SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer
Advertisements

©Ayi Purbasari, S.T., /2008 Materi 3 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., /2008.
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak (software requirement analysis)
Perencanaan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGINEERING Software Project Planning.
Tahapan information engineering
Customer Relationship Management
Penjelasan Tugas Kelompok Proyek Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
Analisis Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
RENCANA PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (RPPL)
Analisis dan Perancangan Sistem
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
ANALISA PERANCANGAN SISTEM
COMPUTER-BASED INFORMATION SYSTEM
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
ANALYSIS CONCEPTS & PRINCIPLES. What Are the Real Problems? the customer has only a vague idea of what is required the developer is willing to proceed.
Analisis Kebutuhan Software
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
EIS (Executive Information Systems)
Functional Requirements vs Non Functional Requirements
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Bismillahirrohmaanirrohiim
Support System IT Putri Taqwa Prasetyaningrum,S.T.,M.T.
Penggalian Kebutuhan; Modul Elisitasi
Rekayasa Perangkat Lunak
Building the Requirements Model
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Membangun Model Kebutuhan
Rekayasa Perangkat Lunak
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Global E-Business: Bagaimana Bisnis Menggunakan Sistem Informasi
Mendefinisikan Kebutuhan
UNDERSTANDING REQUIREMENTS
Disusun Oleh: Defri Kurniawan, M.Kom Teknik Informatika UDINUS
Information Technologies
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah
Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 17 Aplication Domain
Rekayasa Kebutuhan Software
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Building the Requirements Model
EIS (Executive Information Systems)
Analisa [Kebutuhan] Sistem
Mendefinisikan Kebutuhan
Modul 1 SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
KOMPONEN-KOMPONEN SPK
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
Dasar-Dasar Sistem Informasi
Interaksi Manusia dan Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak Part-5
Information System Analysis and Design
Building the Requirements Model
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Building the Requirements Model
Hanya digunakan di lingkungan Universtias
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Analysis Kebutuhan dengan Use Case Modeling
Business Modeling By: U. Abd. Rohim, MT
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 1 Pengantar Pengembangan Sistem
Transcript presentasi:

SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak Kebutuhan Perangkat Lunak (Software Requirements)

Kebutuhan Perangkat Lunak Kemampuan, kriteria, kondisi atau syarat yang harus ada/dimiliki oleh perangkat lunak untuk memenuhi apa yang disyaratkan atau diinginkan pemakai. Jenis-jenis kebutuhan perangkat lunak: Kebutuhan fungsional Kebutuhan antarmuka eksternal Kebutuhan kinerja

Kebutuhan Fungsional Kebutuhan yang berkaitan dengan fungsi atau proses transformasi data yang harus mampu dikerjakan oleh perangkat lunak. Menyimpan semua rincian data pesanan pelanggan Mencetak laporan penjualan sesuai periode yang diinputkan Menyajikan informasi jalur pengiriman terpendek

Kebutuhan Antarmuka Eskternal Kebutuhan antarmuka yang menghubungkan perangkat lunak dengan elemen perangkat keras, perangkat lunak, atau basis data. Antarmuka pemakai Driver basis data (misal: ODBC) Perangkat masukan standar (keyboard, mouse)

Kebutuhan Kinerja Kebutuhan unjuk kerja yang harus dimiliki oleh perangkat lunak, seperti kecepatan, ketepatan, atau frekuensi. Waktu tanggap penyajian informasi maksimal selama satu menit Mampu mengolah data sampai 1 juta record untuk setiap transaksi Dapat digunakan secara multi user sesuai otoritas yang diberikan kepada masing-masing pemakai

Where Do Software Requirements Come From? Menggunakan intranet kampus Point to multi-point broadband connections WiMax WAP application support Hotspot coverage area 1Km max HP dan PDA mendukung Java Application Informasi nilai kuliah dapat diakses melalui PC, notebook, HP dan PDA System Requirements Hardware and environmental constraints User Requirements Software Requirements Menyediakan registrasi pengguna (user) Mengelola data induk mahasiswa, kuliah dan nilai (insert, edit, delete) Menyajikan (query) informasi nilai

Who Is Responsible For Software Requirements ?

Analisis Kebutuhan Proses mempelajari kebutuhan pemakai untuk mendapatkan definisi kebutuhan sistem atau perangkat lunak [IEE93]. Proses untuk menetapkan fungsi dan unjuk kerja perangkat lunak, menyatakan antarmuka perangkat lunak dengan elemen-elemen sistem lain, dan menentukan kendala yang harus dihadapi oleh perangkat lunak [PRE01].

Requirement Engineering Inception—ask a set of questions that establish … basic understanding of the problem the people who want a solution the nature of the solution that is desired, and the effectiveness of preliminary communication and collaboration between the customer and the developer Elicitation—elicit requirements from all stakeholders Elaboration—create an analysis model that identifies data, function and behavioral requirements Negotiation—agree on a deliverable system that is realistic for developers and customers

Requirement Engineering Specification—can be any one (or more) of the following: A written document A set of models A collection of user scenarios (use-cases) A prototype Validation—a review mechanism that looks for errors in content or interpretation areas where clarification may be required missing information inconsistencies (a major problem when large products or systems are engineered) conflicting or unrealistic (unachievable) requirements. Requirements management

Pelaksanaan Analisis Kebutuhan Untuk setiap peruntukan perangkat lunak, tentukan manfaat atau fungsi utamanya. Dari masing-masing manfaat atau fungsi utama tersebut, tentukan bagaimana proses penggunaan atau interaksinya dengan pemakai. Klasifikasi proses interaksi mana yang merupakan proses pengolahan data. Tentukan antarmuka eksternal dan kinerjanya. Buat daftar kebutuhan kemudian modelkan.

Ah, ditunda saja pembahasannya !!! Contohnya? Ah, ditunda saja pembahasannya !!!