Pengorganisasian Class

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Membuat Packages package nama_package;
Advertisements

- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
Package As’ad Djamalilleil
Abstract Class & Interface
Pemrograman JAVA (TIB09)
Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
- PERTEMUAN 6- INTERFACE
KELAS INNER, KELAS ABSTRACT, DAN INTERFACE
Abstract Class.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
NAMA : JUMADI Npm : Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Manipulasi String dengan Kelas String dan StringBuffer
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
1 Pertemuan 7 INTERFACE Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pemrograman Berorientasi Objek
Praktikum Class Abstract dan Interface
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Inheritance (Pewarisan)
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Constructor dan Overloading
Pengorganisasian Class
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
BAB 1 PACKAGE (PAKET) Pokok bahasan : 1. Pembuatan paket 2.
MODIFIER JAVA.
MENGENAL KEYWORD this, static, final
Pemrograman Berorientasi Objek
Teori Pertemuan 8 “Pengorganisasian Class”
INTERFACE Pertemuan 005.
PPBO.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Interface.
MATERI PENDUKUNG PENGGUNAAN THROW
As’ad Djamalilleil Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Package As’ad Djamalilleil
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
PACKAGE (FOLDER/DIREKTORI)
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Matakuliah : M0864/Programming I
Exception Handling, Package, Abstract Class & Interface
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Interface Pertemuan 2.
MENGENAL KEYWORD this, static, final
Pemrograman Berorientasi Object
Tugas Akhir Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Contoh.
STUDI KASUS.
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom, M.Kom.
Interface pada Java Untuk memahami lebih mudah, interface sekumpulan dari method-method yang dibuat tapi belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut,
Inisiasi Class dan Object
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

Pengorganisasian Class Package, Interface

Packages Package adalah koleksi dari beberapa class dan interface yang berhubungan, dan menyediakan proteksi akses dan pengelolaan namespace 1 package adalah 1 folder di file system Package berguna untuk mengorganisir file dalam suatu project atau library Nama package menggunakan lowercase Keyword: package name;

Budi.java package kelasku; public class Budi{ public void info(){ System.out.println(“Kelas Budi”); }

Joko.java package kelasku; public class Joko{ public void info(){ System.out.println(“Kelas Joko”); }

PaketBeraksi.java import kelasku.*; public class PaketBeraksi{ public static void main(String[] args){ Budi objectBudi = new Budi(); objectBudi.info(); Joko objectJoko = new Joko(); objectJoko.info(); }

Struktur Direktori PaketBeraksi.java kelasku Budi.java Joko.java

Interface Interface digunakan apabila kita ingin menentukan apa yang harus dilakukan oleh suatu class tapi tidak menentukan bagaimana cara untuk melakukannya Interface sebenarnya sama dengan class, tapi hanya memiliki deklarasi method tanpa implementasi

InterfaceLampu.java interface InterfaceLampu{ public static final int KeadaanHidup=1; public static final int KeadaanMati=0; public abstract void hidupkan(); public abstract void matikan(); }

Lampu.java public class Lampu implements InterfaceLampu{ int statusLampu; public void hidupkan(){ if (this.statusLampu == KeadaanMati){ this.statusLampu = KeadaanHidup; System.out.println("Hidupkan Lampu! --> Lampu Hidup"); }else{ System.out.println("Hidupkan Lampu! --> Lampu Sudah Hidup Kok");} } public void matikan(){ if (this.statusLampu == KeadaanHidup){ this.statusLampu = KeadaanMati; System.out.println("Matikan Lampu! --> Lampu Mati"); System.out.println("Matikan Lampu! --> Lampu Sudah Mati Kok"); Lampu.java

LampuBeraksi.java public class LampuBeraksi{ public static void main(String[] args){ Lampu lampuKamar = new Lampu(); System.out.println("Status Lampu Saat Ini: Mati"); lampuKamar.hidupkan(); //Hidupkan Lampu lampuKamar.matikan(); //Matikan Lampu }

UML – Class Diagram

Latihan Buat program serupa dengan InterfaceBeraksi.java tapi untuk ACBeraksi.java Masukkan method-method di bawah ke dalam ACBeraksi.java matikanAC() dan hidupkanAC() dinginkanAC() dan panaskanAC ()