, Package, Abstract Class & Interface
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Interface Pertemuan 2.
MENGENAL KEYWORD this, static, final
Pemrograman Berorientasi Object
Tugas Akhir Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Contoh.
STUDI KASUS.
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom, M.Kom.
Interface pada Java Untuk memahami lebih mudah, interface sekumpulan dari method-method yang dibuat tapi belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut,
Package, Abstract Class, Interface, Java Collection Framework
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

Pengorganisasian Class Package, Interface

Packages Package adalah koleksi dari beberapa class dan interface yang berhubungan, dan menyediakan proteksi akses dan pengelolaan namespace 1 package adalah 1 folder di file system Package berguna untuk mengorganisir file dalam suatu project atau library Nama package menggunakan lowercase Keyword: package name;

Budi.java package kelasku; public class Budi{ public void info(){ System.out.println(“Kelas Budi”); }

Joko.java package kelasku; public class Joko{ public void info(){ System.out.println(“Kelas Joko”); }

PaketBeraksi.java import kelasku.*; public class PaketBeraksi{ public static void main(String[] args){ Budi objectBudi = new Budi(); objectBudi.info(); Joko objectJoko = new Joko(); objectJoko.info(); }

Struktur Direktori PaketBeraksi.java kelasku Budi.java Joko.java

Interface Interface digunakan apabila kita ingin menentukan apa yang harus dilakukan oleh suatu class tapi tidak menentukan bagaimana cara untuk melakukannya Interface sebenarnya sama dengan class, tapi hanya memiliki deklarasi method tanpa implementasi

InterfaceLampu.java interface InterfaceLampu{ public static final int KeadaanHidup=1; public static final int KeadaanMati=0; public abstract void hidupkan(); public abstract void matikan(); }

Lampu.java public class Lampu implements InterfaceLampu{ int statusLampu; public void hidupkan(){ if (this.statusLampu == KeadaanMati){ this.statusLampu = KeadaanHidup; System.out.println("Hidupkan Lampu! --> Lampu Hidup"); }else{ System.out.println("Hidupkan Lampu! --> Lampu Sudah Hidup Kok");} } public void matikan(){ if (this.statusLampu == KeadaanHidup){ this.statusLampu = KeadaanMati; System.out.println("Matikan Lampu! --> Lampu Mati"); System.out.println("Matikan Lampu! --> Lampu Sudah Mati Kok"); Lampu.java

LampuBeraksi.java public class LampuBeraksi{ public static void main(String[] args){ Lampu lampuKamar = new Lampu(); System.out.println("Status Lampu Saat Ini: Mati"); lampuKamar.hidupkan(); //Hidupkan Lampu lampuKamar.matikan(); //Matikan Lampu }

UML – Class Diagram

UAS (take home) Disain Class Diagram dan buat paket program tentang Jadwal Kuliah. Ketentuan: Informasi yang ditampilkan meliputi Kode Mata Kuliah, Nama Mata Kuliah, Nama Dosen, Ruang dan Waktu (dalam bentuk tabel). Buat Class Dosen (kode, nama dosen dan alamat), Kurikulum (kode dan nama mk, sks), dan Ruang (kode dan nama ruang) Terdapat interface untuk status dosen (aktif atau tidak) Terdapat methode untuk mengaktifkan dan non-aktifkan dosen. Jika dosen aktif maka dapat diplot pada Jadwal Kuliah.