Antropologi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengantar Antropologi
Advertisements

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI INDONESIA
KORELASI ANTROPOLOGI DAN ILMU LAIN
Perubahan Sosial.
ANTROPOLOGI.
Pengantar Antropologi Ragawi
SEJARAH, KEBUDAYAAN, IPTEK DAN MASALAH SOSIAL
Oleh: JAGAD ADITYA DEWANTARA L.
KONSEP DASAR GEOGRAFI KEBUDAYAAN (SDM) FISIS/ALAM ORGANISASI.
Identitas Nasional.
MANUSIA DAN PERADABAN PENGERTIAN PERADABAN HAKIKAT HIDUP MANUSIA
PENGERTIAN DAN OBYEK LINGUISTIK
Sosiologi Antropologi Pendidikan
Azaz-azaz dan Ruang Lingkup Antropologi Oleh : Koentjaraningrat
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Konsep Dasar Sejarah.
Konsep dasar antropologi
DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL Disusun Oleh : Kelompok. 7
ANTROPOLOGI??.
ANTROPOLOGI Minggu ke 3.
Minggu ke 2 LIA AULIA FACHRIAL, S.Psi., M.Si
Pengantar Sosiologi Antropologi Pendidikan
ANTROPOLOGI Sejarah – Pengertian - Cabangnya
DINAMIKA KEHIDUPAN SOSIAL
Bahan Ajar Perubahan Sosial Budaya pada Masyarakat
Minggu ke I Lia Aulia Fachrial, S. Psi., M. Si
PERTEMUAN KETUJUH KEDUDUKAN FILOLOGI.
Pertemuan ke-11 TERAPAN DAN ANTROPOLOGI PEMBANGUNAN
ANTROPOLOGI SOSIAL Oleh: Tim Pengajar Dra. Winati Wigna, MDS
Ruang lingkup antropologi
D. Hubungan antara Antropologi-Sosial dan Sosiologi
PENGANTAR ANTROPOLOGI
Pertemuan ke -2 Ruang lingkup antropologi
What is Antropology ? Why Antropology? What for ?
ETNOGRAFI.
C DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH.
PENGANTAR ANTROPOLOGI BUDAYA
ANTROPOLOGI KESEHATAN
Dosen : Yuli Sectio Rini M.hum
Perubahan Sosial dan Pembangunan
Pengantar Sosiologi Antropologi Pendidikan
Perubahan Sosial Modrenisasi.
PENGANTAR ANTROPOLOGI BUDAYA
Dinamika Pembangunan Desa
Konsep dasar antropologi
HUBUNGAN ANTAR KELOMPOK
PERUBAHAN SOSIAL DAN BUDAYA
ETNOGRAFI Disusun Oleh : Dicky ( NIM : )
Pendahuluan Pertemuan 01
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
IDENTITAS NASIONAL MASYARAKAT MADANI
Welcome to the gate of Sociology
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
APA DAN BAGAIMANA ANTROPOLOGI
ANTROPOLOGI BUDAYA (Pertemuan Kedua)
Perubahan Sosial dan Kebudayaan
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
IDENTITAS NASIONAL.
BAB 1 Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah
ANTROPOLOGI. BAHAN BACAAN Glinka, Joseph Perkembangan Alam Hidup. Flores, Nusa Indah Glinka, Joseph Sekitar Terjadinya Manusia (Antropogenese).
HUBUNGAN ANTROPOLOGI DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA
Antropologi Minggu ke 2.
ANTROPOLOGI Afmi Fuad.
SISTEM SOSIAL DAN BUDAYA INDONESIA
Pengantar Sosiologi.
Shrimarti Rukmini Devy, dra.,MKes. Modified by Riris Diana SKM., M.Kes
ANTROPOLOGI.
SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI
IDENTITAS NASIONAL.
Transcript presentasi:

Antropologi

Pengertian Antropologi David Hunter : Antropologi merupakan sebuah ilmu yang lahir dari rasa ingin tahu yang tak terbatas dari umat manusia. Koentjaraningrat : Antropologi merupakan studi tentang umat manusia pada umumnya dengan mempelajari berbagai warna, bentuk fisik masyarakat dan kebudayaan yang dihasilkan.

Pengertian Antropologi William A. Haviland : Antropologi merupakan studi tentang umat manusia, berusaha untuk membuat generalisasi yang berguna tentang manusia dan perilaku mereka dan untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap dari keragaman manusia. Rifhi Siddiq : Antropologi merupakan sebuah ilmu yang mendalami semua aspek yang terdapat pada manusia yang terdiri atas berbagai macam konsepsi kebudayaan, ilmu pengetahuan, norma, seni, linguistik dan lambang, tradisi, teknologi, kelembagaan.

Kaitan ilmu psikologi dengan antropologi Psikologi pada hakikatnya mempelajari perilaku manusia dan proses-proses mentalnya Psikologi pun membahas faktor- faktor penyebab perilaku manusia secara internal, seperti motivasi, minat, sikap, konsep diri dan lain- lain. Sedangkan dalam antropologi khususnya antropologi budaya lebih bersifat faktor eksternal yaitu lingkungan fisik, lingkungan keluarga dan lingkungan sosial dalam arti luas. Kedua unsur itu saling berinteraksi satu sama lain yang menghasilkan suatu kebudayaan melalui proses belajar. Dengan demikian keduanya memerlukan interaksi yang intens untuk memahami pola-pola budaya masyarakat tertentu secara bijak.

Sejarah perkembangan antropologi Sejarah perkembangan Antropologi menurut Koentjaraningrat (1996:1-3) terdiri dari empat fase, yaitu: a. Fase Pertama (Sebelum 1800) Sejak akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, suku-suku bangsa di benua Asia, Afrika, Amerika, dan Oseania mulai kedatangan orang-orang Eropa Barat selama kurang lebih 4 abad. Orang-orang eropa tersebut, yang antara lain terdiri dari para musafir, pelaut, pendeta, kaum nasrani, maupun para pegawai pemerintahan jajahan, mulai menerbitkan buku-buku kisah perjalanan, laporan dan lain-lain yang mendeskripsikan kondisi dari bangsa-bangsa yang mereka kunjungi. Deskripsi tersebut berupa adat istiadat, susunan masyarakat, bahasa, atau cirri-ciri fisik. Deskripsi tersebut kemudian disebut sebagai "etnografi" (dari kata etnos berarti bahasa).

Sejarah perkembangan antropologi b. Fase kedua (kira-kira Pertengahan Abad ke-19) Pada awal abad ke-19, ada usaha-usaha untuk mengintegrasikan secara serius beberapa karangan-karangan yang membahas masyarakat dan kebudayaan di dunia pada berbagai tingkat evolusi. Masyarakat dan kebudayaan di dunia tersebut mentangkut masyarakat yang dianggap "primitif" yang tingkat evolusinya sangat lambat, maupun masyarakat yang tingkatannya sudah dianggap maju. Pada sekitar 1860, lahirlah antropologi setelah terdapat beberapa karangan yang mengklasifikasikan bahan-bahan mengenai berbagai kebudayaan di dunia dalam berbagai tingkat evolusi.

Sejarah perkembangan antropologi c. Fase Ketiga ( Awal Abad ke-20) Pada awal abad ke-20, sebagian besar Negara penjajah di Eropa berhasil memantapkan kekuasaannya di daerah-daerah jajahan mereka. Dalam era colonial tersebut, ilmu Antropologi menjadi semakin penting bagi kepentingan kolonialisme. Pada fase ini dimulai ada anggapan bahwa mempelajari bangsa-bangsa non Eropa ternyata makin penting karena masyarakat tersebut pada umumnya belum sekompleks bangsa-bangsa Eropa. Dengan pemahaman mengenai masyarakat yang tidak kompleks, maka hal itu akan menambah pemahaman tentang masyarakat yang kompleks.

Sejarah perkembangan antropologi d. Fase Keempat (Sesudah Kira-kira 1930) Pada fase ini, antropologi berkembang pesat dan lebih berorientasi akademik. Pengembangannya meliputi ketelitian bahan pengetahuannya maupun metode-metode ilmiahnya. Di lain pihak muncul pula sikap anti kolonialisme dan gejala makin berkurangnya bangsa-bangsa primitif (yaitu bangsa-bangsa yang tidak memperoleh pengaruh kebudayaan Eropa-Amerika) setelah Perang Dunia II. Menyebabkan bahwa antropologi kemudian seolah-olah kehilangan lapangan.

Oleh karena itu sasaran dan objek penelitian para ahli antropologi sejak tahun 1930 telah beralih dari suku-suku bangsa primitif non Eropa kepada penduduk pedesaan, termasuk daerah-daerah pedesaan Eropa dan Amerika. Secara akademik perkembangan antropologi pada fase ini ditandai dengan symposium internasional pada tahun 1950-an, guna membahas tujuan dan ruang lingkup antropologi oleh para ahli dari Amerika dan Eropa.

Pada fase keempat ini antropologi memiliki dua tujuan utama: Tujuan Akademis, untuk mencapai pemahaman tentang manusia berdasarkan bentuk fisiknya, masyarakatnya, maupun kebudayaannya. Tujuan Praktis, untuk kepentingan pembangunan