Peranan IT terhadap Pengembangan Mahasiswa

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
IT & Pengembangan Mahasiswa FD-IT MAKASSAR. The world is Flat.
Advertisements

Komunikasi Data Jaringan Komputer.
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Internet Materi Pertemuan Ke-12.
Pengenalan Internet Surfing – Browsing – Searching - – Chatting – SMS – E-card – Download – Servise - Advertising Nanik Triana, M.Kom.
Definisi e-Government
Perkembangan Terkini Teknologi Informasi Jurusan Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2012 Pengantar TIK.
SK : 1. Memahami dasar-dasar penggunaan intranet/internet
Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh: Drs. Muchlas, M.T. Universitas Ahmad Dahlan Disampakan pada acara Workshop Internet Sebagai Sumber Belajar Pimpinan.
INTERNET INTRODUCTION. CONTENTS •Network •Introduction •Web Browser • & client •Instant Messenger •Skype •Blog •Forum Diskusi •Internet TV.
ASSALAMU’ALAIKUM.
DAMPAK INTERNET Alia Sugeng Rahayu Aline Arum Suryani
FUNGSI DAN LAYANAN INTERNET
E-Commerce Concept and Implementation
1.  Apakah pembelajaran blended?  Mengapa memerlukan blended?  Bagaimana Menyiapkan Pembelajaran Variatif- integratif?  Bagaimana pendidiknya? 2.
Pengenalan Jaringan Komputer
SAINS & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SEJARAH Hansiswany Kamarga.
INTERNET By APRI SISWANTO, S.KOM.
E-Learning by : AIRA 2009.
Distance Learning.
PENGELOLAAN INFORMASI DALAM BISNIS
Modul 2 : Teknologi Informasi
PENGENALAN INTERNET.
New Media: New technology, New Ideas or New Headaches
Cyber Crime AND Cyber Law
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Telekomunikasi & Jaringan
WELCOME Loading ….
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Pengenalan Jaringan Komputer
Telekomunikasi & Jaringan
SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS
Karier dan Sertifikasi Komputer
Internet Materi Pertemuan Ke-12.
KOMUNIKASI DATA & JARINGAN KOMPUTER
BAB II PEMBAHASAN Pengertian Internet
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
PENGENALAN INTERNET.
PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER
PEMASARAN DALAM E-COMMERCE
COMPUTER MEDIATED LEARNING UNIVERSITAS INDONESIA
Internet Materi Pertemuan Ke-11.
Komponen E-Learning
Penerapan TIK Dalam PBM
– Fitri Febriani – Delia Annisa Putri
Jaringan Komputer 1 – Pertemuan 1
Landasan Ilmu Pendidikan
E-COMMERCE TRIAS PYRENIA ISKANDAR M.Ikom
SAINS & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SEJARAH
Telekomunikasi & Jaringan
PENGENALAN INTERNET.
Pemasaran online SMK Profita Bandung.
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Oleh : Nanik Triana, M.Kom
Telekomunikasi & Jaringan
Pengenalan Jaringan komputer
Pengenalan Internet Oleh: Burhanudin.
Konvergensi.
PENGERTIAN DASAR INTERNET & INTRANET
Model Pembelajaran Berbasis Komputer
MEDIA – MEDIA ECOMMERCE
PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Asep Nasrudin, ST. Jaringan Dasar Teknologi Jaringan Komputer.
Komunikasi di Era Informasi
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Jaringan Komputer.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Transcript presentasi:

Peranan IT terhadap Pengembangan Mahasiswa Syafrizal Helmi Shelmi@telkom.net www.shelmi.wordpress.com

The world is Flat

Perkembangan Globalisasi Globalisasi 1.0 : Mengglobalnya Negara Globalisasi 2.0 : Mengglobalnya Perusahaan-perusahaan Globalisasi 3.0 : Mengglobalnya individu

Sebab yang mendatarkan dunia 1. 9/11/89 : runtuhnya tembok berlin 2. 09/08/95 : Munculnya Website 3. Perangkat Lunak Alur Kerja 4. Up Loading 5. Outsourcing 6. OffShoring 7. Supply Chaining 8. insourcing 9. Informing 10. Steroid : Digital, bergerak, personal dan virtual

Konvergensi Pul Romer : Tatanan dunia baru muncul adanya pengabungan sepuluh pendatar bersatu. Paul Romer, ekonom Stanford University menyatakan” peningkatan simultan dari barang-barang komplementer. Dimana barang A akan jauh lebih berharga jika dimiliki bersama barang C. semakin banyak semakin baik Seluruh fasilitas yang ada, pada saat yang bersamaan bergabung menjadi perangkat alur kerja sehingga memungkinkan penggabungan-penggabungan kerja Ex : HP yang bisa MP3, Email, Kamera, Video, Reminder, Game, SMS, MMS dll

Konvergensi II Ketika komputer pertama kali di ciptakan orang semua berharap akan terjadi lonjakan dalam produktivitas, akan tetapi tidak terjadi apa-apa Pakar sejarah ekonomi, Paul A David dalam bukunya “ Computer and Dynamo : The Modern Productivity Paradox in a Not Too Distant Mirror, menjelaskan setelah bola lampu ditemukan tahun 1879 diperlukan beberapa dekade bagi elektrifikasi untuk menjadi ekonomis dan produktif.

Mengapa ? Karena tidak cukup hanya dengan memasang listrik dan membuang teknologi mesin uap. Seluruh cara menjalankan manufaktur harus diubah dulu.

Mengapa ? Karena tidak cukup hanya dengan memasang listrik dan membuang teknologi mesin uap. Seluruh cara menjalankan manufaktur harus diubah dulu. Hal ini juga terjadi di komputer : mengapa revolusi IT tidak serta merta membawa peningkatan produktivitas? Sebabnya tidak hanya dibutuhkan komputer baru tapi juga keterampilan baru. Dibutuhkan orang-orang yang terbiasa menggunakan IT, kolaborasi horizontal, perilaku baru, nilai-nilai baru dsb Lapangan permainan menjadi horizontal munculnya pemain-pemain baru

Konvergensi III Munculnya lapangan-lapangan pekerjaan baru tenaga ahli yang baru dll, tingkat persaingan baru, kolaborasi baru, kesempatan baru. Menciptakan kesempatan bagus buat diri sendiri dan mempertahankannya atau terus menciptakan kesempatan baru yang memungkinkan kita berkembang. Masalhnya adalah Efisiensi, kolaborasi, daya saing dan terus menjadi pemain

Bagaimana Anda Memanfaatkan ini

Bernie Trilling, dalam buku Toward Learning Societies (2006), Di negara-negara maju, seorang sarjana telah mendapatkan pengalaman: 10.000 jam dengan video games, mengirim dan menerima sekitar 250.000 e-mail, memakai ponsel selama 10.000 jam, menonton TV selama 20.000 jam,  melihat 500.000 iklan, tetapi hanya menghabiskan waktu di bawah 5.000 jam untuk membaca buku.

Di Indonesia baru 5 orang menggunakan internet di antara 100 orang Indonesia―95 orang lagi belum beruntung. Bandingkan dengan Cina (10 per 100 orang), Malaysia (45 per 100), Singapura (62 per 100). (Majalah Ekonomi)

pengembangan TI Indonesia. Pertama, dari sisi teknologi  akan terjadi konvergensi akses, terutama antara selular dan broadband internet. Kedua, pembuatan regulasi yang akan memungkinkan digital money (konversi antara pulsa dan uang).

Flexi Time Sudah  bukan  zamannya lagi melihat mahasiswa dari mana dia berasal (kampusnya). Dengan kemajuan  teknologi, seseorang bisa belajar di mana saja, kapan saja. Tak ada korelasi langsung antara  keberadaan di kampus secara fisik dengan jaminan akan prestasi atau kontribusi pengetahuan.

Adanya notebook, telepon genggam, dan internet secara  drastis mengubah  gaya  belajar sebagian besar  kita.  Produktivitas  meningkat secara berlipat-lipat. Kecanggihan teknologi ini  Harus bisa dimanfaatkan oleh perusahaan, yaitu dengan menerapkan sistem flexi-time untuk tingkatan yang membutuhkannya. 

Wide Area Networks Local Area Networks (LAN) connect computers and other information processing devices within a limited physical area, such as an office, classroom, building, manufacturing plant, or other work site. LANs have become commonplace in many organizations for providing telecommunications network capabilities that link end users in offices, departments, and other workgroups. Wide Area Networks (MAN) cover a large geographic areas. Networks that cover a large city or metropolitan area (MAN) are also included in this category. Such large networks have become a necessity for carrying out the day-to-day activities of many business and government organizations and their end users. Example: WANs are used by many multinational companies to transmit and receive information among their employees, customers, suppliers, and other organizations across cities, regions, countries, and the world. Teaching Tips This slide corresponds to Figure 6.13 on pp. 190 relates to the material on pp. 189-190.

Saat ini ribuan jaringan bisnis, pendidikan, penelitian, organisasi terkoneksi dalam satu jaringan (information superhighway) Untuk peningkatan pendidikan ada dibuat OLPC tren munculnya  user-generated content, yang di dalamnya termasuk perekam video digital amatir, fotografer lewat ponsel, penggila wikipedia, dan social-media blog. Disposable Product : (disposability continuum,   restorable  (replaceable). refillable. 

kompetensi baru (1) pencarian, dengan memanfaatkan search engine, (2) koleksi digital, dalam bentuk MP3, grafik, animasi, dan video, (3) kreasi, mengembangkan website dan game, (4) berbagi (sharing), lewat halaman web atau blog, (5) berkomunikasi, lewat e-mail, instant messaging (IM), chatting, (6) koordinasi, melalui workgroups dan mailing list,

(8) sosialisasi, melalui berbagai kegiatan online group, (7) virtual meeting, melalui forum dan chat room, (8) sosialisasi, melalui berbagai kegiatan online group, (9) evaluasi, lewat online advisor, (10) jual-beli, lewat online transaction, (11) bermain game, lewat  online game, (12) belajar, melalui jurnal online serta riset online.

Bio Data Syafrizal Helmi Situmorang , lahir di medan 14 Feburari 1976 Saat ini bekerja sebagai dosen di Fakultas Ekonomi USU Departemen Manajemen dan sebagai dosen tidak tetap di Sekolah Pasca Sarjana UMSU (magister Manajemen dan Magister ilmu Komunikasi Karya ilmiah : Buku Studi kelayakan 1 dan 2 (USU Pers), Analisis Data Penelitian, dan Filsafat Ilmu dan MetodeRiset Jurnal : Regional Branding ( Jurnal Wahana Hijau SPs PWD), Brand Management Aktif sebagai penulis dibeberapa media, Trainer dan pembicara