Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Outline Materi Hubungan antara Comp. Vision, Grafika Komputer, Pengolahan Citra, dan Pengenalan Pola (Pattern Recognition) Domain Computer Vision Processing.
Advertisements

Introduction Internet & E-Commerce S1 Teknik Informatika
Artificial Intelegent
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Pengantar Sistem Dijital
Komting: Supandi ‘10 ( ), Fajar ( ) Sumber: Materi Kuliah Prof. Handayani Tjandrasa Komting: Supandi ‘10 ( ), Fajar ( )
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI & ILMU KOMPUTER
Rekayasa Perangkat Lunak Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER & OLAH CITRA
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
Paket Program Niaga Fithri Selva Jumeilah
Pemodelan untuk Ilmu Komputasi
Metode Penelitian di bidang teknik informatika
Definisi Desain BERASAL DARI KATA (ITALIA): DISEGNO INTERNO (KONSEP UNTUK KARYA YANG AKAN DILAKSANAKAN) DAN DISEGNO ESTERNO (KARYA YANG SUDAH TERLAKSANA)
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pemrograman Visual I Outline: Profil Kontrak Perkuliahan
Pertemuan 1 Introduction
DASAR – DASAR ROBOTIKA Rian Rahmanda Putra Fakultas Ilmu Komputer
KONTRAK dan SILABUS METODOLOGI PENELITIAN
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PEMROGRMAN BERORIENTASI OBJECT Kontrak Perkuliahan
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Interaksi Manusia dan Komputer
D10A Metodologi Penelitian MP-00: Pengantar
Pedoman Penyusunan Presentasi dan Makalah
Pemrograman Platform Khusus
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Rancangan Pembelajaran Semester
ENTREPRENEURSHIP BOBOT : 3 SKS DOSEN :
ENTREPRENEURSHIP BOBOT : 3 SKS DOSEN :
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
4. Disiplin Ilmu, Metode Penelitian dan Computing Methods
ENTREPRENEURSHIP BOBOT : 3 SKS DOSEN :
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Signal Processing Image Processing Audio Processing Video Processing
TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
KONTRAK dan SILABUS METODOLOGI PENELITIAN
Pengertian Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi.
Kontrak Perkuliahan Sistem Multimedia Semester Ganjil
Computer Security T.A 2013/2014.
Signal Processing Image Processing Audio Processing Video Processing
Rancangan Perkuliahan Semester
Logika Informatika Iwan Santosa, S.T., M.T. Teknik Informatika
Prakt. BasDat - Pertemuan 1
KONTRAK SILABUS MK METODOLOGI PENELITIAN
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pengantar Kuliah.
ENTREPRENEURSHIP BOBOT : 3 SKS DOSEN :
Kontrak Perkuliahan Sistem Multimedia Semester Ganjil
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL GES 5413
KONTRAK PERKULIAHAN mk. SANITASI PERUMAHAN DAN TTU
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Pemrograman Berorientasi objek Java (IX307)
Logika dan Algorithma 2 SKS
INF – UNIJOYO Analisa dan Desain Berbasis Objek
STMIK AMIKOM PURWOKERTO
ENTREPRENEURSHIP BOBOT : 3 SKS DOSEN :
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGENALAN CITRA DIGITAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
HUG1S3/ PENGENALAN ILMU KOMPUTASI
Syarat Mengikuti Perkuliahan
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Transcript presentasi:

Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran COMPUTER VISION D10K-5C01 CV00: Pengantar Mata Kuliah Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Deskripsi Mata Kuliah Pada mata kuliah ini akan dipelajari bagaimana komputer dapat melihat objek. Melihat dalam hal ini adalah suatu proses ekstraksi nilai semantik dari data masukan berupa gambar, video, atau live camera, memprosesnya, kemudian menyampaikan informasi yang relevan. Objek bisa berupa wajah, benda, gerakan, pemandangan, maupun kejadian. Kuliah ini berkaitan dengan kuliah image processing dan computer graphics Para mahasiswa diwajibkan sudah mengambil mata kuliah tersebut (sebagai prerequisite)

Topik yang dibahas Topik yang akan dibahas meliputi : Introduction Image formation Image processing Feature detection and matching Segmentation Feature-based alignment Structure from motion Dense motion estimation Image stiching

Beberapa Definisi Computer Vision Wisegeek: Computer vision is a field of study and research in computer science and engineering that focuses on computers and machines that can receive and interpret visual data. BMVA: Computer vision is concerned with the automatic extraction, analysis and understanding of useful information from a single image or a sequence of images. It involves the development of a theoretical and algorithmic basis to achieve automatic visual understanding. Wikipedia: Computer vision is a field that includes methods for acquiring, processing, analyzing, and understanding images and, in general, high-dimensional data from the real world in order to produce numerical or symbolic information, e.g., in the forms of decisions.

COMPUTER VISION = HUMAN-INSPIRED MACHINE IN VISUAL RECOGNITION

Tujuan Mata Kuliah Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu: Menjelaskan apa yang dimaksud dengan computer vision Menjeleakan konsep formasi citra dijital serta pemrosesan dasarnya Menjelaskan algoritma-algoritma yang berkaitan dengan analisis citra dijital Membuat program komputer yang berkaitan interpretasi objek dasar bersumber dari gambar, video, live Menggunakan framework yang tersedia yang berkaitan dengan computer vision Membuat aplikasi computer vision yang bermanfaat / aplikatif

Materi Kuliah Kuliah merujuk pada buku teks: http://szeliski.org/Book

Jadwal Kuliah Praktek Mulai 1 September 2015 Selasa, 08.00:00 - 10:30:00 D13JT-0103 Praktek A.D.K.

Evaluasi Komposisi Range Nilai Tugas 20% Quiz 20% UTS 30% UAS 30% Praktek Range Nilai A B C D E >80 >70 >55 >40 <40

Aturan Tugas dan Evaluasi Lain Tugas-tugas harus dikumpulkan sesuai jadwal. Penilaian/evaluasi didasarkan kepada orisinalitas, akurasi, kejelasan dan kelengkapan. Jika dibuktikan terjadi  plagiarisme, maka nilai semuanya adalah NOL. Jangan memberikan pekerjaan anda kepada orang lain. Kerjasama tim (teamwork) sangat disarankan, namun TIDAK DALAM UJIAN.

Kalender Perkuliahan Kuliah Pertama (#1) : 1 September2015 Kuliah Terakhir (#15) : 15 Desember 2015 UTS (#8) : 20 Oktober 2015 UAS : Sesuai jadwal UNPAD Prediksi Tugas dan Kuis Tugas : #2, #4, #6, #10, #12, #14 Kuis : #5, #9, #13/#14/#15

Fasilitas Praktek Laboratorium Software Dreamspark UNPAD Visual Studio.NET (C#) EmguCV Matlab with Image Processing and Computer Vision Packs Roborealm Mobile programming (optional) Dreamspark UNPAD

Aturan Kelas Setiap mahasiswa harus mendaftar pada situs http://elearning-dev.unpad.ac.id Course categories: Teknik Informatika Computer Vision Tidak ada kelas bubar Minimal kehadiran 80% Jika tidak bisa hadir, hubungi dosen Situs dosen: http://setiawanhadi.unpad.ac.id

Green & Clean Class Pelihara kerapihan dan kebersihan Kelas Buang sampai pada tempatnya Rapikan kursi kuliah setelah dipakai Jangan mencoret-coret pada tempat umum Matikan Lampu, AC dan LCD Proyektor jika tidak dipergunakan Gunakan peralatan yang reusable: minuman dalam botol refillable makanan …