Pertemuan 09 Materi: Perangkat lunak, pemrograman, dan kecerdasan buatan. Sumber materi: Alter, Steven “Information Systems” a management perspective.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak 1
Pemrograman Generasi Ke 4
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 4
Komponen Sistem Informasi
Pengantar Teknologi Informasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TEKNOLOGI PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
PERTEMUAN-4 MANAJEMEN DATA
MANAGEMENT SUPPORT SYSTEM Peran SI Dalam MSS Part II.
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Perkembangan Perangkat Lunak
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Bab 4 SOFTWARE KOMPUTER.
Pertemuan 4 Konsep Dasar SPK (02)
Stake Holder dalam Sistem Informasi
SOFTWARE.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Tuti Widya Lestari, S.Kom Pertemuan : 2.
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
Membangun Sistem Informasi ERP
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Pertemuan 08 Materi: Perangkat keras komputer Sumber materi:
PERANGKAT LUNAK Software.
Komponen teknologi informasi
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
PENGEMBANGAN SISTEM ALTERNATIF
BAHASA PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Pertemuan 10 Materi: Jaringan dan telekomunikasi Sumber materi:
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
7 DATABASE Client/Server Wiratmoko Y, ST C H A P T E R
BAHASA PEMROGRAMAN.
SISTEM DATABASE.
Stake Holder dalam Sistem Informasi
Pertemuan 04 Materi: Informasi dan database Sumber materi:
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
SOFTWARE.
4 SOFTWARE KOMPUTER CHAPTER
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah
Modul II Bab 4: Software Komputer
MENGELOLA PENGETAHUAN
Nency Extise Putri, M.Kom
Apa yang anda ketahui tentang sotware/perangkat lunak?
Pemrograman Generasi Ke 4
Pendahuluan Basis Data
Komponen Sistem Informasi
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Manajemen Data.
SOFTWARE DAN BRAINWARE
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Akuntansi D/Semester II
Materi ke 5 Pengguna Basis Data.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pemrograman Generasi Ke 4
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Apakah sebenarnya komputer itu?
Membangun Sistem Informasi ERP
Membangun Sistem Informasi ERP
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
Ragam Sistem Informasi
04 Membangun Sistem Informasi ERP Tahapan SDLC Hata Maulana, M.T.I.
TEKNIK KOMPILASI Pertemuan III.
Pengantar teknologi informasi
MENGELOLA PENGETAHUAN
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengantar Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

Pertemuan 09 Materi: Perangkat lunak, pemrograman, dan kecerdasan buatan. Sumber materi: Alter, Steven “Information Systems” a management perspective (third edition). Addison-Wesley. Bab 9.

PERANGKAT LUNAK, PEMROGRAMAN, DAN KECERDASAN BUATAN Chapter 9

OUTLINE Jenis-jenis software Pemrograman dipandang sebagai proses bisnis Empat generasi bahasa pemrograman Pengembangan lain dalam pemrograman Sistem operasi Langkah-langkah menuju pemrograman cerdas kedalam mesin

1. Jenis-jenis software Application software Mengolah data ke dalam proses bisnis tertentu. Misal: Program untuk ramalan penjualan. Program untuk mengontrol transaksi pembelian. Program untuk mempertahankan data pelanggan. Program untuk mengirimkan tagihan ke pelanggan.

2. End-users software Terdiri dari general-purpose tools, seperti: Spreadsheet program Wordprocessors DBMS untuk PC

3. System development software Programmer dan analyst menggunakan software ini untuk membangun dan meningkatkan Sistem Informasi. Contoh: Compiler CASE (Computer Aided System Engineering) systems

4. System software Dihasilkan oleh pakar programmer dalam operasi internal sistem komputer. Contoh: Sistem operasi. Software untuk komunikasi data. Utility.

2. Pemrograman dipandang sebagai proses bisnis Pemrograman sebagai proses penterjemahan aktivitas Bisnis Pengorganisasian ide Bisnis Testing program Perubahan alami dari pemrograman Kecenderungan ke arah object- oriented

Pemrograman adalah proses membuat perintah-perintah yang nantinya akan dieksekusi oleh mesin. Programmer menulis program yang menyatakan keinginan user. Assembler atau compiler menterjemahkan program kedalam perintah yang dapat

Menterjemahkan program ke dalam bahasa mesin Aturan dan limitasi user komputer Tulis program Menterjemahkan program ke dalam bahasa mesin Aturan dan limitasi bahasa pemrograman

Testing program Testing adalah proses menentukan apakah program atau sistem bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Tak peduli bahasa pemrograman apa yang dignakan, programmer harus mengorganisir ide-ide mereka dan mengujinya (test). Testing diperlukan untuk semua program guna mencari dan membetulkan kesalahan.

3. Empat generasi bahasa pemrograman 1. Bahasa mesin Bahasa pemrograman internal untuk chip tertentu.

2. Bahasa rakitan Memungkinkan programmer menulis program menggunakan nama variabel, bukan lokasi data di dalam komputer.

3. Bahasa tingkat-tinggi Juga disebut bahasa generasi ke tiga (3 GL’s) Compiler, menterjemahkan bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin. Source code, program mula-mula. Object code, program yang ekivalen dengan bahasa mesin.

4. Bahasa generasi keempat (4 GL’s) Pemrograman lebih prosedural daripada bahasa generasi ke tiga. Query language Report generators

4. Pengembangan lain dalam pemrograman Special-purpose languages Modeling languages, special-purpose languages untuk pengembangan model, yang digunakan secara luas dalam decision support systems.

Spreadsheets Suatu jenis modeling language yang memungkinkan orang menulis program, meskipun mereka bukan professional programmers.

CASE (Computer Aided Software Engineering) systems Penggunaan tools terkomputerisasi untuk meningkatkan efisiensi. Upper-CASE, tools yang digunakan oleh profesional bisnis dan profesional IT untuk menjelaskan proses bisnis dan data yang dibutuhkan dalam proses tersebut. Lower-CASE, tools yang digunakan oleh programmer untuk memudahkan proses pemrograman.

5. Sistem operasi Sistem operasi untuk PC -controlling the user interface. -controlling tasks in progress. -controlling access to data. -allocating resources.

Sistem operasi untuk sistem computer multi-user -run banyak job serentak untuk banyak user. -menentukan prioritas. -menjaga keamanan. -menjamin user dengan data dan berbagai job tidak campur aduk dengan yang lain.

Sistem operasi jaringan -membuat link antar nodes. -memonitor operasi jaringan. -mengontrol proses recovery jika ada node yang mati atau seluruh jaringan mati. -terhubung dengan sistem operasi untuk individual workstation dalam jaringan.

Mengapa sistem operasi penting? Sistem operasi merupakan program yang kompleks yang mengontrol operasi komputer dan jaringan.

6. Langkah-langkah menuju pemrograman cerdas kedalam mesin . Pemrosesan bahasa alami (natural language) . Sistem pakar (expert system) . Jaringan syaraf tiruan (neural network) . Penalaran samar (fuzzy logic) . Case-based reasoning (sbg dasar utk pengambilan keputusan) . Agen cerdas (intelligent agent)