Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Bab 3 Proyeksi Siku-Siku.
Bentuk Koordinat Koordinat Kartesius, Koordinat Polar, Koordinat Tabung, Koordinat Bola Desember 2011.
Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP PENGENALAN BANGUN RUANG
Bangun Ruang dan Bangun Datar Kelas 4 Semester II.
GEOMETRI TIGA DIMENSI.
Hidden Surface Removal (HSR)
Koordinat Kartesius, Koordinat Tabung & Koordinat Bola
Menggambar perspektif
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
TRANSFORMASI.
Koordinat Kartesius, Koordinat Tabung & Koordinat Bola
PROYEKSI Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom 11/04/2017 Proyeksi.
Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)
0.5 SIMETRI DAN PENCERMINAN
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Macam-Macam Bangun Ruang
RENDERING (Shading & Shadow)
TRANSFORMASI.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
Clipping Edy Mulyanto.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 14.
Sistem Koordinat.
Pengantar Grafika 3D Fakultas Ilmu Komputer 2014
Bangun Datar Persegi Elsa Oktavia.
Transformasi 2D Grafika Komputer.
Transformasi geometri
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
AYO BELAJAR TRANSFORMASI GEOMETRI !!!
3D Elisabeth, S.kom.
Proyeksi.
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
PROYEKSI DAN SISTEM KOORDINAT PETA
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pertemuan 5 Konsep Pembentukan dan Proyeksi Benda
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
RENDERING (Shading & Shadow)
BAHAN AJAR MATEMATIKA MTs
MODELING Mail merge.
PERSEGI.
GEOMETRI TIGA DIMENSI.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Oleh : Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
ANIMASI INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER Sampurna Alam
BAB I ANALISIS VEKTOR 1.1 SKALAR DAN VEKTOR Skalar Vektor Medan skalar
Grafika Komputer Transformasi 2 Dimensi.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs PENGENALAN BANGUN RUANG
DIMENSI DUA transformasi TRANSLASI.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP PENGENALAN BANGUN RUANG
GAMBAR PERSPKTIF Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Menggambar Perspektif adalah suatu.
SUSY FEBRIYA DAN LINDA PURNAMASARI
Bidang Kartesius Kelas 9 Semester 2.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Menggambar perspektif
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Konsep dan Representasi Dimensi 3 (3D)
SYNTHETIC CAMERA Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom 12/6/2018
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
Transcript presentasi:

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom DUNIA 3 DIMENSI Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom 3 Dimensi - Pengantar

2 Dimensi dan 3 DIMENSI Apa yang membedakan 2 dimensi dengan 3 dimensi ? 2 Dimensi : Tinggi dan Lebar 3 Dimensi : Tinggi, Lebar dan Kedalaman Kedalaman adalah jarak antara pemirsa (viewer) terhadap benda yang dia lihat 3 Dimensi - Pengantar

2 Dimensi dan 3 Dimensi 2 Dimensi 3 Dimensi kedalaman lebar tinggi 3 Dimensi - Pengantar

3 Dimensi Bagaimana manusia memperoleh kesan kedalaman ? Manusia mempunyai dua mata. Kedua mata manusia mempunyai selisih sudut pandang 120o Perbedaan sudut pandang tersebut membuat masing-masing mata memperoleh gambar yang berbeda untuk objek yang sama. Perbedaan gambar diproses oleh otak sehingga kita memperoleh kesan 'kedalaman' atau jarak terhadap benda. Percobaan : Tutup salah satu mata anda selama kurang lebih 2 hari dan anda akan mengetahui bahwa anda tidak dapat menentukan dengan mudah jarak antara anda dengan benda yang anda lihat 3 Dimensi - Pengantar

3 Dimensi mata kiri mata kanan 3 Dimensi - Pengantar

Sifat-sifat 3 dimensi Setiap titik dalam 3 dimensi ditentukan oleh tiga posisi : x : jarak titik tersebut terhadap sumbu x y : jarak titik tersebut terhadap sumbu y z : jarak titik tersebut terhadap sumbu z Posisi sebuah titik dalam 3 dimensi dituliskan dalam bentuk (x,y,z) 3 Dimensi - Pengantar

Sifat-sifat 3 dimensi Bagaimana menggambarkan sumbu 3 dimensi ? y+ y+ z+ x+ y+ z+ x+ y+ 3 Dimensi - Pengantar

Benda 3 Dimensi dan komputer Komputer dapat digunakan untuk mengolah benda tiga dimensi. Ada tiga persoalan dalam mengolah benda tiga dimensi menggunakan komputer : Pembuatan lokasi titik 3D Manipulasi titik 3D Transformasi titik 3D menjadi 2D 3 Dimensi - Pengantar

Pembuatan lokasi titik 3D Proses yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D yang menunjukkan bentuk dari benda 3D Ada 3 macam proses untuk menghasilkan lokasi titik 3D : Penentuan langsung menggunakan peralatan seperti mouse3D, scanner3D berbagai peralatan lain Menggunakan parametric surface Menggunakan prosedur khusus seperti extrude dan surface of revolution. 3 Dimensi - Pengantar

Scanner 3D Scanner 3D merupakan peralatan yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D secara langsung dengan menunjuk lokasi titik tersebut. Contoh peralatan : mouse, trackball, laser scanner dan sebagainya. 3 Dimensi - Pengantar

Parametric Surface Digunakan untuk menghasilkan benda-benda yang dapat direpresentasikan dalam rumus matematika seperti : bola, donut, tabung, cone dan sebagainya 3 Dimensi - Pengantar

Parametric Surface 3 Dimensi - Pengantar

Extrude Merupakan prosedur menghasilkan lokasi titik 3D dengan menarik titik-titik 2 dimensi ke satu arah tertentu. arah extrude titik asal titik hasil extrude 3 Dimensi - Pengantar

Surface of Revolution Prosedur untuk menghasilkan lokasi titik 3D dengan cara memutar profile pada sumbu putar sumbu putar profile hasil putaran 3 Dimensi - Pengantar

Reprsentasi Struktur data titik 3D Titik 3D dapat disimpan sebagai : Mesh Rumus matematika Titik profile 3 Dimensi - Pengantar

Mesh Mesh merupakan kumpulan titik 3D yang saling dihubungkan. Model yang dihasilkan disebut sebagai wireframe model Permukaan benda (surface) diperoleh dengan menghubungkan titik-titik vertex baik dalam bentuk segiempat atau segitia. Umumnya digunakan surface dalam bentuk segitiga karena bentuk segitiga akan selalu berada dalam keadaan planar (datar). 3 Dimensi - Pengantar

Mesh v1 v2 v3 v4 e1 e2 e3 e4 surface vertex edge surface 2 e2 v3 v2 e3 3 Dimensi - Pengantar

Mesh Mesh dengan surface segi-empat disimpan sebagai record : Point3D = record x,y,z:real; end; Mesh = record jumvertex,jumedge:integer; vertex : array [1..1000] of Point3D; edge : array[1..1000,1..2] of integer; 3 Dimensi - Pengantar

Mesh 6 2 5 7 1 3 8 10 9 4 3 Dimensi - Pengantar Daftar Vertex Vertex x y z 1 2 3 4 0.5 1.5 5 6 7 8 9 10 6 2 5 7 1 3 8 10 9 4 edge v1 v2 1 2 6 7 11 16 5 3 8 12 17 4 9 13 10 14 15 3 Dimensi - Pengantar

Hidden Surface Removal Proses Komputer 3D Lokasi titik-titik 3D Manipulasi Penampilan Shadow / Pewarnaan scanning Formula Surf Of Rev. Transformasi Hidden Line Removal Perspektif Hidden Surface Removal Camera RayTracing 3 Dimensi - Pengantar