MEDIA PENGAJARAN Sanyata_js@plasa.com.
PENGERTIAN MEDIA PENGAJARAN GERLACH & ELY (Teaching and Media A systematic Approach, 1971 ) Manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap. AECT ( Association of Education and Communication Technology, 1977) Segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi “. GAGNE & BRIGGS ( Instructional Technology : Foundations, 1975 ) Komponen sumber belajar / wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
MEDIA PENGAJARAN adalah segala sesuatu (manusia, pesan, alat atau kejadian) yang berisi materi pengajaran, berfungsi sebagai penyampai informasi kepada peserta didik dengan tujuan untuk merangsang siswa belajar Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
LANDASAN TEORITIS PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN Teori Perubahan Perilaku / sikap Bruner 3 tingkatan utama modus belajar Pengalaman langsung ( Enactive ) Pengalaman piktoral / gambar ( Iconic ) Pengalaman abstrak ( Symbolic ) Teori Dual Coding Hypothesia Paivio Belajar dengan menggunakan indera ganda, pandang dan dengar. Dale’s Cone of Experience ( Kerucut Pengalaman Dale ) Dale Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
CIRI MEDIA PENGAJARAN FIXATIVE PROPERTY MANIPULATIVE PROPERTY Kemampuan Media merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa / objek. MANIPULATIVE PROPERTY Media memiliki ciri manipulasi yaitu mentranformasikan suatu kejadian / objek. DISTRIBUTIVE PROPERTY Media memungkinkan suatu objek / kejadian di transportasikan melalui ruang, secara bersamaan , kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulasi pengalaman yang relatif sama . Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
BELAJAR MELALUI ANEKA SUMBER PEMBELAJARAN: Sarana untuk mencapai tujuan belajar, yang menyangkut perubahan:pengetahuan, ketrampilan maupun sikap, yang relatif permanen. (Barbara Seel dan Rita Richey, 2002) BELAJAR MELALUI ANEKA SUMBER Sumber Belajar: Pesan. (ide, fakta, ajaran, nilai data dll) Orang. (guru, pustakawan, tenaga ahli, petugas laborat dll) Bahan. (buku teks, modul, transparansi, program vidio, program multimedia pembelajaran) Alat. (kaset rekorder, VCD player, komputer) Lingkungan. (gedung sekolah, pasar, kebun, bengkel dll) Sanyata_js@plasa.com.
JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN Media yang tidak diproyeksikan. (buku teks, modul , Realia, Modeldll) Media yang di diproyeksikan. (transparansi, slide,TV, dll) Media audio. (radio, kaset rekorder, dll) Media visual. (foto, grafis, bagan dll) Media berbasis komputer. (multimedia pembelajaran interaktif atau CAI) Multi media kit. Sanyata_js@plasa.com.
PENGELOMPOKKAN MEDIA MENURUT ANDERSON ( 1976 ) NO. GOLONGAN MEDIA CONTOH I AUDIO KASET AUDIO, CD, RADIO II CETAK BUKU, MODUL, BROSUR, LEAFLET, GAMBAR. III AUDIO - CETAK KASET AUDIO YANG DILENGKAPI BAHAN TULIS IV PROYEKSI VISUAL DIAM OHT, SLIDE V PROYEKSI AUDIO VISUAL DIAM SLIDE BERSUARA VI VISUAL GERAK FILM BISU VII AUDIO VISUAL VCD, FILM, TV VIII OBYEK FISIK REALIA, MODEL IX MANUSIA DAN LINGKUNGAN GURU, PUSTAKAWAN, LABORAN X KOMPUTER Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
MEDIA YANG TIDAK DIPROYEKSIKAN MEDIA REALIA Yaitu benda nyata yang digunakan sebagai bahan atau sumber belajar. Modifikasi realia: Cutaway, Specimen, Exhibid MODEL Yaitu benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya. MEDIA GRAFIS Grafis tergolong jenis media visual, yang menyalurkan pesan lewat simbol-simbol visual, contoh : gambar, foto, sketsa, diagram, bagan. Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
PRINSIP DASAR PEMILIHAN MEDIA Beberapa pertanyaan yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan media : 1. Mengapa ingin membuat progaram media tersebut? 2. Apakah program media yang di dibuat itu akan membantu pekerjaan kita dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan? 3. Untuk siapa program media tersebut dibuat? (anak sekolah, mahasiswa, atau masyarakat umum) 4. Bagaimana karakterristik sasaran yang akan menggunakan? 5. Perubahan tingkahlaku apa yang diharapkan setelah mereka menggunakan program? 6. Dan apabila mereka tidak menggunakan program tersebut, apa kerugian mereka? 7. Apa materi tersebut cocok di sajikan dalam bentuk program media tersebut? (Anderson, dkk) Sanyata_js@plasa.com.
NILAI-NILAI PRAKTIS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN 1. Membuat konsep yang abstrak menjadi kongkrit 2. Dapat melampaui batas indra, ruang dan waktu 3. Dapat diamati secara seragam atau bersama Memberi kesempatan pengguna utuk mengontrol dirinya kecepatan atau kelambatan dalam belajarnya Membangkitkan keingin tahuan dan motivasi belajar 6. Dapat memberikan pengalaman belajar dari yang abstrak hingga yang kongkrit Sanyata_js@plasa.com.
MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN Secara umum manfaat media adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran dpt efektif dan efisien. 1. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan 2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik 3. Pembelajaran lebih interaktif dan lebih hidup Efisien waktu dan tenaga dalam pembelajaran Dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran berbantuan media siswa dapat belajar secara leluasa Media dapat menumbuhkan sikap terhadap materi yang dipelajari Mengurangi kesibukan guru sehingga lebih produktif Sanyata_js@plasa.com.
PRINSIP – PRINSIP PEMANFAATAN MEDIA PENGAJARAN Setiap jenis media memiliki kelebihan dan kelemahan. Penggunaan beberapa macam media secara bervariasi, harus memperhatikan, jangan sampai membingungkan siswa. Penggunaan media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif. Sebelum media digunakan harus direncanakan secara matang dalam penyusunan rencana pengajaran. Hindari penggunaan media yang hanya dimaksudkan sebagai selingan. Harus senantiasa dilakukan persiapan yang cukup sebelum penggunaan media. Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
PEMILIHAN MEDIA ANDERSON ( 1976 ), Mengemukakan dua pendekatan dalam proses pemilihan media pembelajaran : @ Model Pemilihan Tertutup Terjadi apabila alternatif media telah ditentukan “dari atas”, sehingga jenis media itulah yang harus dipakai. @ Model Pemilihan Terbuka Guru bebas memilih jenis media apa saja yang sesuai dengan kebutuhan. Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN 1. Tujuan pembelajaran. (kawasan kognitif, afektif, psikomotor) 2. Sasaran pengguna. (karakteristiknya, jumlah pengguna, latarbelakangnya si- pengguna) 3. Biaya. (terlalu mahal atau terlalu murah untuk disesuaikan dengan tujuan yang diharapkan) 4. Ketersediaan. (sudah tersedia atau belum, buat sendiri atau harus beli) 5. Kemampuan media. (untuk belajar individual, kelompk kecil, kelompok besar atau masal) Mutu Teknis Waktu Sanyata_js@plasa.com.
- Respon yang menyenangkan - Individualisasi - Informasikan kemajuan PRINSIP PEMBELAJARAN - Sederhana Kompleks - Kongkrit Abstrak - Pengulangan - Respon yang menyenangkan - Individualisasi - Informasikan kemajuan Langkah kecil untuk tujuan besar Sanyata_js@plasa.com.
PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN MEDIA Pilih jenis materi yang diperlukan: (apakah vidio, animasi,teks dll). Keterkaitan isi materi dengan tujuan & aktifitas pembelajaran. - Materi tidak ketinggalan jaman. - Materi cukup lengkap, jelas & mudah dipahami oleh siswa. - Hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta. Sanyata_js@plasa.com.
Visibel (mudah dilihat) Interesting (menarik) Simple (sederhana) PEMBUATAN MEDIA AKAN LEBIH MENARIK APABILA MEMILIKI SYARAT : Visibel (mudah dilihat) Interesting (menarik) Simple (sederhana) Useful (bermanfaat) Accurate (benar) Legitimate (sah, masuk akal) Structure (terstruktur) Sanyata_js@plasa.com.
Auditorial: Visual: Kinestetik: GAYA BELAJAR Kalau belum mendengar kata-kata, belum dapat memahami pesan dengan baik. Visual: Kalau belum melihat belum dapat memahami pesan dengan baik Kinestetik: Kalau belum melakukan belum mengerti dengan baik. (Jeannett Vos, 2001) Sanyata_js@plasa.com.
Pengetahuan diperoleh melalui : Melihat Mendengar Merasa, mencium & meraba (People, 1988) 75 % 13 % 12% Sanyata_js@plasa.com.
Pengetahuan diperoleh melalui : Verbal (kata-kata) Visual (gambar) Verbal + Visual (People, 1988) 75 % 13 % 12% Sanyata_js@plasa.com.
“ISTRIKU dan MERTUAKU” Yang perlu diperhatikan dlm menyampaikan pesan lewat gambar Visual / Gambar: Memiliki banyak tafsiran yang berbeda-beda ! “ISTRIKU dan MERTUAKU” Sanyata_js@plasa.com.
BENTUK PENYAMPAIAN PESAN LEWAT VISUAL FOTO (LIVE) ILUSTRASI BAYANGAN GRAFIS KONSEP GRAFIS ABSTRAK SIMBOL PIKTORIAL SIMBOL GRAFIS URAIAN LABEL SIMBOL VERBAL KELEMBUTAN KAUM HAWA WANITA BENTUK PENYAMPAIAN PESAN LEWAT VISUAL Sanyata_js@plasa.com.
PROSES PENGEMBANGAN MEDIA Analisis Kebutuhan Perumusan Tujuan Mengembangkan materi Perumusan alat pengukur keberhasilan Penulisan naskah Evaluasi / Uji coba Revisi ? Pelaksanaan Produksi Ya tidak Siap pakai Sanyata_js@plasa.com.
TIPS UNTUK MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG BAIK ! Harus menguasai bidang yang akan di ajarkan Harus menguasai media pembelajaran Mampu menterjemahkan materi pelajaran ke dalam bentuk (teks, audio dan visual) Terbuka dalam menerima masukan-masukan Mau melihat hasi karya orang lain dan menggali sumber lain guna peningkatan diri Mau dikritik untuk perbaikan berikutnya Sanyata_js@plasa.com.
TUGAS 1 * MEMBUAT OHT (TRANSPARANSI) 1. BERBENTUK TUNGGAL 2. BERBENTUK SLIDING 3. BERBENTUK OVERLAY (TUMPANG TINDIH) NB: TUGAS INDIVIDUAL, DIKUMPULKAN KETIKA UTS, TUGAS DIMASUKKAN KE DALAM AMPLOP. Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
MEMBUAT MEDIA PENGAJARAN TUGAS 1 MEMBUAT MEDIA PENGAJARAN BERBASIS POWERPOINT KETENTUAN: TUGAS KELOMPOK DENGAN ANGGOTA MAX 3 ORANG MATERI, MERUPAKAN BAHAN AJAR MAPEL PAI DARI SMP/SMA (LIHAT SILABUS) POWERPOINT, MENAMPILKAN TEKS, GAMBAR DAN SUARA JUMLAH SLIDE MIN. 10 SLIDE/HAL. TUGAS DI KUMPULKAN DALAM BENTUK CD ATAU DI KIRIM VIA EMAIL: sanyata_js@plasa.com atau sanyata_js@yahoo.co.id TUGAS DIKUMPULKAN PALING LAMBAT PADA WAKTU UAS APABILA TERDAPAT TUGAS YANG SAMA/HASIL COPY-AN MAKA DINYATAKAN GUGUR SEMUA DAN DIANGGAP TIDAK MENGUMPULKAN Sanyata_js@plasa.com Sanyata_js@plasa.com.
Terimakasih ......... Sanyata_js@plasa.com.