Penjelasan Tugas Akhir

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
Advertisements

Program D1 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika - ITB 3 April 2012.
Manajemen perkantoran modern
KANTOR MAYA (VIRTUAL OFFICE)
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Konsep dasar Pengolahan citra digital
FAKTOR MANUSIA.
Grafika Komputer (TIZ10)
Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB)
Teknologi Informasi Multimedia
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
BAB 7 IMPLEMENTASI & PEMELIHARAAN PERANGKAT LUNAK
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Pendahuluan Mata Kuliah Sistem Operasi (IT )
BAB I SISTEM INFORMASI.
PENGENALAN KURVA NON LINIER DENGAN BANTUAN Ray Fitri for further detail, please visit
Bahan Kuliah IF2120 Matematika Diskrit Oleh: Rinaldi Munir
PEMBUATAN Andrie. Fitriansyah for further detail, please visit
Program Studi Teknik Informatika
Digital Signal Processing (DSP)
Digital Image Processing
KKNI Bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Tim Tugas Akhir S1 Teknik Informatika
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
PENULISAN LAPORAN TEKNIK (PLT)
Tugas Akhir 1 Pertemuan 2.
Sosialisasi Tugas Akhir
Pertemuan 1 Introduction
MULTIMEDIA PERTEMUAN 10 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
Pendahuluan Mata Kuliah Sistem Operasi
APLIKASI KECERDASAN BUATAN
Edy mulyanto METODE NUMERIK Edy mulyanto
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
APLIKASI PENGENALAN HEWAN, BUAH DAN BENDA UNTUK ANAK TINA KURNIASIH,
Fakultas Ilmu Komputer
Kuliah Riset Teknologi Informasi
Pengantar Telekomunikasi
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Pengantar Teknik Elektro
PENDAHULUAN SISTEM OPERASI.
Tema TA RTI.
Pengantar Teknik Elektro
PENGENALAN HTML MATA KULIAH PEMROGRAMAN WEB Materi Pertama
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Pendahuluan Mata Kuliah Sistem Operasi ( )
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
#Kuliah 6 Matematika Diskrit
Jaringan Syaraf Tiruan Artificial Neural Networks (ANN)
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
Definisi dan Scope materi Karya Tulis Ilmiah
SULIS JANU HARTATI Pertemuan 8 Format Proposal 21/09/2018 SULIS JANU HARTATI
Pertemuan Ke-1 Ridwan, S.T,. M.Eng Ridwan, S.T, M.Eng.
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL
Pendahuluan Mata Kuliah Sistem Operasi (IT )
Sistem Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Sistem Informasi UNIKOM
Kuliah Riset Teknologi Informasi
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Pengantarmukaan Periferal Komputer
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
 Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
APLIKASI KAMUS PADA TELEPON SELULER BERBASIS ANDROID Sastra Mulyadi
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
ALGORITMA PEMROGRAMAN DOSEN : KARTIKA DWI PUTRI, S.KOM.
Transcript presentasi:

Penjelasan Tugas Akhir 01_RTI / innegar / 2012 Imam Bukhari, S.Kom

Pengertian Tugas Akhir (TA) Tugas akhir merupakan kegiatan/upaya untuk menampilkan kemampuan yang dimiliki seorang mahasiswa dalam menyelesaikan suatu masalah dalam bidang keahliannya, yang diwujudkan dalam bentuk karya tulis hasil penelitian. Hasil penyelesaian suatu masalah adalah jawaban atau usulan untuk mengatasi masalah tersebut yang dapat berupa uraian sistematis tentang tatacara yang akan diterapkan, model matematik ataupun fisik yang dibahas/digunakan, atau dapat juga berupa kombinasi-kombinasinya. Karya tulis ini disusun berdasarkan metode ilmiah, dilakukan oleh mahasiswa di bawah pengawasan dosen pembimbing, untuk memenuhi persyaratan kelulusan program pendidikan Sarjana jurusan Teknik Informatika di STMIK Himsya Semarang.

Tujuan Pembuatan Tugas Akhir Menilai kemampuan mahasiswa menyampaikan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya dan menerapkan dalam kenyataan yang ada di lingkungan masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman serta dapat mencoba menerapkan atau membandingkan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis, mengembangkan, dan mengimplementasikan ilmu informatika.

Syarat dan Ruang Lingkup Tugas akhir S1 harus ada unsur keilmuan dan analisisnya. Ada aspek-aspek informatika dalam penulisannya. 1.4 Ruang Lingkup Ruang lingkup penulisan tugas akhir adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mendukung sistem komputer.

Bentuk Tugas Akhir 1.5 Bentuk Tugas akhir Mengimplementasikan prototipe sebuah perangkat lunak. Mengembangkan sebuah perangkat lunak yang sudah ada. Mengungkapkan teknik-teknik yang dipakai sebuah perangkat lunak. Menganalisis dan membandingkan beberapa algoritma atau metoda dalam dunia informatika.

Contoh-contoh Topik TA IF 1. Subyek : Grafika Komputer Mengimplementasikan fungsi-fungsi grafika dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Membandingkan dua buah algoritma grafika 2D atau 3D Teknik Mengenal warna image Teknik Pengenalan pola/tanda tangan/sidik jari Dan lain-lain

2. Subyek : Digital Audio and Speech Processing Mengimplementasikan sebuah teknik pengenalan suara Membandingkan teori-teori pengenalan suara Mengungkapkan teknik melacak gelombang radio untuk tujuan tertentu (misalnya, penyadapan, peningkatan kualitas suara) Aplikasi pengiriman paket suara misalnya pada telepon seluler Mengimplementasikan algoritma untuk membuat melodi Dan lain-lain

3. Subyek : Multimedia Membuat e-learning berbasis multimedia Merancang dan mengimplementasikan sistem informasi berbasis multimedia Sistem multimedia datawarehouse Dsb

4. Subyek : Pengolahan Citra Mengungkap/mengimplementasikan teknik pengukuran/analisis terhadap keaslian citra Analisis/implementasi metoda-metoda perbaikan citra => perbaikan kontras, pelembutan, pendeteksian tepi, pemampatan, dsb.

Subyek : Game Pembuatan game sederhana : game catur, tic tac toe, kata berkait, kuis kontak dsb. Mengungkapkan teknik yang dipakai dalam sebuah game. dst

6. Subyek : Kamus Mengimplementasikan kamus sederhana Program bantu penterjemah dari satu bahasa ke bahasa lain. Mengembangkan perangkat lunak multimedia kamus bahasa isyarat 7. Subyek : Pembelajaran Mengembangkan program bantu belajar (computer-aided learning ) untuk satu topik tertentu, baik topik informatika (misalnya antrian, sorting, manajemen memori dalam sistem operasi, dsb) atau topik non informatika (misalnya proses terjadinya gempa tektonik, penjadwalan transportasi pesawat/kereta api, sistem persamaan linier, statistik, pembiasan cahaya, pergerakan bulan terhadap bumi, sempoa, dsb).

8. Subyek : Sistem Pakar Mengembangkan sistem pakar untuk satu masalah tertentu misalnya : Mendeteksi kerusakan mobil Melacak kasus kriminal Mendeteksi penyakit Mendeteksi kerusakan pada suatu alat, misalnya printer, televisi, dsb