Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Advertisements

DIALOG DOSEN MAHASISWA KIMIA I
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
GRAFIKA KOMPUTER (Computer Graphics) Dosen : Abdullah Basuki R.,S.Si, M.T. Web blog : abdullabasukiumsida.wordpress.com
KURIKULUM 2005 Program Studi Teknik Elektro. Apa yang BARU dari Kurikulum 2005 ? Tidak ada lagi PRAKTIKUM I, II, III, IV, semua praktikum TERKAIT LANGSUNG.
Microsoft Word Pertemuan 1.
Rekayasa Perangkat Lunak Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER & OLAH CITRA
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Paket Program Niaga Nama: Fransiska Prihatini Sihotang, S. SI
TIF 4201 Algoritma Dan Struktur Data
Paket Program Niaga Fithri Selva Jumeilah
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Teori bilangan Teori bilangan
PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
MK MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
Pengantar Komputer Grafik
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pertemuan 1 Introduction
KONTRAK dan SILABUS METODOLOGI PENELITIAN
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pengantar
PEMROGRMAN BERORIENTASI OBJECT Kontrak Perkuliahan
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
D10A Metodologi Penelitian MP-00: Pengantar
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Kontrak kuliah mata kuliah
Silabus dan Rencana Perkuliahan
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
KONTRAK dan SILABUS METODOLOGI PENELITIAN
BAHASA INDONESIA Pengantar Kuliah Semester Genap.
Pengenalan eLearning Untuk Mahasiswa Angkatan Baru Semester Ganjil
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
Kontrak Perkuliahan Sistem Multimedia Semester Ganjil
IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pengantar
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Logika Informatika Iwan Santosa, S.T., M.T. Teknik Informatika
MATERI PERKULIAHAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Prakt. BasDat - Pertemuan 1
KONTRAK SILABUS MK METODOLOGI PENELITIAN
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Pengantar Kuliah.
Kontrak Perkuliahan Sistem Multimedia Semester Ganjil
KONTRAK PERKULIAHAN mk. SANITASI PERUMAHAN DAN TTU
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Telaah Kurikulum Fisika
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Logika dan Algorithma 2 SKS
Metode Produksi Grafika Terapan
WA/TELEGRAM/SMS/LINE:
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Syarat Mengikuti Perkuliahan
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Algoritma dan Pemrograman
Program Studi Teknik Elektro
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
MATEMATIKA. Kontrak Perkuliahan Nama Mata Kuliah : MATEMATIKA JUMLAH JAM :4 JP / Minggu Pengajar : Yunita Wulan Sari TA :
TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN IQBAL ARRANIRI, SEI.,MM.
Transcript presentasi:

Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK00: Pengantar Mata Kuliah Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Deskripsi Mata Kuliah Pada kuliah ini akan dipelajari dasar matematika grafika komputer, algoritma penggambaran objek-objek , teknik windowing an clipping, transformasi objek grafik 2D dan 3D, teknik proyeksi dan perspektif, animasi sederhana, serta warping dan morphing. Implementasi dilakukan menggunakan fasilitas internal bahasa pemrograman dan library khusus grafika komputer.

GRAFIKA KOMPUTER ≠ DISAIN GRAFIS

Tujuan Mata Kuliah Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu: Menjelaskan apa yang dimaksud dengan grafika komputer Menjelaskan algoritma-algoritma yang berkaitan dengan pembangunan objek grafis primitif serta pemrosesannya Membuat program komputer yang berkaitan objek grafis 2D maupun 3D menggunakan fasilitas grafis internal dan eksternal Melakukan pemrosesan dan simulasi data tekstual yang divisualkan secara grafis dan animasi Menerapkan program grafis untuk untuk menyelesaikan permasalahan dengan tingkat kesulitan elementer

Materi Kuliah Utama Optional Penggambaran Objek-objek Primitif Windowsing dan Clipping Transformasi 2D Transformasi 3D Proyeksi dan Perspektif Optional Warping, Morphing Ray Tracing Shadowing Animasi

Jadwal Kuliah Praktek Mulai 31 Agustus 2015 Senin, 09:00:00 - 11:30:00 R.B. 1.3 Praktek A.D.K.

Evaluasi Komposisi Range Nilai Tugas 20% Quiz 20% UTS 30% UAS 30% Praktek Range Nilai A B C D E >80 >70 >55 >40 <40

Aturan Tugas dan Evaluasi Lain Tugas-tugas harus dikumpulkan sesuai jadwal. Penilaian/evaluasi didasarkan kepada orisinalitas, akurasi, kejelasan dan kelengkapan. Jika dibuktikan terjadi  plagiarisme, maka nilai semuanya adalah NOL. Jangan memberikan pekerjaan anda kepada orang lain. Kerjasama tim (teamwork) sangat disarankan, namun TIDAK DALAM UJIAN.

Kalender Perkuliahan Kuliah Pertama (#1) : 31 Agustus 2015 Kuliah Terakhir (#15) : 14 Desember 2015 UTS (#8) : 19 Oktober 2015 UAS : Sesuai jadwal UNPAD Prediksi Tugas dan Kuis Tugas : #2, #4, #6, #10, #12, #14 Kuis : #5, #9, #13/#14/#15

Fasilitas Praktek Laboratorium Software Dreamspark UNPAD Visual Studio.NET (C#) Dreamspark UNPAD

Aturan Kelas Setiap mahasiswa harus mendaftar pada situs http://elearning-dev.unpad.ac.id Course categories: Teknik Informatika Computer Graphics Tidak ada kelas bubar Minimal kehadiran 80% Jika tidak bisa hadir, hubungi dosen

Green & Clean Class Pelihara kerapihan dan kebersihan Kelas Buang sampai pada tempatnya Rapikan kursi kuliah setelah dipakai Jangan mencoret-coret pada tempat umum Matikan Lampu, AC dan LCD Proyektor jika tidak dipergunakan Gunakan peralatan yang reusable: cth : Botol Minum