DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Advertisements

Profesi di Bidang Teknologi Informasi
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Sistem Pengambil Keputusan
PETEMUAN 7 ETIKA PROFESI.
1. What and Why Sofware Engineering ?
Sistem Komputer Hardware Software 1. Operating System
Pengantar Teknologi Informasi
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
KURIKULUM Sistem Informasi
OLEH: Diyah Wahyu Utami (001) Atika Izzatul Jannah (002) Trisylia Ida Pramesti (003) Arif Nur Fitriyanti (004)
Bab VIII Pekerjaan di Bidang Teknologi Informasi
PERTEMUAN KE-4 PERKULIAHAN SISTEM OPERASI
Kurikulum berbasis KKNI
BAB I SISTEM INFORMASI.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
ARSITEKTUR & LINGKUNGAN SISTEM KECERDASAN BUATAN
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Metode Penelitian di bidang teknik informatika
Sumber Referensi Pengembangan Kurikulum
Sumber Referensi Pengembangan Kurikulum
KKNI Bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Perangkat Lunak 1.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Pendahuluan Mata Kuliah Sistem Operasi ( )
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Peran KKNI di NKRI Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI, adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang.
Daftar Isi Ringkasan Ekeskutif Sejarah Acuan Penyusunan Kurikulum
Perkembangan Komputer
Sistem Operasi Terdistribusi
Operating System Structure
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
KURIKULUM Sistem Informasi
Sistem Pendukung Keputusan
Operating System Structure
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
1. What and Why Sofware Engineering ?
Pertemuan 7 ORGANISASI LAYANAN INFORMASI
Pengguna dan Pengembang Sistem
Perancangan dan Pemeliharaan
M0414 Analisa Sistem Informasi
Perancangan Sistem Informasi Manajemen
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
ARSITEKTUR & LINGKUNGAN SISTEM KECERDASAN BUATAN
SISTEM OPERASI - CHAPTER 1 SISTEM KOMPUTER
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Sistem TEMU KEMBALI INFORMASI
Sistem Komputer Hardware Software 1. Operating System
Information System Analysis and Design
Perkembangan Perangkat Lunak
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
KOMPUTASI PEMROGRAMAN
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Perkembangan Perangkat Lunak
CORPORATE INFORMATION SYSTEM (Sistem Informasi Organisasi)
Danang Wahyu Utomo PERANGKAT LUNAK Danang Wahyu Utomo
Perkembangan Perangkat Lunak
Defri Kurniawan PERANGKAT LUNAK Defri Kurniawan
Tim RPL Teknik Informatika 2018
Materi Diskusi No.1/APTIKOM/Pus/Sep/Kr-1/2009
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Transcript presentasi:

DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA Sumber : Panduan
Penyusunan
Kurikulum
Rumpun
Ilmu
Informatika.
 “Strategi
Penerapan
Konsep
Multi
Sourcing
Learning
melalui
Implementasi Aplikasi e‐Bursa secara Nasional dalam Rangka Peningkatan Kualitas SDM”
 PTIKOM
(Asosiasi
Perguruan
Tinggi
Informatika
dan
Komputer)
 Setia Wirawan

DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA (LAMA) Data System (DS) Program Building (PB) Computer Application (CA) Information System (IY) Algorithm (AL) System Integration (SI) DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA (LAMA) DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA Computer and Device (CD) Computing Resource (CR) Human Machine Interaction (HM) Intelligent System (GS) Network and Communication (NC)

Sebelas (11) Dasar Ilmu di Bidang Informatika dan Komputer Data System (DS) – terkait dengan pengetahuan yang mempelajari sistem ke-“data”- an sebagai atom konteks terkecil dalam sebuah lingkungan berbasis informatika; Algorithm (AL) – terkait dengan pengetahuan berfikir secara logis dan terstruktur dalam rangka memecahkan permasalahan tertentu atau mencapai obyektif tertentu; Program Building (PB) – terkait dengan kemampuan membangun program sebagai suatu perangkat lunak yang dapat menjalankan fungsi spesifik tertentu;

Computer Application (CA) – terkait dengan pengetahuan dan kemampuan menggabungkan sejumlah modul-modul program dalam rangka membuat sebuah aplikasi dengan fitur-fitur yang diinginkan; Information System (IY) – terkait dengan pengetahuan membangun sebuah sistem informasi yang terdiri dari komponen-komponen yang terkait satu dengan lainnya dalam sebuah lingkungan yang holistik; System Integration (SI) – terkait dengan kemampuan membangun sebuah sistem terpadu yang terdiri dari berbagai jenis sistem informasi yang berbeda-beda dalam sebuah lingkungan yang sama;

Computer and Device (CD) – terkait dengan pemahaman terhadap cara kerja mesin komputasi beserta piranti lain pendukungnya; Computing Resource (CR) – terkait dengan pengetahuan mengenai cara kerja setiap komponen-komponen atau sumber daya-sumber daya komputasi; Network and Communication (NC) – terkait dengan pengetahuan mengenai seluk beluk jejaring komputer beserta mekanisme protokol komunikasinya;

10. Human Machine Interaction (HM) – terkait dengan pengetahuan merancang dan membangun sistem antarmuka yang menghubungkan manusia dengan “mesin komputasi” (baca: komputer); dan 11. Intelligent System (GS) – terkait dengan pemahaman dalam merancang dan membangun sistem cerdas untuk berbagai kebutuhan aktivitas kehidupan manusia yang memberikan nilai tambah.

18 DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA (BARU) D Computational Science (CN) ata System (DS) Algorithm and Complexity (AL) Architecture and Organization (AR) Graphics and Visulization (GV) Human-Computer Interaction (HCI) Discrete Structures (DS) Information Assurance and Security (IAS) Operating Systems (OS) Intelligent Systems (IS) Networking and Communications (NC) 18 DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA (BARU) Information Management (IM) Network and Communication (NC) Platform-based Development (PBD) Software Development Fundamentals (SDF) Parallel and Distributed Computing (PD) Programming Languages (PL) Systems Fundamental (SF) Social Issues and Professional Practice (SP) Software Engineering (SE)

Delapan Belas (18) Dasar Ilmu di Bidang Informatika dan Komputer Algorithm and Complexity (AL) – Terkait dengan konsep dan keahlian/kecakapan utama yang diperlukan untuk mendesain, menerapkan, dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah. Architecture and Organization (AR) – Terkait dengan kemampuan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai lingkungan perangkat keras yang menjadi dasar seluruh proses komputasi, serta antarmuka yang dibangun untuk lapisan preangkat lunak yang lebih kompleks. Computational Science (CN) – Terkait dengan pengetahuan dan kemampuan yang berkaitan dengan aplikasi ilmu computer untuk memecahkan masalah berkaitan dalam disiplin ilmu yang berbeda-beda.

Discrete Structures (DS) – Terkait dengan pengetahuan yang berkaitan denan teori, logika, teori grafis, dan teori kemungkinan Graphics and Visulization (GV) – Terkait dengan kemampuan untuk memanipulasi dan memproduksi gambar dengan menggunakan komputer. Human-Computer Interaction (HCI) – Terkait dengan pengetahuan merancang dan membangun interaksi antara manusia dengan “sistem komputasi” (komputer) pendukung, serta membangun sistem antarmuka yang mendukung interaksi tersebut.

7. Information Assurance and Security (IAS) – Terkait dengan pengetahuan yang menentukan kendali serta proses, baik secara teknik maupun kebijakan, yang dimaksudkan untuk melindungi serta mempertahankan informasi dan sistem informasi dengan memastikan kerahasiaan, integritas dan ketersediaan, serta memastikan adanya verifikasi dan peneriman. 8. Information Management (IM) Network and Communication (NC) – Terkait dengan pengetahuan mengenai proses penagkapan, digitalisasi, representasi, organisasi, transformasi, dan presentasi informasi; algoritma untuk akses serta pengkinian informasi yang efisien dan efektif; pemodelan data abstraksi; serta teknik penyimpanan berkas/file. 9. Intelligent Systems (IS) – Terkait dengan pemahaman dalam merancang dan membangun sistem cerdas sebagai solusi atas masalah yang rumit maupun tidak praktis untuk diselesaikan dengan metode tradisional.

10. Networking and Communications (NC) – Terkait dengan pengetahuan mengenai seluk beluk jejaring komputer beserta mekanisme protokol komunikasinya. 11. Operating Systems (OS) – Terkait dengan pemahaman mengenai sistem operasi yang berkaitan dengan pengantarmukaan sistem operasi dengan jaringan, serta pengembangan desain dan implementasi sistem operasi. 12. Platform-based Development (PBD) – Terkait dengan desain dan pengembangan aplikasi perangkat lunak yang berada dalam platform perangkat lunak tertentu.

13. Parallel and Distributed Computing (PD) – Terkait dengan logika eksekusi proses ganda secara simultan, yang operasinya berpotensi untuk beririsan secara kompleks. 14. Programming Languages (PL) – Terkait dengan media yang digunakan programmer untuk menjabarkan konsep, memformulasikan algoritma yang digunakan, dan alas an atau deskaripsi pemecahan masalah. 15. Software Development Fundamentals (SDF) – Terkait dengan konsep dan kecakapan dasar yang berkaitan dengan proses pengembangan perangkat lunak.

16. Software Engineering (SE) – Terkait dengan penerapan teori, pengetahuan, dan praktik untuk membangun sistem perangkat lunak yang handal secara efektif dan efisien untuk memenuhi permintaan pelanggan dan pengguna. 17. Systems Fundamental (SF) – Terkait dengan pendekatan integratif atas konsep-konsep dasar secara utuh dan sederhana, yang memberikan dasar umum bagi mekanisme dan kebijakan khusus yang sesuai dengan bidang tersebut 18. Social Issues and Professional Practice (SP) – Terkait dengan pertimbangan dan analisis mengenai isu sosial, etika, hukum, dan professional yang berkaitan dengan konteks komputasi.

Terima Kasih