PERTEMUAN – V&VI PERCABANGAN IF CASE
Sekreningsih Nita, S.Kom OPERTOR PERCABANGAN Percabangan merupakan operator yg digunakan untuk menentukan pilihan thd beberapa pilihan yang ada . DUA MACAM operator PERCABANGAN IF ... THEN .... ELSE CASE .... OP Sekreningsih Nita, S.Kom
PERCABANGAN dgn IF Ada 2 model percabangan IF : ADALAH operator percabangan yg digunakan utk menentukan pilihan atas beberapa kondisi yg merupakan syarat thd pilihan yg sudah ditentukan . Ada 2 model percabangan IF : Percabangan utk kondisi pilihan tunggal merupakan operator percabangan yg digunakan utk menentukan sebuah pilihan dg kondisi tunggal . Bentuk Umum : IF syarat THEN hasil ; Contoh : IF Nilai > 80 THEN keterangan := ‘Lulus’; (ii) Percabangan utk kondisi majemuk : utk contoh : IF nilai >80 THEN kondisi yg harus dipenuhi lebih dari satu Grade := ‘A’ ELSE Bentuk Umum : IF syarat-1 THEN IF nilai > 70 THEN hasil -1 Grade := ‘B’ Else ELSE IF syarat-2 THEN IF nilai > 60 THEN hasil-2 Grade := ‘C’ Else ........... ELSE Grade = ‘E’ ;
Contoh-Program: Konversi Nilai Buat dln bentul IF pernyataan berikut ini : Masukkan Nilai Angka : 0 – 40 Nilai=‘E’ 41 – 59 Nilai=‘D’ 60 – 70 Nilai=‘C’ 71 – 80 Nilai=‘B’ 81 – 100 Nilai=‘A’
Bentuk ALGORITMA 1. Masukkan (Nilai) 2. Baca(Nilai) 3. Jika (nilai<0) dan (nilai<=40),cetak(E) 4. Jika tidak ,apakah (nilai<=59),cetak(D) 5. Jika tidak ,apakah (nilai<=70),cetak(C) 6. Jika tidak ,apakah (nilai<=80),cetak(B) 7. Jika tidak ,apakah (nilai<=100),cetak(A) 8. Selesai
Bentuk FORM awal
FORM-2 (setelah PROPERTIES)
( Combo Box , List Box & Radio Button ) MENGENAL OBJECT II ( Combo Box , List Box & Radio Button ) :
( Group Box , Combo Box , RadioButton) MENCOBA ( Group Box , Combo Box , RadioButton) :
LATIHAN : BUAT DESAIN FORM-1 Desain Form AWAL :
DESAIN FORM-2 Desain Form setelah di EDIT ( Properties ) :
DESAIN PROPERTIES Desain Properties :
Hasil yang diperolah ( Hasil Akhir setelah RUN ) ; Perhitungan GAJI DESAIN FORM (RUN) Hasil yang diperolah ( Hasil Akhir setelah RUN ) ; Perhitungan GAJI
Menggunakan OBJECT Properties Pengisian pada COMBO BOX : Klik pada Item , diikuti denga pengisian pada String List Editor , ketikkan kata sbg kata pilihan , selesai klik OK
JENDELA EDITOR Double Click pada Form (sembarang tempat) , ketikkan : procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject) ; begin cjabatan.Item.Add(‘Direktur’); cjabatan.Item.Add(‘Manager’); cjabatan.Item.Add(‘Karyawan’); end;
Menghitung Tunjangan Karyawan Tetap PROGRAM : Menghitung Tunjangan Karyawan Tetap Double Click pada Option Tetap , ketikkan : procedure TForm3.rtetapClick(Sender: TObject) ; begin if rtetap.Checked = true then a := StrToFloat(epokok.Text); hasil := a * 0.3 ; etunjangan.Text := FloatToStr(hasil); end;
Menghitung Tunjangan Karyawan Honorer PROGRAM : Menghitung Tunjangan Karyawan Honorer Double Click pada Option Honorer , ketikkan : procedure TForm3.rhonorerClick(Sender: TObject) ; begin if rhonorer.Checked = true then a := StrToFloat(epokok.Text); hasil := a * 0.1 ; etunjangan.Text := FloatToStr(hasil); end;
Ketentuan Perhitungan GAJI Dari Struktur Organisasi perusahaan ketentuan gaji perusahaan terbagi menjadi 3 struktur utama : Besarnya Tunjangan ditentukan oleh status Kepegawain . JABATAN GAJI POKOK Direktur Rp. 5.000.000 ,- Manager Rp. 3.000.000,- Karyawan Rp. 1.000.000,-
PROGRAM : untuk mencari GAJI POKOK Double click pada COMBO onClick :
PROGRAM : untuk mencari GAJI BERSIH Double click pada COMMAND Total Gaji :
PROGRAM : BERSIH Double Click : Isi Data Lagi
PROGRAM : CLOSE Double Click CLOSE , ketikkan : procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject) ; begin close ; end;
The end See You Next Week