Panduan Merancang Interface

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengembangan Sistem Informasi
Advertisements

Perancangan Tampilan.
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
DESIGN INTERFACE.
These slides are designed to accompany Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7/e (McGraw-Hill, 2009) Slides copyright 2009 by Roger Pressman.1.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
komponen antarmuka pengguna
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Tampilan.
PENGEMBANGAN APLIKASI
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Desain Sistem Akuntansi
Prototyping
Pendahuluan.
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Interfase design Pertemuan 4.
Perancangan Tampilan.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Perancangan Tampilan.
Mobile Device User Interface
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Perancangan Tampilan.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
Interfase design Pertemuan 4.
Perancangan Tampilan.
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
MODEL SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Pengembangan Sistem Informasi
Perancangan Tampilan.
Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Pengembangan Sistem Informasi
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Perancangan Tampilan.
Transcript presentasi:

Panduan Merancang Interface

Panduan umum merancang antarmuka perangkat lunak antara lain : Cocok dengan tugas Mudah digunakan Dapat disesuaikan dengan pemakaian tingkat pengguna Mampu menyediakan umpan balik Layar informasi sebuah format,dan satu ruangan cocok dengan sisitem Mengikuti prinsip-prinsip ergonomic

Secara lebih detail panduan merancang IMK adalah sebagai berikut : Konsistensi – internal, eksternal dan dunia nyata Kesesuaian dwengan harapan pengguna Fleksibel dan terkontrol Susunan yang benar Umpan balik yang informative dan berkesinambungan Pencegahan dan perbaikan kesalahan Dukungan dan dokumentasi pemakai Kejelasan visual secara lojik dan relevan

Pertimbangan lainnya yaitu : Kemampuan Navigasi Kesederhanaan Tekanan/perhatian Font Types

Ada beberapa metode dan proses perancangan sebuah interface : User Friendly/Menarik a. Mempunyai jiwa seni. Pada dasarnya, setiap orang memiliki jiwa seni. Hanya saja ada yang mengembangkannya dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, untuk membuat hasil interface yang menarik, kita harus dapat mengembangkan jiwa seni yang telah kita miliki.

b. Mengerti yang diinginkan user secara umum b. Mengerti yang diinginkan user secara umum. Sebagai seorang perancang system, kita harus dapat mengerti apa yang diinginkan oleh user secara umum. Maksudnya adalah mengerti gambaran umum dari suatu tampilan yang tidak hanya menarik, tetapi juga mudah digunakan oleh user. Misalnya, tata letak keyboard QWERTY. Tata letak keyboard ini sudah sangat umum, jadi user sudah sangat familiar dan dapat menerimanya dengan baik.

c. Implementasi hasil rancangan c. Implementasi hasil rancangan. Setelah membuat rancangan interfacenya, kita harus dapat mengimplementasikan hasil rancangan kita kepada user. sehingga kita dapat mengetahui apakah user sudah puas dengan hasil rancangan kita, atau ada yang perlu ditambahkan lagi.

2. Cara Dokumentasi Ada beberapa cara, untuk mendokumentasikan hasil rancangan kita, diantaranya sebagai berikut: a. Cara Dokumentasi Ada beberapa cara, untuk mendokumentasikan hasil rancangan kita, diantaranya sebagai berikut:

b. Prototype Software aplikasi yang digunakan perancang system untuk membuat design awal yang akan ditunjukan kepada user. Biasanya, dalam bentuk Graphical User Interface (GUI). c. Tertulis Merupakan keterangan berupa textual yang merupakan penjelasan dari rancangan yang telah kita buat. d. CASE (Computer Audit Software Engineering)

3. Cara Pendekatan Perancangan Interface Ada 2 cara pendekatan dalam perancangan interface: a. User-Centured Design Melibatkan user secara langsung baik user yang sudah mengerti/berpengalaman ataupun user yang belum mengerti sama sekali. Kesulitannya adalah diskusi mengenai rancangan yang akan di buat tidak selesai-selesai, karena permintaan user yang terlalu banyak.

b. User-Design Approach Memberikan kesempatan kepada user untuk membuat rancangan awalnya sendiri. Biasanya, user sudah berpengalaman. Kesulitannya adalah pada saat coding. Karena, perancang tidak membuat sendiri design awalnya, maka dia akan mengalami kesulitan pada saat pengkodean.