Review : Sistem yang menggunakan AI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian Masalah Dengan AI
Advertisements

TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Ruang Pencarian Pertemuan II.
Artificial Intelligent
Depth First Search (DFS)
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pencarian Heuristik.
Hill Climbing Best First Search A*
Game Playing Stmik mdp Pengantar Games adalah fasilitas yang sangat menarik dalam komputer Ide games pertama kali dimunculkan oleh Calude Shannon.
Pengantar Strategi Algoritmik
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian. What is AI ? Sistem yang berpikir seperti manusia Thinking humanly Sistem yang berpikir secara rasional Thinking.
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Breadth First Search (BFS)
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian
Ruang Keadaan (state space)
Pertemuan 2 Kecerdasan Buatan
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Sistem Pakar Pertemuan II “Inteligensia Semu” (Lanjutan)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 2.
Pertemuan 3 Mendefinisikan Masalah dalam Ruang Keadaan
Pencarian Heuristik.
Teknik Pencarian 1 Blind Search
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
Kecerdasan Buatan Materi 2 Masalah Ruang Keadaan.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Bahan Kuliah IF2211 Strategi Algoritma
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
STRATEGI PELACAKAN PERTEMUAN MINGGU KE-3.
MASALAH & RUANG KEADAAN
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Pertemuan 2 Diema HS, M. Kom
Breadth First Search (BFS)
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teknik AI.
Ruang Masalah di Kecerdasan Buatan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Pertemuan 2 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Depth Limited Search (DLS)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Strategi Algoritma
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
MASALAH & RUANG MASALAH
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

Review : Sistem yang menggunakan AI MASALAH & RUANG MASALAH Review : Sistem yang menggunakan AI

membangun sistem yang mampu menyelesaikan masalah menggunakan AI : Mendefinisikan masalah dengan tepat, mencakup spesifikasi yang tepat mengenai keadaan awal dan solusi yang diharapkan. Menganalisis masalah tersebut dan mencari beberapa teknik penyelesaian masalah yang sesuai. Merepresentasikan pengetahuan yang perlu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.

RUANG MASALAH (state space) goal state initial state Untuk Mendefinisikan Suatu Masalah : Definisikan/buat ‘state space’ atau ruang masalah Tentukan keadaan awal (initial state) Tentukan keadaan akhir/tujuan (goal state) Tentukan operatornya/aturannya yg dapat digunakan untuk mengubah keadaan awal menjadi keadaan tujuan. goal state initial state

A water jug problem Production Rules : Sistem Produksi/Production System terdiri dari: Sekumpulan Aturan (a set of rules) Knowledge Base /Data Base Sebuah strategi pengontrol (Control Strategy) Urutan yang dipakai (a rule applier)

Contoh 1 : “Permainan Catur” Yang harus ditentukan adalah : Posisi awal pada papan catur Aturan-aturan untuk melakukan gerakan secara legal Tujuan (goal) yang ingin dicapai adalah posisi pada papan catur yang menunjukkan kemenangan seseorang terhadap lawannya. Production Rule : adalah aturan2 main pada permainan catur secara lengkap.

A water jug problem Initial state: Goal state: Solusi: ? Diketahui dua buah kendi masing-masing berkapasitas 3 lt dan 5 lt, dan sebuah air mancur. Goal state: Dapatkan air 4 galon !!! Solusi: ?

A water jug problem Deskripsi Ruang Keadaan : Misalkan : x = volume kendi 3 lt dan y = volume kendi 5 lt. Ruang Keadaan : Dapat digambarkan sbg himpunan pasangan bil. Bulat (x,y), dgn x = 0,1,2,3 dan y = 0,1,2,3,4,5. x/y 1 2 3 4 5 (0,0) (0,1) (0,2) (0,3) (0,4) (0,5) (1,0) (1,1) (1,2) (1,3) (1,4) (1,5) (2,0) (2,1) (2,2) (2,3) (2,4) (2,5) (3,0) (3,1) (3,2) (3,3) (3,4) (3,5)

A water jug problem INITIAL STATE ( Keadaan Awal) Dua gelas dalam keadaan kosong X = 0 dan Y = 0 atau ditulis (0,0). GOAL STATE ( Kondisi Akhir/Tujuan) Dapatkan air 4 lt. Dapat ditulis (0,4), (1,4), (2,4), (3,4).

A water jug problem Kumpulan Aturan (Production Rule) Isi penuh kendi X , maka menjadi (3,y) Isi penuh kendi Y, maka menjadi (x,5) Kosongkan kendi X, maka menjadi (0,y) Kosongkan kendi Y, maka menjadi (3,0) Tuangkan isi kendi X ke kendi Y Tuangkan isi kendi Y ke kendi X

A water jug problem Dengan deskripsi seperti diatas dapat ditemukan salah satu solusinya adalah : Keadaan Sekarang Aturan Keadaan Selanjutnya Kendi X Kendi Y 2 5 6 3 4 Selesai

Representasi Ruang Masalah(1) Pohon Pelacakan

Representasi Ruang Masalah(2) Graph Keadaan Graph berarah dengan satu tujuan (T) Graph berarah yang menemui jalan buntu Graph dengan siklus M-A-B-C-E-T M-A-B-C-E-H-T M-D-C-E-T M-D-C-E-H-T M-A-B-C-E-F-G M-A-B-C-E-I-J M-D-C-E-F-G M-D-C-E-I-J M-D-I-J D-E-C-E-I-D

TERIMA KASIH PERHATIANNYA Selesai TERIMA KASIH PERHATIANNYA