Pengaksesan File Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Try, Catch, Finally Throws
Advertisements

Input dan Output.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Flow Control & Exception Handling
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Idris Winarno
I/O Stream lanjutan.
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Algoritma & Pemrograman 1
Try, Catch, Finally Throws
Mendapatkan input dari keyboard
I/O Streams Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Idris Winarno.
Input/output dan Kelas File
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
File Stream.
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Penanganan Eksepsi Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Fakultas Ilmu Komputer Informatika Universitas Bina Darma
Perulangan.
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Array & Array List Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Contoh Kasus: Agregasi
BAB XI EXCEPTION HANDLING.
Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom
Array Of Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Algoritma & Pemrograman 1
Pemrograman berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
S. Indriani Lestariningati, M.T
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
OPERASI FILE & EXCEPTION HANDLING
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PERTEMUAN 3 I/O STREAMS PERINTAH MASUKAN.
PENERAPAN DASAR-DASAR SYNTAX JAVA
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
291.
Aplikasi Berbasis Teks
Dasar Bahasa Java.
INPUT DATA DI JAVA.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
PEMROGRAMAN JAVA.
Contoh.
Perulangan.
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mengulang Kembali Type Data Input Output Struktur Kontrol
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Input Keyboard & Keyword “Final”
Streams & Files 1. Streams (data moving into and out of a program) and files are supported by the java.io package. 2. InputStream & OutputStream are.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 4
Transcript presentasi:

Pengaksesan File Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk: MI1274 — Algoritma & Pemrograman Lanjut Genap 2015-2016 Pengaksesan File Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk: Tim Dosen Algoritma & Pemrograman Lanjut Hanya dipergunakan untuk kepentingan pengajaran di lingkungan Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom

Akses File (Bahasa Pemr. Java) Pengaksesan file menggunakan package java.io Java programs perform I/O through Streams. Stream merupakan abstraksi yang menghasilkan/memerlukan informasi. Stream berhubungan dengan physical device dari Java I/O system. Stream berhubungan dengan input device seperti: disk file, keyboard, atau network socket. Stream juga berhubungan dengan output device seperti: disk file, atau network connection.

Character Stream Byte Stream Stream Java defines two types of streams: byte and character. Byte streamsprovide a convenient means for handling input and output of bytes. Byte streams are used, for example, when reading or writing binary data. Character streams provide a convenient means for handling input and output of characters. They use Unicode and, therefore, can be internationalized. Also, in some cases, character streams are more efficient than byte streams.

MEMBACA & Menampilkan kARAKTER

BufferedReader PrintWriter Bentuk lainnya, bisa gunakan Scanner class atau System.out.println

Mengakses File

Pengaksesan File (Input & Output) FileInputStream FileOutputStream

Membaca File Keterangan: Terdapat demo.txt dengan isi “Hai” import java.io.FileInputStream; import java.io.FileNotFoundException; import java.io.IOException; import java.util.Scanner; public class DemoBacaFile { public static void main(String[] args) { Scanner s = new Scanner(System.in); System.out.print("Masukkan nama file (dengan ekstensi): "); String namafile = s.next(); try { FileInputStream fin = new FileInputStream(namafile); int i; do{ i = fin.read(); if(i!=-1){ System.out.print((char)i); } }while(i!=-1); fin.close(); } catch (FileNotFoundException e) { System.out.println("Tidak Bisa Membuka File"); } catch (IOException e){ System.out.println("Tidak Bisa Membaca/Menutup File"); Keterangan: Terdapat demo.txt dengan isi “Hai” Pada folder yang sama Jika menggunakan Netbeans, taruh demo.txt pada folder Project. File yang digunakan demo.txt tepat berada pada folder Project Netbeans terkait.

Menulis isi File import java.io.FileNotFoundException; import java.io.FileOutputStream; import java.io.IOException; import java.util.Scanner; public class DemoTulisFile { public static void main(String[] args) { Scanner s = new Scanner(System.in); System.out.print("Masukkan nama file (dengan ekstensi): "); String namafile = s.nextLine(); System.out.print("Masukkan kata yang ingin dimasukkan: "); String kata = s.nextLine(); try { FileOutputStream fout = new FileOutputStream(namafile); for (int i = 0; i < kata.length(); i++) { int byteCharOfString = (int) kata.charAt(i); fout.write(byteCharOfString); } System.out.println("File sudah ditulis. Silahkan dicek manual"); fout.close(); } catch (FileNotFoundException e) { System.out.println("Tidak Bisa Membuka File"); } catch (IOException e) { System.out.println("Tidak Bisa Membaca/Menutup File");

Hal yang harus diperhatikan Perhatikan peletakan file yang digunakan untuk kode yang dieksekusi Menuliskan dan Membaca File berbasiskan nilai integer yang merupakan nilai byte dari setiap karakter

Penyimpanan Objek Pada File Disclaimer: Kode diambil dari blog wordpress. Pemilik blog telah mengetahui pengambilan kode tsb. Pihak FIT Universitas Telkom atau pembuat slide tidak melakukan pelanggaran hak cipta terhadap sumber data terkait pengambilan kode tersebut

Penyimpanan Objek Penyimpanan file tidak hanya terkait tulisan, Objek juga dapat disimpan ke dalam file. Objek yang disimpan dapat dibaca kembali untuk digunakan pada program Penyimpanan data dapat berupa data objek atau array of object (untuk materi ini hanya menggunakan array list)

Penyimpanan Objek Buat sebuah class yang meng-implements Serializable Gunakan FileOutputStream dan ObjectOutputStream untuk melakukan penyimpanan data objek ke file Gunakan FileInputStream dan ObjectInputStream untuk melakukan pembacaan data objek ke file

Penyimpanan Objek Diketahui sebuah class sebagai berikut

Perhatikan bahwa class meng-implements Serializable import java.io.Serializable; public class Oshi implements Serializable{ private String nama; private char tim; private int tahunLahir; public Oshi(String nama, char tim, int tahunLahir) { this.nama = nama; this.tim = tim; this.tahunLahir = tahunLahir; } public String getNama() { return nama; public void setNama(String nama) { public char getTim() { return tim; Perhatikan bahwa class meng-implements Serializable public void setTim(char tim) { this.tim = tim; } public int getTahunLahir() { return tahunLahir; public void setTahunLahir(int tahunLahir) { this.tahunLahir = tahunLahir; @Override public String toString() { return "Oshi{" + "nama=" + nama + ", tim=" + tim + ", tahunLahir=" + tahunLahir + '}';

Penyimpanan Objek import java.io.FileOutputStream; import java.io.IOException; import java.io.ObjectOutputStream; public class SimpanData { public static void main(String[] args) { //bentuk 1 objek Oshi Oshi o = new Oshi("Melody", 'J', 1992); //menyimpan objek oshi "o" try { FileOutputStream fos = new FileOutputStream("file_oshi.dat"); ObjectOutputStream oos = new ObjectOutputStream(fos); oos.writeObject(o); oos.close(); System.out.println("Tersimpan"); } catch (IOException ex) { System.out.println("Gagal. Error: "+ex); } Objek yang akan disimpan File “file_oshi.dat” dapat berekstensi selain .dat. Tempat penyimpanan dalam folder yang sama. Jika menggunakan Netbeans, file terbentuk pada folder project terkait.

Pengambilan Objek import java.io.FileInputStream; import java.io.IOException; import java.io.ObjectInputStream; public class AmbilData { public static void main(String[] args) { Oshi o; try { FileInputStream fis = new FileInputStream("file_oshi.dat"); ObjectInputStream ois = new ObjectInputStream(fis); o = (Oshi) ois.readObject(); System.out.println(o); ois.close(); } catch (IOException|ClassNotFoundException ex) { System.out.println("Error: "+ex); } Objek yang akan diambil nilainya Sesuaikan nama file dengan nama file penyimpanan objek Jika ingin mengambil nilai nama, tim, dan tahun satu per satu, gunakan get. Jika ingin mengubah format tampilan, ubah kode method toString dari class Oshi.

Penyimpanan ArrayList of Oshi import java.io.FileOutputStream; import java.io.IOException; import java.io.ObjectOutputStream; import java.util.ArrayList; public class SimpanDataArr { public static void main(String[] args) { //bentuk 1 objek Oshi Oshi o1 = new Oshi("Melody", 'J', 1992); Oshi o2 = new Oshi("Haruka", 'T', 1992); Oshi o3 = new Oshi("Shanika", 'K', 1998); ArrayList<Oshi> daftarOshi = new ArrayList<>(); daftarOshi.add(o1); daftarOshi.add(o2); daftarOshi.add(o3); try { FileOutputStream fos = new FileOutputStream("file_oshi.dat"); ObjectOutputStream oos = new ObjectOutputStream(fos); oos.writeObject(daftarOshi); oos.close(); System.out.println("Tersimpan"); } catch (IOException ex) { System.out.println("Gagal. Error: "+ex); } Penyimpanan ArrayList of Oshi

Pengambilan ArrayList of Oshi import java.io.FileInputStream; import java.io.IOException; import java.io.ObjectInputStream; import java.util.ArrayList; public class AmbilDataArr { public static void main(String[] args) { ArrayList<Oshi> daftar; try { FileInputStream fis = new FileInputStream("file_oshi.dat"); ObjectInputStream ois = new ObjectInputStream(fis); daftar = (ArrayList<Oshi>) ois.readObject(); //tampilkan semua oshi dari daftar for(Oshi o:daftar){ System.out.println(o); } ois.close(); } catch (IOException|ClassNotFoundException ex) { System.out.println("Error: "+ex);

End Of Slide