Pemanfaatan Komputer Dalam Pendidikan ( Pengertian, Sejarah, dan Perkembangannya ) NABILLA AGUSHINTA
Pengertian Komputer Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani "Computare" yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: "To Compute" yang artinya menghitung. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai kata untuk “orang yang menghitung” yang digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian pada tahun 1897 kata computer sebagai kata untuk”alat hitung mekanis”.
Definisi Komputer Menurut Para Ahli Menurut: Donald H. Sanderes, 1985 Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah- langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program). Menurut: Robert H. Blissmer, 1985 Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Menurut: Larry Long dan Nancy Long Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.
Menurut: Elias M. Awad Awad mengungkapkan, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog. Menurut: William M. Fuori Fauri berpendapat, komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Menurut: Williams, Sawyer Sedangkan menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan
Definisi komputer ialah sebagai kumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, mengolah data dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu keluaran atau output yang disebut dengan informasi, jika diibaratkan data input lalu diproses dan dikeluarkan/output berupa informasi. Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga dapat membantu para pendidik untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik.
Sejarah Perkembangan Komputer Abacus, yaitu cikal bakal awal mula komputasi. Alat ini memungkinkan si penggunanya dapat melakukan perhitungan memakai biji-bijian yang geser, diatur pada sebuah rak. Komputer generasi pertama (1940 – 1959) – Komputer generasi yang pertama ini memakai tabung vakum untuk memproses dan menyimpan datanya. Komputer generasi kedua ( 1959 – 1964 ) – Pada tahun 1948, setelah di temukannya transistor sangat mempengaruhi perkembangan dari komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di radio, televise dan komputer. Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970) – IC (Integrated Circuits) atau dikenal juga dengan rangkaian terpadu menggantikan fungsi dari transistor. Dari sebuah keping IC, dapat menggantikan beberapa transistor, diode serta resistor sekaligus, sampai memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan generasi pendahulunya.
Komputer Generasi Keempat (1970-an – Sekarang) – Komponen utama dari komputer ini menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang memiliki kemampuan yang telah ditingkatkan hingga ratusan bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil atau cirinya menggunakan Microprocessor yang merupakan pemadatan dari ribuan IC kedalam sebuah Chip (Komputer generasi keempat ini yaitu yang kita temui pada saat ini). Komputer generasi ke lima – Dalam pengembangan, komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence atau disebut dengan AI (sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan berbagai tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia).
Perkembangan Komputer dalam Pendidikan Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. . Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya.
Contoh penggunaan jaringan komputer dilakukan di Universitas Indonesia (UI). Sejak tahun 1994 UI telah mengembangkan infrastruktur informasi yang dikenal dengan nama Jaringan Universitas Indonesia Terpadu (JUITA). JUITA menghubungkan sebelas fakultas dan lembaga-lembaga penting yang ada di UI dengan menggunakan jaringan serat optik.
Manfaat Komputer Sebagai alat atau sarana untuk komunikasi – misalnya fungsi komputer ini, kita dapat bicara dengan saudara ataupun teman kita melalui webcam. Bisa berkomunikasi surat melalui surat elektronik atau lebih sering disebut dengan Email, chatting dan lain-lain yang dapat dijadikan sebagai alat komunikasi melalui Jaringan komputer yang sangat luas atau sering disebut dengan internet. Sebagai fungsi Multimedia – dengan menggunakan komputer kita dapat mengolah dan mengedit foto maupun video, serta dapat untuk merekam sebuah lagu dll. Tentunya menggunakan software Fungsi hiburan – dapat digunakan untuk bermain game, mendengarkan lagu atau musik, ataupun menonton film. Kita dapat menginstall games di komputer kita dan memainkannya asalkan komputernya mempunyai spesifikasi yang cocok untuk game tersebut. Sebagai alat atau sarana keamanan – Dalam bidang keamanan, komputer dipakai sebagai bagian kepentingan suatu negara dalam menghadapi serangan dari pihak luar yaitu dengan memperkuat pertahanan. Dengan mengendalikan komputer, suatu negara dapat menggunakan peralatan yang canggih.
Berfungsi membantu dalam bisnis – Misalnya memproses informasi dan data keuangan perusahaan, pendataan karyawan, atau media promosi, bisa juga sebagai transaksi online. Dengan menggunakan komputer, berbisnis lebih mudah dan efesien. Sebagai sarana dalam mempermudah dunia kerja – Misalnya jaman dahulu mesin ketik dipakai untuk mengetik surat dan apabila terdapat kesalahan maka surat tersebut akan di ketik ulang kembali, otomatis surat yang telah diketik tidak dapat di edit kembali. Sedangkan sekarang dengan memakai komputer, kita dapat mengetik surat yang bias di edit dan File tersebut dapat disimpan. Membantu dalam proses pendidikan atau pengajaran – Ini maksudnya yaitu dapat membantu dalam proses presentasi atau dalam memberitahukan materi pelajaran kepada siswa dan kadang siswa suka menyimpan data-data pelajaran mereka. Berfungsi untuk melakukan sistem pemrograman serta pemrosesan sebuah data – Sering digunakan pada berbagai aplikasi tentang sistem informasi, termasuk untuk pembuatan suatu program yang dapat membantu memudahkan user dalam menggunakan sebuah komputer.
Manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka. Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas – tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat. Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
Terima Kasih