Pewarisan (Inheritance)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Modul 5: Constructor, Overloading, inheritance, Polymorphism
Advertisements

Kelas & Objek.
Other OOP Basic Viska Mutiawani, M.Sc. Konsep penting Method overloading Encapsulation this keyword final static.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
POLIMORFISME Imam Fahrur Rozi 01.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Inheritance.
Modul 1- Review Java.
INHERITANCE.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
1.Polymorphism Polymorphism adalah konsep yang memungkinkan mendefinisikan metod pada class anak (sub class) yang memiliki definisi sama dengan metod.
Overriding, Overloading, Polymorphism
INHERITANCE, POLYMORPHISM, DAN INTERFACE
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Abstract Class.
Pertemuan : Object Oriented Programming
Inheritance Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Inheritance Konsep Inheritance Protected Member
INHERITANCE / PEWARISAN
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Inheritance, polymorphism, dan interface
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
PEWARISAN Pertemuan 7.
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
INHERITANCE (PEWARISAN)
Inheritance dan Kata Kunci static
Inheritance (Pewarisan)
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Encapsulation, Inheritance, Polymorphism
Object Oriented Programming
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
@kovazzevic | SMKN 24 Jakarta
Constructor dan Overloading
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Inheritance Pertemuan 8
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Abstract Class.
Algoritma & Pemrograman 1
KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi)
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
D3 TKJ Teknik Elektro Unsoed 2007
Kelas & Objek.
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Matakuliah : M0864/Programming I
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance (Pewarisan)
INHERITANCE SUSSI.
INHERITANCE (PEWARISAN)
Pewarisan (Inheritance)
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Subclassing and Inheritance
Algoritma dan Struktur Data
Polimorphism Dosen Pengampu : Nur Iksan.
Constructor, Overloading, inheritance, Polymorphism
PEWARISAN Kelompok : Alim Mutohidin ( )
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding Pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 5 Inheritance
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Pewarisan (Inheritance)

Tujuan Di akhir pertemuan, mahasiswa diharapkan : Memahami konsep pewarisan (inheritance) secara umum Mampu mengimplementasikan pewarisan dengan Java

Deskripsi Pewarisan Pewarisan merupakan mekanisme/cara membuat kelas baru dari kelas yang sudah ada. Kelas yang sudah ada  superclass Kelas turunan  subclass Superclass bersifat lebih UMUM dari subclass Subclass akan mewarisi sifat-sifat dari superclass. (Sifat : variabel & method) Keyword : extends

Contoh Pewarisan superclass subclass Bentuk Dua Dimensi Lingkaran Bujursangkar Tiga Dimensi Bola Kubus superclass subclass

Bagaimana membuat kelas B dari kelas A? Bagaimana caranya? A - varA + getA() + setA(int a) A B C Bagaimana membuat kelas B dari kelas A?

Pemanggilan Constructor pada Pewarisan Dalam hirarki pewarisan, pemanggilan constructor saat pembuatan objek akan dilakukan berurutan. Urutan pertama adalah kelas paling atas, kemudian ke turunannya, dst.

Contoh C c = new C(); A Output : Constructor A +constructor Constructor B Constructor C A +constructor B +constructor C +constructor

Kelas A

Kelas B & C Kelas B Kelas C

Overriding Method Override vs Overload Override  mendefinisikan method di kelas turunan yang nama dan daftar parameternya sama dengan method di kelas induk.

Contoh Overriding Method Manusia +printData Mahasiswa +printData MhsReguler +printData

Kelas Manusia

Kelas Mahasiswa & MhsReguler

Latihan 1 Untuk kelas Bentuk : getWarna adl method yang akan mengembalikan nilai variabel warna setWarna adl method untuk mengubah nilai variabel warna printInfo adl method yang akan menuliskan “Bentuk berwarna [warna]” Untuk kelas BujurSangkar : getSisi adl method yang akan mengembalikan nilai variabel sisi setSisi adl method untuk mengubah nilai variabel sisi hitungLuas adl method yang akan mengembalikan hasil perhitungan luas bujursangkar printInfo adl method yang akan menuliskan “Bujursangkar berwarna [warna], luas = [luas]” Bentuk - warna + constructor (String warna) + String getWarna() + void setWarna(String warna) + void printInfo() BujurSangkar - sisi + constructor (double sisi, String warna) + double getSisi() + void setSisi(double sisi) + double hitungLuas() + void printInfo()

Latihan 2 Buatlah kelas Lingkaran sbg turunan kelas Bentuk. Lingkaran constructor akan menginisialisasi radius dan warna getRadius adl method yang akan mengembalikan nilai variabel radius setRadius adl method untuk mengubah nilai variabel radius hitungLuas adl method yang akan mengembalikan hasil perhitungan luas lingkaran (PHI jadikan sbg konstanta kelas) printInfo adl method yang akan menuliskan “Lingkaran [warna], luas = [luas]” Lingkaran - radius + constructor (double radius, String warna) + double getRadius() + void setRadius(double r) + double hitungLuas() + void printInfo()

Latihan 3 Buatlah kelas Silinder sbg turunan kelas Lingkaran constructor akan menginisialisasi variabel tinggi, radius, dan warna getTinggi adl method yg akan mengembalikan tinggi setTinggi adl method yg akan mengubah tinggi hitungVolume adl method yg akan mengembalikan hasil perhitungan volum silinder printInfo adl method yg akan menuliskan “Silinder warna [warna], volume = [volume]” Silinder - tinggi + constructor (double tinggi, double radius, String warna) + double getTinggi() + void setTinggi(double t) + double hitungVolume() + void printInfo()