Pemodelan objek.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Advertisements

KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
U M L Unified Modeling Language
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Object Oriented Analysis and Design
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Oleh : Maria Tantri Agus Setiawan Ahmad Budi S
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Interaction Diagram Interaction diagram membuat model perilaku (behavior) use case diagram dengan menggambarkan cara interaksi dari group-group objek dalam.
Pertemuan 3 Pemodelan Bisnis
Architecture dan design
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Pertemuan 1 Konsep Dasar OOAD
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Behavioural Modelling
Use-Case.
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Suwirno Mawlan 1 Diagram Ese Case. Suwirno Mawlan 2 Diagram Use Case Use case = serangkaian skenario yang menggambarkan interaksi antara user dan sistem.
Perancangan Berorientasi objek
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
UML (Unified Modelling Language)
Diagram-diagram UML Pokok Bahasan : Use case diagram Class diagram
Diagram Use-Case.
OBJECTORIENTED ANALYSIS
Pengantar UML.
Unified Modeling Language [UML]
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Soal Kuis I PSBO.
Object oriented analyst and design
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
Object-Oriented Analysis (OOA)
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Object oriented analyst and design
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
UML mendukung pengembangan aplikasi
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PEMODELAN PROYEK (UML)
Pengenalan Analisa Desain
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Pengembangan Sistem Pertemuan 3.
Pengenalan UML.
Ujian Akhir Semester (UAS)
Pemodelan Suwirno Mawlan.
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Soal PSBO Pert.1-6.
Use Case Diagram.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak – Part 1
Unified Modelling Languange (UML)
Unified Modeling Language (UML)
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Pengembangan Sistem Kuliah : APSI Oleh : Iwan Abadi, Ir., M.M.
Studi Kasus Penjualan Online
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Pemodelan objek

UML Unified Modeling Language (UML) = bahasa standard yang digunakan untuk melakukan spesifikasi, visualisasi, konstruksi, dan dokumentasi sistem software UML juga digunakan utk membuat model sebuah bisnis dan sistem yang non-software

Fase Pengembangan Sistem & UML Analisa kebutuhan (requirement analysis) Use case diagrams Analysis Class diagrams, dynamic models Design Tambahan class, infrastuktur teknis Programming Mengubah class ke dalam bentuk kode pemrograman Testing Unit testing  class diagram & specification Integratin testing  component & collaboration diagrams System testing  use case diagram

Tipe-Tipe UML Diagram Use case diagram Class diagram Interaction diagram State diagram Activity diagram Physical diagram Component diagram Deployment diagram

Use Case Diagram Use case = serangkaian skenario yang menggambarkan interaksi antara user dan sistem Actor = melambangkan seorang user atau sebuah sistem yang berinteraksi dengan sistem yang sedang dibuat modelnya Use Case

Use Case Diagram Contoh soal: seorang pelanggan memesan barang pada suatu perusahaan. Berikut ini langkah2 pemesanan barang: Mencari katalog dan memilih item Memanggil sales representative Menyediakan informasi pengiriman Menyediakan informasi pembayaran Menerima nomor konfirmasi dari sales

Contoh Use Case Diagram Browse Catalog & Select Item Call Sales Person Give Shipping Info Give Payment Info Get Confirmation #

Class Diagram Class diagram digunakan utk menggambarkan jenis dari suatu objek dan hubungan antara objek-objek tersebut Class diagram membuat model struktur class dan isinya menggunakan elemen seperti: Classes Packages Objects

Class Diagram Class terdiri dari : nama, atribut, dan operasi Nama Kelas Atribut Proses

Struktur Hirarki General Specialization perincian Kelas objek dalam bentuk specialisasi Whole Part perincian kelas objek terdiri dari apa saja

General Specification Whole Part

Interaction Diagram Interaction diagram membuat model perilaku (behavior) use case diagram dengan menggambarkan cara interaksi dari group-group objek dalam menyelesaikan tugasnya Interaction diagram dibagi menjadi dua: Sequence diagram Collaboration diagram

Sequence diagram . Sistem Kasir Inisialisasi () Entry Jual () Entry Bayar () Cetak Struk ()

Diagram Collaborasi . Inisialisasi () 1. Init Tabel () Cah register barang

Diagram Collaborasi . Inisialisasi () 1. Init Tabel () Cah register Penjualan barang

State Diagram State diagram digunakan utk menggambarkan perilaku (behavior) sistem State diagram menggambarkan seluruh kemungkinan keadaan suatu objek saat event muncul Tiap diagram mewakili objek dari suatu kelas dan menelusuri perbedaan keadaan dari setiap objek pada seluruh sistem

Activity Diagram Activity diagram menggambarkan arus kerja dari perilaku sistem Activity diagram = state diagram  aktivitas adalah keadaan melakukan sesuatu Activity diagram menggambarkan keadaan aktivitas dengan menunjukkan aktivitas yang dilakukan secara berurut Activity diagram dapat menggambarkan aktivitas kondisional maupun aktivitas paralel

Physical Diagram Physical diagram terdiri dari 2 yaitu: Deployment diagram  menunjukkan hubungan fisik antara hardware dan software pada suatu sistem Component diagram  menunjukkan bagian2 dari software dan bagaimana tiap bagian tsb saling berinteraksi

Perancangan berorientasi objek Perbaiki dan lengkapi model objek hasil analisis Perancangan objek Rancang model kolaborasi dan hubungan antar objek Rncang antar muka pemakai Pengkajian ulang