Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Abstrak ABSTRAK Sachrul Adzom, 17109146 Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Skripsi, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, 2010 Kata Kunci : CAI, E-Learning, Flash, Sistem Keamanan Komputer, PAIKEM. (xvii + 73 + lampiran) Aplikasi ini dibangun dalam format elearning menggunakan tools Macromedia Flash Pro 8, aplikasi ini berguna untuk sarana pembelajaran yang bersifat pelengkap. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan agar pengguna dapat lebih memahami kejelasan tentang materi mata kuliah sistem keamanan komputer. Penyampaian materi disajikan dengan media teks, suara dan animasi agar mahasiswa dapat dengan mudah menyerap materi yang disampai... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Berbagai jenis aplikasi TIK biasa disebut Computer-Based Instruction (CBI), ComputerAssisted Instructional/Learning (CAI/CAL) atau Computer-Managed Instruction (CMI). Dalam CAI, siswa berinteraksi langsung dengan comp... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 2 BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Konsep Dasar PAIKEM 2.1.1. Pengertian PAIKEM PAIKEM merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Selanjutnya, PAIKEM dapat didefinisikan sebagai : pendekatan mengajar (approach to teaching) yang digunakan bersama metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai penataan lingkungan sedemikian rupa agar proses pem... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 3 BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN 3.1. Analisis Kebutuhan Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mengumpulkan data tentang tingkat kesulitan dalam bab-bab sistem keamanan komputer dan pemanfaatan multimedia interaktif pada materi yang dimaksud. Data tersebut merupakan masukan utama yang melatar belakangi perancangan pembelajaran multimedia interaktif atau elearning dan untuk materi yang akan dibah... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 4 BAB IV PENUTUP 4.1. Kesimpulan Aplikasi ini dibangun dalam format elearning menggunakan tools Macromedia Flash Pro 8, aplikasi ini berguna untuk sarana pembelajaran yang bersifat pelengkap. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan agar pengguna dapat lebih memahami kejelasan tentang materi mata kuliah sistem keamanan komputer. Penyampaian materi disajikan dengan media teks, suara dan animasi agar mahasiswa... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 5 ... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id