BAB III Hardware Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Saepul Kamaluddin7/2012. Saepul Kamaluddin7/2012.
Advertisements

Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Perangkat Keras Komputer
DASAR-DASAR KOMPUTER. APAKAH KOMPUTER ITU ??? KOMPUTER MUDAH RUSAK HARUS PINTAR HARUS PINTAR KEBUTAAN ANDA SALAH BESAR ANDA SALAH BESAR.
Main board Disusun Oleh : Agnes Natasya Wulandari
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Hardware Komputer.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Perangkat Keras (Hardware)
H A R D W A R E K O M P U T E R.
ALAT PEMROSES Materi Pertemuan Ke-4.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Komponen Utama dan Arsitektur Komputer
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PERANGKAT KERAS.
Komponen Komponen Komputer
Aplikasi Teknologi Informasi I
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Perangkat Keras Komputer
Pengenalan Perangkat Keras
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
TEKNOLOGI SISTEM KOMPUTER & SISTEM KOMUNIKASI
Pengantar Teknologi Informasi
MATERI PENGAYAAN MATA DIKLAT PRODUKTIF TKJ
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
KOMPONEN KOMPONEN PERANGKAT KERAS ICT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
PERANGKAT KERAS PENYIMPANAN
Pertemuan 7 Hardware.
DASAR-DASAR KOMPUTER Oleh: Anis Nurlaili W, MT.
2.3 Anatomi dan bagian-bagian perangkat keras komputer.
Konfigurasi dan struktur komputer
PENGENALAN DASAR DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu :
Pengantar Teknologi Informasi
PART 3 PENGENALAN HARDWARE
Hardware Komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Aplikom HARDWARE Pertemuan 2.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengolahan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Pengenalan Perangkat Keras
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Transcript presentasi:

BAB III Hardware Komputer Merupakan perangkat yang secara fisik ada, dapat dilihat dan dipegang Perangkat utama untuk melakukan tindakan tersebut terdiri : Perangkat input ( input device ) Perangkat proses ( process device ) Perangkat output ( output device ) Perangkat penyimpanan data ( storage device )

External Memory ( magnetic disk ) SRUKTUR SISTEM KOMPUTER MODERN Central Processing Unit Control Unit ALU I/O unit I/O unit Storage Unit Workstation ( Keyboard, CRT ) External Memory ( magnetic disk ) Archival Memory ( magnetic tape ) Printer Workstation ( Keyboard, CRT )

Perangkat Input Perangkat input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat input memiliki fungsi ganda diantaranya Sebagai perangkat input sendiri Sebagai alat output untuk menampilkan hasil Perangkat input dapat digolongkan menjadi 2 Perangkat input langsung ( langsung di proses CPU ) KEYBOARD, MOUSE, TOUCH SCREEN, DLL Perangkat input tidak langsung PITA MAGNETIK, DISK MAGNETIK, KARTU PLONG

Keyboard Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

Mouse ( Tetikus ) Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol. Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video

Mengoperasikan tetikus mekanik. 1 Mengoperasikan tetikus mekanik. 1. Bola akan berputar saat tetikus digerakkan. 2. Penggulung X dan Y mencengkeram bola tersebut dan memindahkan gerakan. 3. Cakram menerjemahkan gerakan menjadi kode optikal lewat lubang cahaya. 4. LED inframerah memancar lewat cakram. 5. Sensor mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y. Bagian dalam tetikus mekanik yang dipreteli. Bagian bawah adalah tetikus, kiri atas adalah bola, dan kanan atas adalah pengait.

Tetikus optikal buatan Logitech bersensor laser dengan ketelitian mencapai 4.800 titik per inci, nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio.

Light Pen Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen.

Joy Stick Tuas kontrol (bahasa Inggris: joystick) adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan video, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

Touch Screen 'Layar sentuh atau dalam bahasa Inggris Touchscreens, touch screens, touch panels atau touchscreen panels adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer. Touchscreen sering dipakai pada kios informasi ditempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistim touchscreen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.

Head Set Merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara. Selain sebagai alat input alat ini juga mengeluarkan suara seperti audio Scanner Merupakan alat input dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan kedalam bentuk digital

Track Ball Merupakan perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untuk menggerakkan krusor

Perangkat Output Adalah merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses. Monitor LCD ( liquid crystal display ) CRT ( cathode ray tube ) Standart kualitas gambar CGA ( colour graphics adapter ) – 640 x 200 piksel EGA ( enhance graphics adapter ) – 640 x 480 piksel SVGA ( super video graphics adapter ) – 640 x 480 piksel XGA ( extended graphics adapter ) – 2048 x 2048 piksel

Tiga macam jenis printer Printer dan Ploter Tiga macam jenis printer Printer Dot Matrik Printer Tinta Printer Laser

Ploter fungsinya sama seperti printer tapi digunakan untuk mencetak gambar berukuran besar

perangkat pemrosesan data dalam komputer adapah prosesor / CPU Microprosesor Jenis soket microprosesor Soket 1 - 169 pin proc 486 Soket 2 – 238 pin proc 486 Soket 3 – 237 pin proc 486 Soket 4 – 273 pin proc pentiun 60 mhz Soket 5 – 320 pin proc 133 Soket 6 – 235 pin Soket 7 – 321 pin proc pentium mmx Socet 8 – 387 pin proc pro Slot 1 – 242 pin proc pentium II Slot 2 – merupakan pengembangan dari slot 1

Ukuran kecepatan Processor Contoh merk processor INTEL AMD MOTOROLA Ukuran kecepatan Processor Kecepatan frekwensi ( dalam unit Mhz atau Ghz )

Komponen dalam motherboar Motherboard Komponen dalam motherboar Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) ISA AGP (Accelerated Graphics Port ), PCIex, Slot memori, IDE (Integrated development environment) / Parallel ATA or PATA, SATA (Serial Advanced Technology Attachment), BIOS Perlengkapan standar mainboard : LAN Card, Sound Card, USB (Universal Serial Bus) Chipset

Perangkat Penyimpanan ( memory ) digunakan untuk menyimpan data dalam komputer Berdasarkan letaknya Memori internal ( ROM , RAM ) Memori eksternal ( flash disk, hard disk, cd rom, tape disk ) Register tempat penyimpanan beberapa buah data volatile yang akan di olah langsung oleh prosesor Cache memory tempat penyimpanan sementara untuk meningkatkan kecepatan pengambilan dan penyimpanan data di memory oleh prosesor yang berkecepatan tinggi

contoh : BIOS ( basic input output system ) ROM terdiri dari Read Only Memory ( ROM ) Mempunyai tugas menyimpan program yang sifatnya tetap / permanen, tidak bergantung pada arus listrik ( non volatile ), program hanya bisa dibaca oleh komputer contoh : BIOS ( basic input output system ) ROM terdiri dari ROM ( read only memory ) PROM ( programable ROM ) EPROM ( erasable PROM ) OTP ( one time programing ) EEPROM ( eletrically EPROM )

RAM ( random access memory ) RAM bertugas menyimpan program dan data dari pengguna komputer sehingga bisa dibaca dan ditulis. Jenis – jenis RAM DRAM ( dinamic RAM ) FPMRAM ( fast page mode RAM ) EDORAM (extended data output random access memory ) SDRAM (synchronous dynamic random access memory ) DDR SDRAM (Double data rate synchronous dynamic random access memory)

Hard Disk adalah sebuah media penyimpanan permanen yang kapasitas penyimpanannya sangat besar. Ukuran satuan hard disk dalam Giga byte Kecepatan akses data dalam rpm ( rotate per minute ) Sistem antarmuka hardisk IDE /ATA (Advanced Technology Attachment) SCSI SATA (Serial Advanced Technology Attachment0)

VGA ( video graphics adapter ) VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Disket / flopy disk Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

CD Drive menurut jenisnya CD-ROM CD-RW DVD-R DVD-RW Blue Ray/ HD-DVD MODS Disk

Flash memory Memori kilat (flash memory) adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

Sound Card Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. sound card dibagi 3: Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

Lan card ( kartu jaringan ) Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.