Memahami Ruang Lingkup Pemrograman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mengenal Bahasa C++ Pertemuan 1.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.
Pemrograman Visual Basic 6.0
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
Mengenali Lingkup Pemrograman Anda
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Pengenalan Visual C++ Lanny Agustine Yuliati.
Pengenalan Lingkungan Visual C++
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Praktikum PKB Pertemuan 2 (Visual Prolog Console & GUI)
Command line argument.
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pengenalan Visual Basic
Pengenalan Pemrograman Java
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Pemrograman Terstruktur
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
Pengantar Struktur Data Pertemuan 1 Season 1
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Louis Bertrand Secondra
Algoritma & Pemrograman (2) Pengenalan Java
MODUL – II MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA
Algoritma & pemrograman 1B
Konsep Teknologi Informasi a
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
Java User Interface (Swing)
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Command line argument.
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Visual Studio 2008 Merupakan perangkat lunak yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat beberapa perangkat lunak untuk pengembang ( Programmer ), antara lain.
PEMROGRAMAN DASAR DI JAVA
Pemrograman Perangkat Mobile
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pengenalan Program Java
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
Praktikum OOP Java (IX307)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
JAVA.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Pendahuluan Python 2 PythonPython adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, python.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Review C/C++ & Intro to Java
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
ALGORITMA DAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Java Dasar Tanpa JBuilder
BAB 1 Mengoperasikan Bahasa Pemrograman Pascal dengan menggunakan software Delphi Console Aplication.
Transcript presentasi:

Memahami Ruang Lingkup Pemrograman

tujuan Pada akhir pembahasan, peserta diharapkan dapat: Membuat program java menggunakan text editor dan console pada environment Linux. Membedakan syntax-error dg runtime error Membuat program java pada NetBeans

definisi Console Text Editor Tempat untuk menulis perintah(command) Contoh : Terminal (Linux) MSDOS Command Prompt (Windows) Text Editor Contoh : Notepad, Wordpad, Vi

definisi Integrated Development Environment (IDE) environment pemrograman yang terintegrasi pada aplikasi. menyediakan developer GUI, text atau code editor, compiler/interpreter dan debugger.

Program java 1 public class Hello { 2 3 /** 4 * Program Java Pertama Saya 5 */ 6 public static void main( String[] args ){ 7 8 // menampilkan string “Hello world” pada layar 9 System.out.println(“Hello world”); 10 11 } 12 }

Menggunakan text editor & console Catatan: – Demonstrasi oleh pengajar – Environment yang digunakan: Ubuntu Dapper – Environment yang menggunakan Windows: Mengacu pada lampiran B pada buku petunjuk peserta.

Menggunakan text editor & console Langkah 1: Memulai text editor Untuk memulai editor teks di Linux, klik pada : Menu >> Accessories >> Text Editor Langkah 2: Membuka terminal Untuk membuka terminal pada Linux, klik pada: Menu >> System Tools >> Terminal Langkah 3: Tulis source code Program Java anda di text editor

Menggunakan text editor & console Langkah 4: Simpan Program Java dengan, Nama File : Hello.java Nama Folder : MYJAVAPROGRAMS – Untuk membuka dialog box penyimpanan, klik pada menu bar File, kemudian klik Save. – Jika folder MYJAVAPROGRAMS belum ada, buat folder tersebut terlebih dahulu

Menggunakan text editor & console Langkah 5 : Melakukan proses compile program Masuk ke window Terminal, kemudian : – Masuk ke folder MYJAVAPROGRAMS, tempat dimana program disimpan. – Format perintah/command untuk menjalankan proses compile: javac [nama file] – Untuk contoh program, dapat ditulis: javac Hello.java Selama proses compile, javac akan menghasilkan bytecode, dalam file yang memiliki format [nama file].class, atau pada program contoh, Hello.class

Menggunakan text editor & console Langkah 6: Menjalankan Program – Untuk menjalankan program Java, ketik pada command: java [nama file tanpa ekstensi] – Jadi pada contoh program, ketiklah: java Hello – Setelah program dijalankan, anda dapat melihat pada layar : "Hello world!"

Kesalahan: Syntax Error Errors Syntax error yang dihasilkan ketika terjadi kesalahan pengetikan. Kesalahan pada sintaks sering terjadi, jika: – salah mengeja perintah/command pada Java. – lupa mengetik semicolon pada akhir statement

Kesalahan: Syntax Error

Kesalahan: Syntax Error

Kesalahan: Runtime Error error yang tidak akan ditampilkan sampai program dijalankan atau dieksekusi. Meskipun program dapat di-compile, tetapi program akan menampilkan jawaban yang salah, jika logika proses dan struktur program tidak benar-benar diperhatikan oleh programmer. Contoh: Anda ingin program menampilkan 100 kalimat “Hello World”, tetapi hanya menampilkan 99. Program anda mendapatkan masukan/input dari user, tetapi pada saat user memasukkan karakter/huruf, program anda crash/mati

Menggunakan NetBeans Catatan: – Demonstrasikan oleh pengajar – Environment yang digunakan: Ubuntu Dapper – Untuk Environment Windows: Mengacu pada lampiran B di buku petunjuk siswa.

Menggunakan NetBeans Langkah 1: Menjalankan NetBeans – Ada 2 cara menjalankan NetBeans: Melalui command-line menggunakan terminal Dengan meng-klik tombol shortcut yang ada pada menu – Menjalankan NetBeans menggunakan terminal Buka terminal (lihat langkah bagaimana menjalankan terminal pada diskusi sebelumnya), dan ketikkan : netbeans – Cara kedua menjalankan NetBeans Klik shortcut pada desktop

Menggunakan NetBeans langkah 2: Membuat project – Untuk membuat project, klik pada File -> New Project – Kemudian, dialog New Project muncul – Pada panel bagian kanan pada dialog project, klik pada Aplikasi Java dan klik pada tombol NEXT – Dialog aplikasi baru akan muncul. Edit pada nama projectnya dan ketikkan "HelloApplication"

Menggunakan NetBeans langkah 2: Membuat project (lanjutan) – Ubahlah lokasi dari aplikasi dengan meng-klik tombol BROWSE – Pilih lokasi project, dan kotak dialog akan muncul. Klik dua kali pada folder root. – Isi dari folder root akan muncul. Sekarang klik dua kali folder MYJAVAPROGRAMS dan klik pada tombol OPEN – Yang terakhir, pada textfield Create Main Class, tuliskan Hello sebagai nama main class, dan kemudian klik tombol FINISH.

Menggunakan NetBeans Langkah 3: Tulis pada program

Menggunakan NetBeans modifikasikan penulisan kode dengan NetBeans. Tuliskan sintaks code berikut ini, System.out.println("Hello world!"); Setelah statement berikut //TODO code application logic here.

Menggunakan NetBeans Langkah 4: Compile program – Untuk meng-compile program, klik pada : Build -> Build Main Project – Jika tidak ada error pada program, maka akan muncul successful message pada window output. Langkah 5: Jalankan program – Untuk menjalankan program, klik pada : Run-> Run Main Project – Hasil ouput dari program, akan ditampilkan pada window output

kesimpulan Program java My First menggunakan teks editor dan Console – Menuliskan program – Meng-compile program – Menjalankan program Error – Syntax Error – Runtime Error menggunakan NetBeans – Menjalankan program